Busi Iridium.. yang mahal dan langka..namun tetap diburu

Busi Iridium

Yudibatang.com – Halo brother biker ,.. bagi anda pencinta performa motor, pasti sudah banyak yang tahu dengan part racing busi Iridium. Kelebihan busi ini adalah, Menjadikan Performa dan akselerasi motor jadi lebih mantab, konsumsi bbm jadi lebih hemat dan tahan lama. Bahkan, dulu waktu saya lagi gila top speed :mrgreen: bila ada biker lain yang mengklaim performa motornya mantab, saya akan menyamperinya dan mengajak shoot video top speed bareng. Salah satu “senjata” andalan untuk mengangkat performa motor dengan memakai busi racing ini .

Tentang busi iridium

Busi iridium adalah busi yang memiliki bahan iridium yaitu sebuah elemen logam yang sangat keras , anti karat dan juga tahan panas. Beside that busi balap ini sudah dibekali bahan elektroda meterial yang mempunyai titik didih yang cukup tinggi . Titik didih busi iridium ini berkisar antara 2500 derajat celcius.

Harga Busi Iridium

Harga Busi Irridium pada umumnya lebih mahal dibandingkan dengan harga busi standar. Perbandingannya bisa mencapai 5 sampai 10 kali lipatnya. Namun tidak semua toko spare part sepeda motor berani menyetok busi mahal ini. Because part busi Ini termasuk part yang lama lakunya. Because harganya mahal dan jarang orang awam yang mau membeli.

Di Indonesia, pasaran busi ini dikuasai oleh dua brand besar. yaitu Denso dan NGK. Produk Busi Iridium dari Denso dikenal dengan kode IU** . Dan busi Iridium produk dari NGK dengan kode CR*EIX. Kedua busi tersebut bisa diaplikasi diberbagai motor 4 tak, seperti Satria FU, Thunder, CBR150, Kawasaki Ninja 250, Yamaha Vixion, Honda CBR150R, Yamaha R15, Jupiter MX, Supra X125, Honda CS1 dan lain-lain. Kedua busi Iridium tersebut dikenal memiliki bandrol yang tidak murah.

Harga variatif, ditiap daerah berbeda-beda, bahkan waktu saya berkunjung kesalah satu toko asesories sepeda motor disemarang yang bernama H*p*rsp**d, mereka membandrol sebiji busi balap ini dengan harga 190.000!!! 😯 Namun belakangan ini banyak juga jenis busi balap lain yang mulai terjun kebisnis busi balap. Diantaranya Brand busi dari luar yang bernama Brisk. yah..walaupun langka dan mahal, busi ini tetap digemari dan diburu oleh biker speed freak alias biker yang menyukai kecepatan.

 

77 Komentar

  1. Oi mas yudi, disini tahun 2009 rata rata 90ribuan keatas (mbogor). sekarang mungkin sekitar 110-120 rebuan..Kalo vixi saya cuma ditemplokin busi iridium 25ribuan (SDG merknya) 😀

  2. kecepatan top speed vixion bs sampe 130-an kpj ya bro….??

    kyknya iridium lbh brpengaruh pd akselerasi dibandingkan pd pnmbahan top speed ya bro??

  3. silahkan baca busi iridium di artikelnya juragan rondoooooo

    triatmono.wordpress com/2010/03/06/pake-busi-iridium-memaaang-bedaaa

  4. maz yud nek seng merk Tdr iridium piye iku k0k murah buanget, 30 ewu canggih gk y0w??
    0ya maz bsa minta pencerahan ttg pr0duk br0quet?? Thx

  5. saya nyari angel eyes buat cs1 dmn yaa Om Yudi ? saya nyari yg warna merah dan melingker bohlam nya .. tolong di bantu ya Om Yudi .. terimakasi 😀

  6. setelah 4bulan pk iridium.ku buka dan liat kondisi fisiknya n gk ada perubahan fisik elemen ujungnya..cuman kecoklatn aja tanda pembakaran bagus.ya gk sia2 pk tu busi.dl belinya 90rb di victory jl brigjen katamso yogya..oiya mtr q vega r 2005 dah tk upgrade

  7. Sebenarnya efek penggunaan Busi Iridium atau platinum dengan busi standart ga terlalu berpengaruh terhadap peningkatan power atau torsi, yah paling 1%, yang membuat busi ini beda yaitu dari segi daya tahannya. Iridium merupakan logam yang memiliki titik lebur hingga 2446Celcius, sedangkan platina 1700an derajat C, Jadi dapat dikatakan busi tipe ini lebih tahan banting dan bebas perawatan. Selain itu, pada umumnya busi berbahan dasar iridium memiliki center electroda yang kecil yang berdampak pada loncatan listrik yang lebih fokus sehingga pembakaran lebih optimal.

  8. Bro Ada g efeknya klo businya dipake lama untuk harian? Ada yang bilang klo dipake lama piston bisa bolong bener g tuh bro?, busi irridium harus bahan bakar pertamax apakah masih bisa pake premium? Thanks.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Blak-blakkan spek yamaha vixion yudibatang | yudibatang personal blog
  2. NGK Iridium CR8EIX buat Vixion | Aditya Hastungkoro Personal Blog
  3. SiKibaliyut, walau sudah dilego tapi masih ada saja yang nanya speknya | yudibatang personal blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.