Kenali karakter pengendara Bis dijalur pantura ,Waspadalah!

bis dijalur pantura
balapan bis setia negara vs Luragung

Yudibatang.com – Halo brother biker ๐Ÿ˜€ ,..Okay..dalam kesempatan ini saya mau melanjutkan artikel tentang karakter pengendara roda empat dijalur pantura. Pada artikel yang pertama dan kedua, sudah saya bahas tentang karakter pengendara mobil pribadi dan pengendara Truk dijalur pantura. Sekarang giliran pembahasan karakter pengendara Bis dijalur pantura.. Silahkan disimak baik-baik, kencangkan sabuk pengaman dan jangan merokok .:mrgreen:

1. Bis dijalur pantura jenis tuyul dan bus tiga perempat

Bus tuyul dan bus tiga perempat biasanya hanya menempuh perjalanan jarak dekat, termasuk AKDP (Antar kota dalam propinsi). Pengendara bus jenis ini bener-bener hafal dengan trek yang dilaluinya. Sering bermanufer tak terduga tanpa menyalakan lampu sein, misal menghindari lubang jalan dan berhenti mendadak untuk mengambil penumpang. Bus jenis ini cenderung beroperasi pagi hari hingga petang, namun tetep harus diwaspadai.

bis bumel Luragung

2.Bis dijalur pantura jenis Bus AKAP Ekonomi

Bus-bus ini cenderung beroperasi kedaerahan. Contoh bus “penguasa” jalur Cikampek – Cirebon, dipegang oleh Bis Setia Negara, Luragung diikuti sahabat dan sami jaya. “penguasa” jalur Semarang – surabaya dipegang bus Indonesia dan sumber kencono. Mesin-mesin bus ini pada umumnya dalam kondisi prima dan Pengendara bus-bus ini terkenal “gila” serta tidak segan-segan untuk adu muka dengan mobil dari arah berlawanan yang tidak mau mengalah. Bila menemui kemacetan dijalur depannya, mereka tidak segan-segan menerobos ambil jalur kanan dengan kecepatan lumayan kencang.

Bila pas musim mudik lebaran, bus ini sering jadi sasaran pentungan petugas polisi. :mrgreen: Namun bila beroperasi disiang hari, top speed tidak lebih dari 100 km/j karena dipengaruhi oleh turbulensi dan win cross dijalur pantura yang kondisi kanan kiri jalannya cenderung daerah lapang sepertiย  sawah, tambak, pantai dll. Namun bila beroperasi malam hari, bus ini bisa berlari hingga kecepatan 120 km/j . Dan bila ada pengendara motor, becak atau sepeda yang tidak mau minggir, Bus ini akan mengklakson terus menerus dengan klakson kompresor! sampai mereka minggir… Waspadalah!!

3.Bis dijalur pantura jenis Bus patas AKAP jarak sedang

Bus-bus ini juga masih bersifat kedaerahan, untuk jalur cirebon-Jakarta/Bandung dihuni sahabat, bhineka dll, untuk jalur Cirebon-Semarang dihuni Coyo dan nusantara kw2, Jalur semarang – kudus dihuni Nusantara kw3, dan jalur semarang – Surabaya dihuni coyo, jaya utama, jawa indah dll. Pengendara bus-bus ini cenderung melaju pelan karena mesin-mesin bus-bus tersebut kebanyakan sudah tuwa ๐Ÿ˜€

4.Bis dijalur pantura jenis Bus AKAP “Jakartanan” jarak menengah

Bus-bus ini biasanya start dari Pekalongan, Pemalang, Tegal, slawi, Brebes, Purwokerto. Bis jenis ini dikuasai tiga merek bus : Dedi jaya, Dewi sri dan sinar jaya. start beroperasi didua waktu, yaitu Pagi antara jam 6 hingga jam 10 dan malam antara jam 7 hingga jam 9 malam. Bus-bus ini diawal-awal jalur keberangkatannya hingga wilayah perbatasan jateng-jabar cenderung pelan dan sedang karena masih mencari penumpang dipinggir jalan :mrgreen: (kecuali sinar jaya). Bis ini bila drag dg “penguasa” jalur Cirebon-Cikampek, selalu kalah.

bis lorena

5.Bis dijalur pantura jenis Bus patas AKAP (antar kota antar propinsi) jarak jauh

Bus-bus iniย  disebut juga bus eksekutip, VIP dll. Memiliki fitur dan fasilitas lebih dari bus-bus jenis yang lain, seperti toilet, Smoking area, Video, karaoke dll. bermesin keluaran terbaru seperti Scania, mercedes benz,dll. Memiliki performa mesin yang joss dan perawatan yang prima. memiliki dua pengendara yg saling bergantian. contoh: Pahala kencana, lorena, nusantara KW1 dll. Bus jenis ini biasanya start dari wilayah jawa timur (surabaya, malang,dll) start jam 1-3 sore, ada yang via pantura tuban dan ada yang via jalur tengah solo. kecepatan bus ini cenderung sedang diawal-awal “race”. Oh..ya..Bus-bus ini rata-rata bermesin dibagian belakang, kita harus waspada.

kadang2 pas dikemacetan dari belakang kita ada bus ini, tapi nggak kedengeran mesinnya, tau-tau ada bunyi..cecesss.. peng! peng! :80: Setelah berhenti agen bis Semarang, sekitar jam 7-9 malam, Mereka melanjutkan perjalanan dengan kecepatan yang sebenarnya. Yups.. “bus race” dimulai dijam-jam 7-9 malam, start dari jalur lingkar kendal, brigth time diGringsing – Batang. kemudian “race”berlanjut hingga masuk kota pekalongan. lepas dari kota pekalongan race berlanjut hingga Cirebon (istirahat lagi), kemudian race dilanjutkan lagi hingga masuk tol cikampek.

Berdasarkan pengalaman saya “ngedrag” dengan bus-bus malam gila :mrgreen: , record top speed dipegang oleh Bus Pahala kencana yang berani berlari hingga kecepatan 125 km/j :80: didaerah subah-Batang Jawa tengah jam 10 malam. Bus-bus ini tidak segan-segan “memaksa” pengendara sepeda motor yang tidak mau minggir (Walau rombongan touring sekalipun!!). waspadalah!! seperti diartikel saya disini , riding via pantura dimalam hari (kusus dari timur keBarat) harus kencang! atau anda akan “disasak” oleh bus-bus yang sedang balapan dan bisa mati kucing!!

Warning!! Bila tidak dalam keadaan terpaksa, lebih baik riding via pantura dilakukan pada siang hari ! ๐Ÿ˜€

Semoga berguna ๐Ÿ˜€

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

22 Komentar

    • hehe..info itu dari para sopir2 yang pernah saya ajak ngobrol bro, katanya kalo korbannya meninggal, tinggal ganti rugi, masuk penjara 2-3 hari urusan beres. Namun kalo korbannya hidup tapi cacat, urusannya panjaaaang.. ๐Ÿ˜€

  1. Kayaknya gak ada Bus Nusantara Jurusan Cilacap – jakarta gan ๐Ÿ˜€ yang ada Jakarta-Kudus, Bandung – Kudus, Semarang – jogja, Semarang – purwokerto, dan semarang – Surabaya ๐Ÿ˜€
    kalo cilacap-jakarta adanya sinar jaya ๐Ÿ˜€

    • Belum pernah tes speed head to head dengan sumber kencono bro, tapi kalo naik bis sumber kencononya sudah sering ๐Ÿ˜€

  2. naik lorena ke pakan baru…mantab kuenceng bgt tuch bis..

    dijalur lintas sumatra antara linggau mpe gunung medan, jalan lurus bgt, itu bisa bisa lari 120 lebih,.

    kadang2 tuch bis, klo ada anjing tiduran dijalan, malah sengaja mau ditabrak…ktnya mengurangi2 penyebab kecelakaan..heheh

  3. wah sama persi yang aku alami ohmm sore sore mau mangrib pulng kul di pepet bis gara gara rebutan jalur kanan ngatau kayak nya bis ekonomi kayaknya sampe ngegas ngegas sama bisnya buset tho bis sama gila nya ma gwe terus kan gwe dahuluin pas didepanya gwe sekitar 10meter gwe hadap belakng menatap bis itu untung lagi sepi heheheh jangan ditiru ya ohm ohm para suhu vixion

  4. Saya bukan Busmania kang, tapi motor mania :mrgreen: Tau banyak tentang bis karena dulu tahun 2004 -2008 sering traveling naik bis kekota-kota dipulau jawa karena tuntutan kerjaan ๐Ÿ˜€

  5. Bener banget bang Yudi.
    Pernah setelah alas roban, tiba2 dipepet sama bis Nusantara mesin belakang. Ga ada suaranya, tiba2 THOEEET !!!!

  6. wkwkwkwkwkkkk….
    aku yo mantan sopir BIS malem Rosal*a In*ah,…
    rodo kepiye yo….
    habis nek malem iku paling enak nggo nge_trek…

  7. pengalaman saya riding lewat PANTURA ada beberapa hal yg perlu diperhatikan:
    1. Jika mau nyelip bus/truk lebih baik kasih isyarat dengan lampu beam dibanding pake klakson. Pengalaman para supirna suka marah2 dan kadang suka gak dikasih jalan.

    2. riding tengah malam lebih sepi, tapi Pantura jalurna banyak bolong 2 ๐Ÿ™

  8. Menurut mass destructive risk, usulin bikin aturan max speed: truk 60, busgede n minibus 80, sedan n suv 100, motor 150, huehehehe dalane simbah.

  9. saya sering liat kegilaan luragung dan lorena.lagi asyik menikmati tunggaldara executive tiba2 dari kanan lorena dan kiri luragung nyalip .edaaannnn .

  10. Klo sama truk kontainer/Tronton mereka para sopir Bus berani nyasak ap tidak ya bro, dulu pernah pke Ninja150 lewat jalan arteri kaliwungu dpt speed 150an kpj (boncengan) hehehe dripada diklaksonin Bus dr blakang mending diasepin sekalian.

  11. beegghhh

    bus malam meskipun ada celah cuman stgah badan bus,ttp aja nekat

    apalagi kalo ada bus sejenis.hmmmmm bs dpastikan ada ajang NEED FOR SPEED BUS UNLEASHED.wkwkwkwkwkw

    bener2 menguji adrenalin

  12. yg seru mah kemaren 23 jan, bawa mobil sendiri dari jkt – pemalang mao k solo. Percaya ga percaya SJ ampir crash sam LA, pdahal ane buntutin terus. Terus tiba2 dia aneh. Mao nyalip truck d jalur 2 pantura, tapi senya kanan tapi badab agak nyerong kiri. Untung banget prnah baca arti lampu sen d bis malam, bener aja abis nyalip truck dia goyang. Depanya LA brhenti ngambil sebagian jalur 1, motor Vario yg knalpotnya ngajak berantem tengah malam buta ga tau artinya. Msh nempel SJ aja. SJ masuk langsung bakekok sama LA, bagus ga accident n belakang jauh (sampe bokap wuish wuish aja, cz cuma berdua doank). Kalo ga udh game tuh, sampe ga k dengeran lg suara motornya abis dari situ. Padahal mah dari tadi kenceng ngang ngong2 (kaya ga pakein knalpot)

    # penyesalanya, knp kejadian seru kaya gitu saya yg lg nyetir. Kalo ga kan bisa d videoin, biar ada butinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.