jump to navigation

ganti kampas kopling Yamaha vixion dengan kampas kopling yamaha Scorpio May 5, 2011

Posted by yudibatang in : Bikers, Info parts motor, pengalaman berkendara, Tips sepeda motor, Yamaha , trackback

yups.. bahasan artikel kali ini saya mau berbagi tentang penggantian parts Yamaha vixion dengan parts dari Yamaha Scorpio khususnya kampas kopling.

mengapa harus pakai kampas kopling scorpio? yups.. alasan yang paling utama adalah harga kampas kopling Yamaha vixion yang muahal… satu lembar 76.000 😥 sedangkan harga kampas kopling yamaha scorpio satu lembar 25.000 ( harga satu lembar kampas kopling vixion, bisa dapat 3 lembar kampas kopling scorpio plus kembalian seribu :mrgreen: ) Kampas kopling yamaha vixion ada 5 lembar (4 lembar besar dan satu lembar kecil ). Bentuk dan ukuran kampas kopling yamaha vixion yang empat lembar (yang besar) memiliki kesamaan dengan kampas kopling Scorpio, hanya satu lembar saja yang beda (yang kecil), tidak bisa diganti dengan kampas kopling scorpio. Hal diatas juga berlaku untuk plat tipisnya 😀

Tanda-tanda yang dirasakan bila kampas kopling sudah aus adalah bila motor dinyalakan, kemudian kopling ditarik dan masuk gigi satu, motor terasa menghentak (padahal kopling belum dilepas) dan Ciri-ciri fisik kampas kopling sudah harus diganti adalah terdapat bekas gesekan dipermukaan kampas kopling dan ketebalanya kurang dari 3mm. lihat poto dibawah 😀

Sedangkan ukuran ketebalan kampas kopling normal adalah lebih dari 3 mm

Semoga bermanfaat bagi anda pengguna yamaha vixion 😀

Comments»

1. Takumi Fujiwara - 5th May 2011

hasilnya maz?

yudibatang - 5th May 2011

Hasilnya OK bro, saya sudah dua kali pake kampas kopling scorpio 😀

dhen - 11th August 2012

ragu neh bro mw ganti kanvas kopling vixion di ganti scorpio

NasHrullah Rochmat - 30th April 2013

Mas Yudi Plat kopling ya harus dganti jg ga pya scorpio ??atw ga pya vixion aja…

doni alfedo - 3rd March 2014

oke broo,, akan ku coba

2. Maskur - 5th May 2011
yudibatang - 5th May 2011

Untuk Mx belum tau bro, silakan kalau ada yang tau, share dimari.. 😀

3. Virus - 5th May 2011

om yudi jd inti ny pake kamkop scorpio 3 lembar + 1 lembar kecil yg punya vixion?
coz ad kata-kata rancu…
#hanya satu lembar saja yang beda (yang diameter dalamnya lebih LEBAR, tidak bisa diganti dengan kampas kopling scorpio)#
nah pas ane lihat gambar kok di anak panah ditulis kampas kopling KECIL 1 lembar tidak bs diganti punya scopio…Lebar VS Kecil…apa ane yg gk mudeng ya om yud…

yudibatang - 5th May 2011

sorry tulisannya bikin bingung :mrgreen: sudah diedit tuh..he..he.. 😀

4. asmarantaka - 5th May 2011

denger2 buat Bajaj juga bisa nih kampas..tapi cuman ok ditarikan doang..apakah bner??

5. aprisneijder - 5th May 2011

brarti kampas yg kecil g perlu diganti bro

yudibatang - 5th May 2011

kamkop yang kecil tetep pake punya vixion, kalau dana ente cekak, gak diganti juga gak apa-apa 😀

6. agoey - 5th May 2011

nice info….. klo gak salah kampas kopling MX bisa pake tuh punya scorpio (ngubek2 majalah motor)….. 😀

http://agoey.wordpress.com/2011/05/04/harga-cbr-250-non-abs-diatas-40-juta-rupiah/

7. jakatimur - 5th May 2011

perbedaan dengan aslinya apa masbro:
1. apa beda timing pergantian gigi?
2. dari segi kecepatan?
3. segi keawetan kampas kopling lebih baik dari vixion asli?

yudibatang - 5th May 2011

Monggo dicoba sendiri bro 😀 soalnya yang kayak gitu relatif sih… tiap biker pasti punya pendapat dan kebiasaan berkendara yang berbeda.. 😀

8. othonx - 5th May 2011

wah cara pengukurannya kurang tepat mas yudi..
Kok di ujung varnier calipernya??(harusnya tepat di tengah untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih akurat) hehehehehehe peace

yudibatang - 5th May 2011

Udah ditengah kok bro.. mungkin efek pengambilan gambarnya yang agak menyamping, jadi kelihatannya diujung.. 😀

9. penggemar ninja - 5th May 2011

kenapa ngak ganti semua pake scorpio..? emang yg kecil itu fungsinya apaan sich..? kenapa beda sendiri..?

saya sekarang pake kampas kopling dytona, tapi ngak ada yg ukuran kecil, gede semua..

yg saya denger2 dari mechanic, yg kecl itu yg bikin slip kopling, karena tinggi nya hampir sama dengan platnya

cmiiw

10. fengenfifiz - 5th May 2011

pake kampas kopling daytona tarikan nendang banget om yud, kampas gede semua tapi masangnya musti nyopot kampas yg kecil sm dua plat tipis om..

11. sidoel anak kendal - 5th May 2011

kampas daytona sama per kopling r9 kompetisi duet maut ohm..gampang omonge di colke koplinge dangak kendarane ..bhasa jwa ne

warungbaksosabar - 6th May 2011

lumayan kalo macet pake per kopling kompetisi bikin tangan gede sebelah 😆

12. gcm - 6th May 2011

ane juga udah pake kampas kopling scorpiul… 😀

13. kangmase - 6th May 2011

bagus infona…

14. gogo - 7th May 2011

begitulah ,udah bnyk info yg nganjurin pake pnya scorpio bila dana cekak, tp ane bru tau ternyata ad versi kecilnya..

15. gadget12 - 11th May 2011

itu bisa dilakuin di bengkel resmi ya om, pengen ganti juga soalnya…

yudibatang - 11th May 2011

Bisa bro 😀 yang penting sebelum ganti siapkan dulu kampas kopling barunya 😀

DODO - 31st May 2013

om klo 5 kampas scorpio masuk di vixi tanpa yang kecil dipasang gmana??? efeknya gmana ya bang,.. mohon pencerahan

16. piter - 25th May 2011

kok vixion ku gak ada tarikan nya ya om

17. Iwan - 16th June 2011

Tq bro infonya ptg bwt saya……………

yudibatang - 16th June 2011

sama-sama bro 😀

18. chandra - 14th July 2011

ijin copas mas bro, kemarin habis masang, 4 plat scorpio dan 1 plat vixion, habis total 140rbu sudah sama biaya pasang

yudibatang - 14th July 2011

Monggo masbro, yang penting nggak buat komersil 😀

19. Otomotif2™ - 26th July 2011

nice inpo Gan..kebetulan ane juga lagi mau ganti punya ane…
ane coba dulu :mrgreen:

20. wwwww - 2nd August 2011

bro nyari kamkop scorpionya di mana, diberes ada g?
klo dibengkel biasa adamya yg satu set.

yudibatang - 25th August 2011

diberes ada bro, bisa dibeli ketengan 😀

21. hendro - 18th August 2011

mantap tuh infonya mas

22. muhammad - 25th August 2011

mas yudi mau nanya ni..
Ane br ganti karet kopling + kamkop scorpio.
Kok mtr ane pas masuk gigi 1, kyk bunyi gear selip y, Itu knapa y? Trus tiap pindah gigi 2 ke 1 keras bngt.

yudibatang - 25th August 2011

coba olinya ganti yg semi sintetik atau yang full sintetik sekalian mas bro 😀

23. randi yvci-D - 16th September 2011

bro yudi..penasaran newh..pengen coba pk plat scorpio..tp cuma 4 ajj kan tuh,,n plat yg kecil nya..enakan di ganti yg gede juga pa harus pake yg kecil jg…
trus klo yg kecil di ganti mang ada yg jual satuan?

24. dejun - 15th October 2011

Mas yud,…sepertinya tidak semua bengkel beres tau subtitusi kampas kopling vixion pake scorpio…saya pernah coba test tanya ke mekaniknya…katanya ga bisa…beda ukurannya!…atau pura2 tidak tau mereka!…hehehe

25. Diperz - 1st November 2011

bro yudi ane mau tanya ne ?
klo ganti kanvas pio di vixy tetep pake kanva yg kecil punya vixi ya ?

26. deniz - 18th November 2011

bro yud klo ane gnti kamkop pke scorpio performanya naik apa gmna om ???? :)

yudibatang - 18th November 2011

Performanya sama saja bro 😀

27. deniz - 18th November 2011

lah truzz yg beda itu dlam hal apah om yudd ??? 😀

yudibatang - 18th November 2011

harganya bro… kamkop vixion satu lembar 75 ribu, kamkop scorpio satu lembar 24.500 😀

28. deniz - 24th November 2011

oooo :)
tpi klo vixi saiia mw bwt feestyle apa aja yg di ganti mz broo :)

29. nanaadi - 29th November 2011

bos kalo tarikan motor kurang padahal sudah diservis & direset,apa pengaruh dari kampas kopling yang belum pernah diganti?? motor ane vixion 2007,pake velg lebar.

Indra Onta Akbar - 24th April 2012

bisa jadi tuh bro….soalnye sama kyk ane…xixixi…normal top speed 140km/j an…skrng 130km/j ajh berat kyk mw branak..hahaha..maklum dr 2008 smpe skrng lom ganti kamkop…xD

30. Diperz - 9th December 2011

bro kallo plat tipisnya tetap di pake atau gmn ?
mohon di blz

31. Review perkopling racing RMG untuk Vixion..nampol banget pada awal-awal pemakaian | yudibatang personal blog - 2nd February 2012

[…] not recomended because use front only) 8. kampas kopling terakhir ganti awal Mei 2011 linknya disini 9. BBM pertamax 10. Oli Shell advance AX7, baru ganti pas pasang per kopling RMG […]

32. ipanase - 2nd February 2012
33. yaqin - 12th February 2012

Saya sangat berterimakasig atas situs ,,,krna membrikan informasi yang cukup akurat

34. Heru Nggombong - 18th February 2012

masbro,,,,ane mo tanya nech,,,,,ane kan punya niat ganti velg lebar,,,,,menurut masbro mending yang tromol pa cakram belakangnya,,,terus untuk kelemahan dan kelebihannya apa dengan menggunakan cakram,,,,,????penggunaan velg lebar bisa mengurangi top speed ga,,,????mohon informasinya masbro,,,,maturnuwun,,,,

Indra Onta Akbar - 24th April 2012

sorry sedikit berbagi:….menurut ane sih top speed gak bakal ngurang TAPI(klo ente gak ganti ukuran gear set)…efeknya yah nembus top speednya pasti butuh jarak lebih jauh lagi…krna beban ngangkat motor ente bertambah gara” ganti velg gde..tp klo ganti ukuran gear supaya tenaga gak loyo…otomatis top speed berkurang…^_^

35. ali - 21st February 2012

terimah kasih

infoNya

36. kopling - 23rd February 2012

apakah bisa meniadakan kopling tangan pada vision? jadi kopling kaki saja spt motor bebek,,,,trims

dhani - 24th February 2012

iso ene produk sisteme koyo kopling otomatise bebek(make sntrifugal) di gae karo adventure.Iso juga gae kopling otomate bebek.Tapi akeh seng drubah,Q tau ndelok.ngko tak bahas carane pye

37. dhani - 24th February 2012

aku tau jajal kampas kpling vixion make kampas scorpio, semua boleh diganti asalkan juder springe dicopot(pelat tipis di kampas kecil, juder iki funsine utk perpndahan gigi luweh lembut,kalo balap copot ae,kurang ene fungsine)malahan tambah enak soale dekapane kampas >besar

sibos - 11th March 2012

tambahan yah : plat tipis 2 didalam marai nggandol ganti kandel wae + per kopling vixion jamin rider e temumplak

38. aul - 26th February 2012

Om yudi ane udh ganti 4 kamkop pio yg gede sm 1 kamkop piksen yg kecil. Tp kok abis itu ngoper giginya jd keras bgt yah om? :( musti neken bener2. Apa musti ganti oli yah?

yudibatang - 27th February 2012

yup, mungkin olinya bro,..coba ganti yang semi sythetic atau yang full synthetic sekalian 😀

aul - 28th February 2012

Cth oli semi synthetic kyk gmn mas? Yamalube termasuk kan? Tp kalo yamalube kyknya kgk pas dipake buat macet apalagi daerah ciputat

39. rastariva - 9th March 2012

om yud kalo motor ditarik terus kaya koplingnya rada diteken apa itu penyebab kampas koplingnya udah mesti ganti?
oiya kalo kampas vixion yang kecil ga bisa beli ketengan ya om?

yudibatang - 9th March 2012

biasanya yang kampas koplingnya cepet habis itu motor yang sering stop n go diperkotaan atau dikemacetan. kampas vixion yg kecil boleh beli ketengan masbro 😀

40. octha_arega - 23rd March 2012

mau tanya ne om yudi,,,per kopling resing to bagus nya apa om..??
soal y bingung mau ganti apa..terlalu banyak merek di pasaran.
thanks….om?

41. taufik - 26th April 2012

mas booo vixionku kok top spednya cima 120km/jam ya, kondisi vixion 2010,servis rutin, filter copot ganti asesoris koso yang guede,per kopling racing, bisa diberi penjelasan mas broooo

42. uchu - 5th June 2012

klo pke kamkop scorpio utk vixion hax 4 lembar yg besarx saja bisa d,pake, tpi klo 1 lembar yg kecil apa bisa beli ketengan jg sama dengan kamkop scorpio belix bs ketengan …

yudibatang - 5th June 2012

bisa bro 😀

nano - 16th July 2012

mas bro yudi kenapa klo keadaan macet tiap mau lepas kopling berasa ngadat kaya mau mati apa itu bertanda kampas kopling perlu ganti..?mohon di blz ya coz
mau di pake mudik nih

yudibatang - 16th July 2012

yups, itu bisa disebabkan kakop uda nipis. Tapi bisa juga setelan anginnya kurang. coba diputer2 lgi setelan nginnya cri yang pas 😀

43. Spek terupdate yamaha Vixion yudibatang Juli 2012 | yudibatang personal blog - 12th July 2012

[…] per klep standar diganjel ring, per kopling standar, kampas kopling scorpio empat lembar original vixion 1 lembar (kampas kopling yang […]

44. sijidewe aka snalpot99 - 10th August 2012

njajal ahhh..

45. Mukti Ali Agrem - 12th August 2012

bos kalo buat 2010 bisa gx mas..pake kopling scorpio??

yudibatang - 12th August 2012

bisa bro… 😀

Mukti Ali Agrem - 12th August 2012

kira kira kalo pasang sendiri bisa??

yudibatang - 12th August 2012

bis bro, gampang banget

Mukti Ali Agrem - 15th August 2012

udah mas …enak banget pake kopling scorpio… gigi gx keras..terimakasih mas atas infonyaa

46. brigade15 - 12th August 2012

om yud kalo bau gosong dari blok mesin itu kenapa ya? https://brigade15.wordpress.com/

anton - 31st August 2012

kebakaran………..

47. Tian Supriansyah - 10th December 2012

so sorry numpang ngerepotin,mau tanya ni bro,vixion saya suhu mesin nya panas baget padahal radiator normal,thank before

48. foxhound - 12th December 2012

mas yudi kl vixion mau ganti pake kamkop scorpio, yg divixion pelat tipisnya ada yg gak dipake ato dipake semua?

yudibatang - 13th December 2012

kalo pake kamkop scorpio semua (5 pcs) plat yang kecil gak dipake. tapi kalo kamkop scorpionya hanya 4 dan yg satu tetap pake punya vixion (yang kecil) plat ipis yang kecil tetep dipakai 😀

foxhound - 13th December 2012

bro sy udh ganti td karet kopling dan 4 kamkop scorpio & plat tipis tetep pake yg lama.hasilnya pergantian gigi lebih halus,cuma knapa masih denger suara kasar ya??ato mungkin karet koplingnya gak bagus.sebab kl ganti rumah kopling komplit agak mahal bro,mknya sy ganti karetnya aja.
thanks mas yudi atas infonya,btw knapa gak buka bengkel aja mas?

mentari rembulan II - 14th December 2012

gan mau nanya nich.ane baru ganti kamkop pio.pake 5 yg lebar.pemasangan ane turuti seperti semula sbl dibongkar.2 plat tipis putih ane copot tp koq susah netralnya.pungsi ke 2plat itu apagan mohon pencerahannya gan plzz

yudibatang - 14th December 2012

kalo kelimanya pake kam kop scorpio pasti jadi keras bro, coba yang satu (kecil) diganti yg ori vixion 😀

49. Yudzha ALexandrra - 21st December 2012

mau tanya efek samping pake kanvas kopling scorpio ape?? denger2 pas ganti oli,, cairan oli jadi padat kaya lumpur karena kanvas kopling scorpio yang ga sesuai dengan performa vixion ???

50. Areif - 11th February 2013

Kalu sher rxs berapah duit

51. Marco Pereira - 16th February 2013

klo mtor kawasaki 250 kanpas koplinx sama dengan motor apa,,?
uda saya googelin tpi tdak dapat
makasih atas bantuanx

52. ABI BUNAYYA - 27th February 2013

MAS KALAU SUARA KOPLING MENDENGUNG PADA SAAT DI GAS KENAPA YAH …. PADA MOTOR VIXION … MKASIH…….. :-)

53. RianNugraha - 10th June 2013

bang.,kampas kopling scorpio kan jumlahnya 6. ada 5 yg besar ada 1 yg kecil.. nah, di vixi ane pasang kampas kop yg kecil punya scorpio. kira ada efek negatif d mesin ane kaga??

54. agus bp - 18th July 2013

emang beli kampas ori, 4 scorpion 1 vixion.Bisa ta bos?

55. agus bp - 18th July 2013

maksud saya ecer?Bisa boz.Gk harus satu set gt???

56. agus bp - 18th July 2013

maksud saya ecer?Bisa boz.Gk harus satu set gt??? tol0ng dijwab bos

hadi - 24th August 2013

beli kampasnya bisa di ecer broo, ga mesti 1 set..

57. pras - 2nd August 2013

bos bener ga ada efek kah kalau kanfas kopling vixi di ganti sama punya pio…

hadi - 24th August 2013

ga ada bos, aman,,, cuma cek 1 thn sekali aja.. apalagi klo dah bletak waktu masukin gigi 1

58. hadi - 24th August 2013

Mas bro Yud, sharing pengalaman sedikit .

Vixi taon : 2008 , keluhan :
– tarikan berat & napas pendek
– suara mesin kasar

setelah di cek , alhasil :
– rumah kopling oblak
– kampas tipis habis
– busi sekarat

perbaikan, setelahnya :
– Ganti rumah kopling : 250 an
– kampas scorpio ke 5 lembar ane masukin semua : 125 an
– Filter udara : ferox -> 300 an
– busi ngk , kodelupa : 25 an
– koil tadinya protect 170 an , karena dirasa kurang cocok akhirnya balik ke standar lagi cuma
ditambah aja 9power 2 biji (75 2 biji) , pengen nyoba koil tirev si.. hihi..
– oiya.. tali kopling juga berat alhasil ternyata hampir putus sisa cuma 3 lembar yg 2 putus ,ganti
pula dan tarikam koplign lebih enteng
– knalpot abal2 hihi.. pake ahrs f4 , soale yg standar blm sempet nyoba di bobok
– nambah product vai ( vacum air injection ) ganti intake manifold 200 an, tp sekarng ane tutup
soalnya ky nya kurang cocok di tendem sm filter udara yg ane pake..
– premium ane ganti pertamax berhubung hrg ne wes 11 12 …
– gear set masih standar depan lupa ,belakang si 42 , pgn nyoba ganti depan…

* Hasile : tarikan 120km bisa dicapai dengan mudah mas bro itungan detik, selepas itu belum
sempet narik lagi soale wes kepentok mobil neng depanku…

Mohon masukan buat dapetin akselerasi di putaran bawah mas brooo….

59. eko - 6th December 2013

om..
maaf mohon infonya..

utk rantai keteng byson.ma karet rumah koplingnya sama dengan motor apa yach

60. mameg - 10th December 2013

kok punya ane yg kecil diganti sm scorpio bisa kok bro? jadi 5 lembar besar semua :/
malah waktu gantinya kampas kecil doang yg ane ganti, pake besar, yg 4 masih pake bawaan motor blm pernah diganti.
kalo per kopling nya ane pake’in punya Honda CRF 250R, menghentak 😀
1 setnya 5 per jadinya nganggur 1 per tuh di rumah 😀

61. Aris Prihastono - 5th March 2014

kenapa yg diganti pake scorpio cuman 4 lembar saja mas Yud?
padahal kalo yg di ganti cuman 4 terus yg tipis itu dibiarin, rasanya akselerasi si vixi masih standar saja. coba deh pake yg gede itu ke limanya pasti bakalan terasa banget perbedaannya.
Akan lebih jos lagi jika dilakukan penyetelan gerak bebas kopling. Sehingga begitu tuas kopling dilepaskan sedikit saja, motor sudah terasa terhentak.

maaf kalo saya lancang. Salam vixi Batang ( G 2166 ML )

62. mx vs satria f - 11th June 2014

memang edian ki motor yo kang

“Yamaha YZF R25 Pukul speed Kawasaki Ninja 250″

http://berita-motor-drag.blogspot.com/2014/06/yamaha-yzf-r25-pukul-kawasaki-ninja-250.html

63. Amier Prikitiw Hasan - 14th June 2014

ganti karet kopling scorpio untuk di bubut, pakek merk apa yg mantap ???

64. Amier Prikitiw Hasan - 19th June 2014

mau ganti karet kopling scorpio, dibubut pakek merk apa karet ny yg mantap ny ?? mana tau bisa di subtitusi ke merk lain gtuu… mohon pencerahan..

65. SiKibaliyut, walau sudah dilego tapi masih ada saja yang nanya speknya | yudibatang personal blog - 25th November 2014

[…] per klep standar diganjel ring, per kopling standar, kampas kopling scorpio empat lembar original vixion 1 lembar (kampas kopling yang […]

66. Koko - 22nd May 2015

Kenapa Setelah Ganti kampas Koplin… tarikan vixi ane masih nahan ya gan???? padahal itu diganti satu set ori loh…. mohon balasannya… tx



?php do_action('wp_footer');