jump to navigation

problem air radiator cepat habis, terjadi juga di Honda CS1 April 28, 2011

Posted by yudibatang in : Bikers, Honda, Info parts motor, Tips sepeda motor , trackback

Ya..problem air radiator cepet habis direservoir yang terjadi divixion saya, juga bisa terjadi pada sepeda motor berpendingin cairan lain, salah satu yang saya temui sendiri adalah Honda CS1 teman saya yang dibeli bulan April 2010. kemarin sore, Rabu 27 April 2011 pas waktu pulang kerja saya ngobrol-ngobrol dengan rekan kerja saya pengguna Honda CS1. Saya ceritakan problem pada motor saya. Ternyata dia mengalami problem yang sama. Air radiator direservoir Honda CS1 miliknya cepat habis kering kerontang, padahal baru diisi penuh waktu servis hari sabtu tanggal 23 April 2011 alias baru sekitar 5 hari. Check it out 😀

Karena rekan saya kurang paham masalah motor, dia tidak tau apa yang harus dilakukan. Saya coba check, buka tutup air radiatornya, ternyata masih penuh. saya coba lihat bagian bawah mesin, jadi tambah bingung… karena ada tiga selang berwarna hitam yang menjulur kebawah. trus mau saya buka box filter udaranya tapi keburu sudah sore.

saya sarankan pada temen saya, agar sementara reservoir segera diisi ulang sambil menunggu waktu yang tepat untuk dibawa kebengkel resmi honda. oh iya, pemakaian Honda CS1 temen saya tergolong normal-normal saja, hanya untuk pulang pergi rumah – tempat kerja. Adakah brother cyser atau pengguna Honda CS1 yang tau solusi untuk mengatasinya? 😀

Comments»

1. snalpot99 - 28th April 2011

tp wekku di tahun ke 2 dua baru nambahin air radiotor mas yud 😀 itu stelah dipakai mudik sempat mengalami hampir overheat stlah isi premium di indramayu

2. Maskur - 28th April 2011

mungkin itu makenya suka yang panas panas panas
OOT : dulu nemu CS1 di showroom second, tapi udah beli yang lain

http://maskurblog.wordpress.com/2011/04/28/beli-sepeda-motor-di-showroom-bekas-kenapa-tidak/

3. Virus - 28th April 2011

sama om yud, temen 1 kota ane jg cepet abis coolant di reservoir ny cuma temen ane itu abis ny 1-2 minggu…tpi klo temen om yud ini waw waw waw baru sekitar 5 hari udah kering kerontang…
*yg dikonsumsi bensin ny apa coolant ny ya xixixix…kabooor tar ad senior mencak-mencak dimari…

4. asmarantaka - 28th April 2011

jgn2 di sedot ama Jin penghuni alas Roban itu?? :mrgreen:
*baru tau kalo CS-1 ngisi air radiatornya lewat bawah jok..kayak ngisi oli samping di motor bebek 2 stroke..buat yg ngak tau bisa2 diisi oli samping tuh :mrgreen:

Dani Ramadian - 28th April 2011

GOBLOK…Ling lék koyok ngono
Mosok gak iso moco blas???
Gak lulus SD tah???

xixixi

asmarantaka - 28th April 2011

xixiixixiixix..mbah Wir nesu2…..xixiixixiixix

5. wiesnunugraha - 28th April 2011

ia niehh…cs1 ane juga air radiator’y cepet bgt kering…pas diisi tau”dari bagian bawah mesin’y ngocor gitu…ada yg tau gk masalah’y apa?????

zipx - 28th April 2011

Yah kalo ngisinya kelebihan dari batas upper level yah emang sengaja dikocorin ke bawah bro ada selang pembuangan dari tabung reservoirnya kog kalo udah kelewatan dari batas upper level makanya gak guna kalo ngisi berlebihan, coba aja isi perlahan-lahan gak bakalan luber kan? soalnya ada selang di tabungnya buat antisipasi kalo ngisinya kelebihan serta buat ruang dari air radiator yang panas. Coba dicek diintip dari samping body motor level airnya harus ada minimal di batasan lower level ada batas garisnya kog kalo kosong yah isi sampe batas upper level(garis paling atas).

udin jaya radiator - 5th August 2012

selangnya udah memuai, jadi, ganti selang baru atau selang lama dipasang tapi dikasih sealer biar gak bocor

6. agungsevi - 28th April 2011

kayak e ane juga mas bro..
mungkin c klo kita bongkar, ada lubang ditabung reservoir(untuk tidak terlalu penuh)..
supaya tidak gampang terjadi banjir..
ya seperti kita tahu bahwa kalo mengisi reservoir disarankan tidak penuh, tetapi separo saja(antara low dan full)

http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/26/setel-kemudi-pada-roda-4learn-never-stop/

http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/17/ban-motor-tahu-kan-sekarang-ganti-ban-mobil/

http://agungsevi.wordpress.com/2011/04/16/kawak-ksr-akan-menjadi-monster-cilik-2011/

7. gen9 - 28th April 2011

cs1 ane sejak beli baru april 2009 diisi full coolant mpe skrg blom habis coolantnya,,,km nya dah menempuh 23785km,,,tidak pernah overheat dan suhu dikemacetan hanya 3bar,,ketika hi speed cruising 90-115kpj stabil di 2bar (total 6bar)
masi joz dan markotop,,pemakaian 75% maen di 8000-11000rpm :) ,,yg kudu diperhatikan hanya klem dari selang radiator yg menjulur itu saja,,,,,karena kbnyakan problem radiator cs1 hanya disitu,,,dari pabrik dan dealer kayaknya klemnya kurang kencang…

Dani Ramadian - 28th April 2011

Siiiiipppppppp…
:)

zipx - 28th April 2011

waduh hebat juga punya ente, punya ane di kemacetan jakarta aja sering 4 bar tuh pemakaian sering 5000-7000 rpm udah 29000km. Tapi ane nyantai2 aja tuh(udah biasa sih) selama fan masih bekerja dengan baik dan gak pernah nyentuh 5 bar. oh ya tiap hari ane make 3 bar terus tuh jarang dapet di 2 bar(kecuali kalo pagi2)dapet 1 bar kalo lagi hujan palingan. ane tiap hari biasa pp 50 km. Oh ya setahu ane suhu optimal cs1 kalo stabil maennya di 3 bar deh. hebat juga motor ente.

gen9 - 28th April 2011

motul ester 10w40 rahasianya bang,,,suhu motor adeem,,beda ama oli shell yg pernah ane pake sebelumnya,,,,kejadian naik ke bar 4 hanya terjadi ketika naik gunung dengan beban ane 70kg+boncenger 76kg plus tas ransel ala pendaki gunung himalaya :)
udah berasa beruang kutub naik sepeda onthel gitu,,takut gelundung kebelakang ketika menanjak beban pindah ke belakang semua xixixixi

ini level di reservoir keliatannya udah 1/4,,

cole - 26th September 2011

Betul tuh CS1 ane juga gitu, coolant direservoir berkurang drastis……. ternyata setelah dicheck ……..alamak klem-klem pada selang radiatornya pada kurang kenceng….

Billy - 18th August 2012

IYa bener tuh bang broooo…

8. Tulus_Budi - 28th April 2011

CS1 diadu ama Piksion menang mana yaks ?….. hehehehehe… (kompor mode:on)

mr. e - 28th April 2011

wajarnya sih menang fiksion, wong selisih 25 cc kan lumayan, tapi kalo ternyata kenyataan berkata lain, ya apa boleh buat, mungkin sudah nasib. hi… hi.. hi…

yudibatang - 28th April 2011
initialD - 10th April 2012

cesy stdr bisa menang kok bro kalo ama vixi stdr sudah bnyak yg buktikan ,, btw vixinya bisa 150 kph bisa cepet naik karena jalanya turun terlihat di videonya , mybe ganti gear jg n ban depan ,, rata rata vixi stdr 125 kph kok udah coba jg , pernah bawa cbr 150 stdr ting ting jalan turun 160 kph enteng deh buktikan aja 😀 , tp memang sip nih vixynya yg punya warung , salam kenal bro

yudibatang - 10th April 2012

salam kenal juga masbro 😀

gen9 - 28th April 2011

kalo ama piksien masi kalah bang,,tapi kalo ama new mx boleh bangga si cs1,,(bocoran gas 3kg :P)
xixixixi

Amama Ali - 29th April 2011

Vixion laghhhh, massak cessie bisa menang, pa lagi yang nunggang bro Yudi, lewatnya jauh pastiii

hondaholic - 31st October 2012

hehe pasti tuh, kelebihan beban soale hihi

9. Joko - 28th April 2011

Punyaku mau 3th belum nambah air sedikitpun.

10. black cs1-rider - 28th April 2011

Yoi, bener gan, dulu waktu baru beli probelm ane seperti itu, ane cek aja sambungan selang yg pake klem, ternyata ada rembes di situ, trus ane kencengin aja semua. alhamdulillah sampe sekarang awet, udah 2 tahun ane cuma abis 1 botol aje.

yudibatang - 28th April 2011

Thanks infonya masbro, Ntar sy sampaikan keteman saya 😀

zipx - 28th April 2011

cara memeriksa air radiator cs1 dengan cara melihat di samping kiri body motor dekat tempat tabung reservoir masbro, diintip dari situ, bukan dari atas kalo dari atas mah semua cs1 emang nampaknya begitu terlihat kosong padahal enggak. Ane pengguna cs1 soalnya.

yudibatang - 28th April 2011

@zipx, Sudah dimasukin lidi kedalam reservoir, tapi tetep nggak ada cairan terseida.. 😀

Nay - 28th April 2011

Kalo ternyata udah kenceng semua tapi tetep bocor…coba cek ‘Thermostat’…termostat kita copot dari dudukannya terus coba isi air sambil ditiup pake mulut..kalo mampet coba dipukul2 ke tangan kita (jangan pake palu atau yg keras2 yaa..takut ambrol..hehe)…sampe tiupan angin via mulut kita (inlet) berhasil dirasakan di posisi outlet.

Nah kalo termostat tidak masalah tapi masih bocor juga…coba kuras habis semua air radiator…terus copot radiator & isi dengan air biasa sampai keluar semua isi kotoran radiator…isi terus ajah yaa airnya sampe kotoran keluar semua…

Nah mungkin itu ajah tips tambahannya yg pernah gw alamin di Vixion gw dulu…hehe

Semoga bermanfaat.

Udien Drag - 2nd August 2011

scara sy penguna cz one

jka air radiator cpat habis seharosx cek selang2 yg menuju ke radiator pasti ad yg bocor atau selangx ad yg belum tertutup bercayas deh sma sy kan sy anak2 bengkellll dan poex mtor cs one zmzkin lju

ini ceritaq…………….
apa ceritamu……………

11. sekopati - 28th April 2011

sedikit menambahkan mas, jika kita bongkar semua body depan di sebelah kiri ada sejenis valve. jika pada kecepatan tinggi rpm kira2 >7000 rpm, kadang muncul rembesan bahkan semburan cairan coolant. Hal itu terjadi setelah motor dipakai 2tahunan. setelah dicek ternyata pakingnya sudah mulai rusak. akhirnya ya dikencangkan bautnya untuk mengurangi tingkat kebocorannya.

azizyhoree - 28th April 2011

itu valve bypass sirkulasi yang terhubung dengan sensor termostat, dimana dalam keadaan mesin dingin (pemanasan) sirkulasi coolen hanya berputar di blok cylinder, baru setelah panas dialirkan ke radiator 😀

fungsinya untuk mengoptimalkan suhu ideal mesin saat pemanasan awal start

gen9 - 28th April 2011

infonya manteb kang,,persis mekanisme yg diterapkan di mobil yg auto choke serta injeksi ^^

12. info Yamaha - 28th April 2011

segera diisi tu air daripada mesin overheat 😀

Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
semoga berhasil friends

13. asmarantaka - 28th April 2011
14. gogo - 28th April 2011

ternyata cs 1 jg punya problem, slh satu resiko beradiator cair.. kudu sering dicek nih sblm naek motor..

15. dolanclinick - 28th April 2011
16. goblink - 29th April 2011

Mungkin begini,
Kalo air reservoir cepat habis artinya mesinnya sedikit terlalu panas.
Skema : radiator penuh, saat panas air memuai, tekanan ditahan tutup radiator, tekanan tinggi titik didih air turun, kalo tetap panas, tetap memuai, air mengalir ke reservoir, air di reservoir jadi panas, mudah menguap.
Mesin panas bisa karena ngelitik pake premium ato tutup radiator soak.
Mohon koreksi

17. aiefz - 29th April 2011

Wah musti cek ricek cessi neeh

18. kangmase - 30th April 2011

hmmmm…

19. gaplek mania - 30th April 2011

alhamdulillah cs1 ku baik2 saja,

20. Rollerman - 3rd May 2011

dger2 d fan page welovehonda juga bnyak yg ngeluh kyak d atas,yg bocor lha,yg cpet habis lha

21. beni - 29th May 2011

ah tidak juga saya pengguna cs1 tetapi 1 bulan air radiator masih penuh penuh saja dan hanya berkurang sedikit, memang sudah ada perubahan di sistem pengapiannya dan juga oli racing shell advance serta penggunaan pertamax plus selalu. thanks

22. icha - 3rd August 2011

saya pengguna cs1 baru 1 bulan
tapi ko coolant direservoirnya cepat habis ya??
apa karena motor baru kaya gitu.
mohon pentunjuknya dari agan2

23. TANTO - 29th September 2011

MOHON SEMUA PENGGUNA CS1 UNT MENGENCANGI SETIAP KLEM YANG BERHUBUNGAN DENGAN RADIATOR, SEPERTINYA KENCANG TP KLO DIPAKSA DIKENCANGKAN LG MASIH BISA,… KLO SEMUA SDH BENAR2 KENCANG, DIJAMIN AIR TDK AKAN HABIS,…. TERIMAKASIH.

domy - 14th November 2011

TRIMS BRO EMANG PNDAPAT U MANTAP ……….THANK U..3X

24. anggara - 30th September 2011

saya jg pernah ngalami. cs1 saya th 2010. ternyata masalahnya di baut2 klem yg kurang kenceng. air mrembes lewat situ.

25. wasi' - 12th November 2011

thanks, bro :)

26. Dre - 24th November 2011

CSku juga pernah, masalahnya ada di baut2 klem yg kurang kenceng. air mrembes lewat situ, selesai deh…

27. Dre - 24th November 2011

CSku juga pernah, masalahnya ada di baut2 klem yg kurang kenceng. selesai deh…

28. Melawanarah - 27th November 2011

Air radiator nya di isi air biasa boleh ga?

yudibatang - 12th January 2012

nggak boleh masbro, ntar karatan 😀

29. rikywahyuromansyah - 30th November 2011

motor cs1 ku kok hidup bntr aja buat jlan 2klo aja barnya kok udh nyampe 2 ya,tlng ksh tau yg prnah ngalami kya aku trim…

30. visicom_mkt - 12th January 2012

punya kipas radiatornya ga mau kecuali di langsung kan ke aki langsung mau kipasnya
kira2 ap y msalahnya?

yudibatang - 12th January 2012

mungkin sensornya masbro, bisa dichek menggunakan FIDT dibengkel resmi 😀

31. mett - 24th January 2012

bro mo tanya nih..
klo terjadi oli bocor di motor CS1 persisinya di selang kecil di sebelah kanan seperti selang pembuangan..
kira2 pa masalahnya dan solusinya …

32. aris - 27th January 2012

wahhh,
q jg pny prmslhn yg sma,,,
cs 1 q terjadi kbcran, ntes dari mesin sblh kri. gx tau dri mn asal muasalnya…
ada yg bs ngsh jwbn???

33. brondon'x - 10th February 2012

bang yud, saya punya motor CS 1, cara ngeliat air radiator cs 1kalo abis gmna?

brondon'x - 10th February 2012

oh iya bang cara mengencengkan klem pada radiator cs 1 gmana??

34. ade - 7th March 2012

masalah di cs1 ane baru2 ini lagi asik2 jalan ko’ gas nya turun sendiri trus langsung mati gitu… di ster ga mao idup…waduuuuuuuuuuhhh…. kena dorong ane sial bener. yang tau tolong kasih tau gitu..trims….

yudibatang - 7th March 2012

jawaban dari teman : pengalamanku dulu motor kawasaki, stel klep udah, cari2 siapa tau ada yang bocor, tp tetep berulang-ulang, bisa jalan tp klo dah agak lama lsg mati,dinyalain jalan lg mati lg, gak taunya krn aki soak gak diganti-ganti jd penyebab cdi ikut error… wis dadi jajan aki + cdi

hantu - 17th July 2014

vakum gasnya udh rusak

35. Saidina - 1st June 2012

Mengatasi suhu panas motor: Coba pake oil kekentalannya 10-40.Cek extrapennya main kagak.kalau di 4 bar gak main coba kabel dari extrapen di temple di masa bodi dalam posisi on.kalau dia main(kipas extrapen berputar)berarti transmistornya yang rusak.Cullen radiator klau bisa jangan sampai kering.

36. kankkunk - 21st July 2012

dulu cs1 nya sodara pas servis pertama, di kertas hasil pengecekan mekanik ditulis perlu ditambah air radiator..setelah servis kedua nggak masalah..panas juga normal di kemacetan 4 bar, dibawa agak kenceng 3 bar..

37. dear AHM, saluran radiator coolant CS1 bocor, gimana ini? « kankkunk – blognya nbsusanto - 6th August 2012

[…] baru..lha kalo sekarang?setelah diinget-inget, dulu mas yudibatang pernah membahas masalah ini disini..ternyata bukan hanya CS1 yang tadi nbsusanto kendarai yang pernah mengalami kasus […]

38. hondaholic - 31st October 2012

casey baru 300km pernah buat kenceng selama 10 km an, banyak bercak coolant terlihat di mesin bawah trus saya isi lagi ccolant sampe penuh, saya bawa jalan agak menanjak kepanasen sampe bar maksimal. cuma pas itu sdh sampe tujuan , langsung dimatiin. ada efeknya ga ya?

Billy - 1st November 2012

gan ane baru dapet pelajaran baru… (tapi dari motor ane)
ternyata yang bikin air radiator bocor itu karena panas (air radiator menggolak) Kipas radiator ga nyala. jadi dia menggolak otomatis dia aka keluar dari celah selang sambungan. ada yang bilang klem selangnya kurang kenceng (orang berkali kali di kencengin juga)

dari motor ane setelah kipas air radiatornya udah dibenerin . itu udah gada lagi kejadian air radiator bocor gan .. sebenernya sih emang tergantung masalah dari motor masing masing kayanya.

39. dani - 25th December 2012

GAN MOHON BANTUANNYA.. AIR RADIATOR ANE CPET HABIS, baru diisi 3 hari sudah habis,, ternyata pas ane buka mesin alias buka head dan blok mesin,, air radiator masuk kedalam ruang pembakaran dan bahaya banget bisa menyebabkan korosi pada ruang cilinder.. ane udah bersihin seal pelat dan sudah ane kasih lem gasket juga tetapi tetap bocor dan parah.. mungkin SUHU-SUHU senior yang berpengalaman ada masukkan untuk SEAL PEREKAT ATAU ap yang cocok buat masalah ini.. yang ane takutin air radiator masuk ke ruang oli dan bercampur.. terima kasih

yudibatang - 28th December 2012

water pumpnya harus diganti sob

40. scebech - 14th September 2013

Ane juga pake CS 1 gan n kasusnya sama, kalo kita liat dari atas emang bakalan keliatan habis soalnya dia punya katup, kalo terlalu penuh bakal ngebuang sendiri. Pernah ane penuhin n hasilnya keluar dari selang pembuangan di dkt standar. jadi untuk indikatornya ada di samping kiri bodi gan. hehehe
maaf klo salah n mohon di tambahkan, makasih

41. ulwa - 12th November 2013

ane punya masalah dgn cessy gue,air radiator masuk ke mesin dan bercampur dgn oli..mohon info dari para agan-agan sekalian.bagaimana solusinya..apa yg mesti di ganti..trimakasih sebelumnya..

yudibatang - 14th November 2013

yang perlu diganti water pump beserta sil2 nya. setelah diganti jangan langsung diberi oli yang baru. disisi oli bekas dibleyer2 kemudian keluarkan olinya. ulangi sampe 2-3 kali agar oli yg kecampur coolant benar2 bersih, baru kemudian diisi oli baru. semoga membantu 😀

42. Endang Wahyudi - 20th November 2013

thanks ya sob bermanfaat sekali buat saya, pengguna cs 1, mz yudi saya mau nanya nih, saya punya cs 1, parah, pernah terbakar di dudukan knalpot dkt blok silinder,karna pernah bawa motor gak pake pipa knalpot. akibat nya jika motor di pake cepet panas, di indikator nya selalu cepet naik 3 bar,walau cuma di pake jarak dekat, gmana ya ngatasi trouble nya, o ya, saya pernah mennganti coolant yg baru merek jumbo, tetapi trouble masih saja, dan kipas air radiator pernah terbakar, thanks ya mz yudi,tolong bantuan nya.

43. Endang Wahyudi - 20th November 2013

thanks ya,mz bro, info semuanya bermanfaat sekali buat ane yang awam,

44. rhay alevender - 22nd December 2013

Masalah itu pernah saya alami, bahkan satu hari setelah motor dikirim kerumah. Saat itu saya berangkat kerja, dan terkena macet di jl.TB Simatupang sehingga jalan tersendat-sendat. Mulai terasa hawa panas dari arah mesin. Tiba-tiba ada pengendara motor lain menghampiri saya ” Bos olinya kayaknya netes terus tuh sepanjang jalan tadi”. Langsung saya menepi, setelah saya tengok kebawah mesin, ternyata ada cairan hijau keluar dari selang dibawah mesin. Ternyata setelah sy telusuri itu adalah air radiator di bawa jok. Keesokan harinya kejadian seperti itu lagi, pihak dealerpun sudah saya telpon dan kami janjian hari minggu akan di perbaiki di AHAS. Setelaah di cek semua ternyata tidak ada masalah, bahkan motor saya sampai di nyalakan selama setengah jam, air dari radiator tdk keluar jg. Aneh memang, akhirnya besoknya ketika saya kena macet lagi, kejadian terulang lagi air radiator keluar, Dari sini sy punya kesimpulan, bahwa air radiator akan keluar saat terkena beban tenaga karna saat itu fan di radiator akan berputar cepat. Saat sy complai di bengkel sy minta teknisi buka tutup radiator. Benar saja ada keanehan pada bentuk alur karet di penutupnya. Saya sebut ini kempot, karna seharusnya alurnya teratur jalurnya. Kemudian saya minta ganti, alhamdulilah untuk masalah air radiator keluar sampai sekarang tdk terjadi lagi. Yg belum lama terjadi adalah air di radiator kering padahal di tabung di bawah jok masih penuh. Bahkan indikator suhu radiatorpun tdk tampil. Setelah di bongkar, ternyata pompa air radiator dan pakingnya kering. Jadi selama ini air dari tabung dibawah jok tidak mengalir ke radiator, lumayan untuk perbaikannya habis -/+ Rp.600.000. Jujur menyesal sy ambil CS1, padahal sy suka dng gaya sportynya, semoga manfaat buat teman- teman semua

45. Muhammad Suhanda - 23rd April 2015

Salam kenal bwt rekan-rekan semua, motor ane cs1 nhi, oli nya bercampur dengan air radiator. Ane udah ganti seal water pump nya. Tapi masih bocor, kira-kira apa penyebab lain yg menyebabkan oli bercampur dengan air…..? Mohon arahan nya.

yudibatang - 23rd April 2015

penyebab lain, ada packing sudah nggak bagus jadi air radiator bisa masuk keruang oli. ada retakan/grupil pada blog juga bisa menyebabkan air radiator masuk keruang oli.



?php do_action('wp_footer');