ganti kampas kopling Yamaha vixion dengan kampas kopling yamaha Scorpio

yups.. bahasan artikel kali ini saya mau berbagi tentang penggantian parts Yamaha vixion dengan parts dari Yamaha Scorpio khususnya kampas kopling. mengapa harus pakai kampas kopling scorpio? yups.. alasan yang paling utama adalah harga kampas kopling Yamaha vixion yang muahal… satu lembar 76.000 😥

sedangkan harga kampas kopling yamaha scorpio satu lembar 25.000 ( harga satu lembar kampas kopling vixion, bisa dapat 3 lembar kampas kopling scorpio plus kembalian seribu :mrgreen: ) Kampas kopling yamaha vixion ada 5 lembar (4 lembar besar dan satu lembar kecil ). Bentuk dan ukuran kampas kopling yamaha vixion yang empat lembar (yang besar) memiliki kesamaan dengan kampas kopling Scorpio, hanya satu lembar saja yang beda (yang kecil), tidak bisa diganti dengan kampas kopling scorpio. Hal diatas juga berlaku untuk plat tipisnya 😀


Tanda-tanda yang dirasakan bila kampas kopling sudah aus adalah bila motor dinyalakan, kemudian kopling ditarik dan masuk gigi satu, motor terasa menghentak (padahal kopling belum dilepas) dan Ciri-ciri fisik kampas kopling sudah harus diganti adalah terdapat bekas gesekan dipermukaan kampas kopling dan ketebalanya kurang dari 3mm. lihat poto dibawah 😀

Sedangkan ukuran ketebalan kampas kopling normal adalah lebih dari 3 mm

Semoga bermanfaat bagi anda pengguna yamaha vixion 😀

102 Comments

  1. om yudi jd inti ny pake kamkop scorpio 3 lembar + 1 lembar kecil yg punya vixion?
    coz ad kata-kata rancu…
    #hanya satu lembar saja yang beda (yang diameter dalamnya lebih LEBAR, tidak bisa diganti dengan kampas kopling scorpio)#
    nah pas ane lihat gambar kok di anak panah ditulis kampas kopling KECIL 1 lembar tidak bs diganti punya scopio…Lebar VS Kecil…apa ane yg gk mudeng ya om yud…

  2. perbedaan dengan aslinya apa masbro:
    1. apa beda timing pergantian gigi?
    2. dari segi kecepatan?
    3. segi keawetan kampas kopling lebih baik dari vixion asli?

  3. kenapa ngak ganti semua pake scorpio..? emang yg kecil itu fungsinya apaan sich..? kenapa beda sendiri..?

    saya sekarang pake kampas kopling dytona, tapi ngak ada yg ukuran kecil, gede semua..

    yg saya denger2 dari mechanic, yg kecl itu yg bikin slip kopling, karena tinggi nya hampir sama dengan platnya

    cmiiw

  4. pake kampas kopling daytona tarikan nendang banget om yud, kampas gede semua tapi masangnya musti nyopot kampas yg kecil sm dua plat tipis om..

  5. kampas daytona sama per kopling r9 kompetisi duet maut ohm..gampang omonge di colke koplinge dangak kendarane ..bhasa jwa ne

  6. mas yudi mau nanya ni..
    Ane br ganti karet kopling + kamkop scorpio.
    Kok mtr ane pas masuk gigi 1, kyk bunyi gear selip y, Itu knapa y? Trus tiap pindah gigi 2 ke 1 keras bngt.

  7. bro yudi..penasaran newh..pengen coba pk plat scorpio..tp cuma 4 ajj kan tuh,,n plat yg kecil nya..enakan di ganti yg gede juga pa harus pake yg kecil jg…
    trus klo yg kecil di ganti mang ada yg jual satuan?

  8. Mas yud,…sepertinya tidak semua bengkel beres tau subtitusi kampas kopling vixion pake scorpio…saya pernah coba test tanya ke mekaniknya…katanya ga bisa…beda ukurannya!…atau pura2 tidak tau mereka!…hehehe

  9. bos kalo tarikan motor kurang padahal sudah diservis & direset,apa pengaruh dari kampas kopling yang belum pernah diganti?? motor ane vixion 2007,pake velg lebar.

  10. masbro,,,,ane mo tanya nech,,,,,ane kan punya niat ganti velg lebar,,,,,menurut masbro mending yang tromol pa cakram belakangnya,,,terus untuk kelemahan dan kelebihannya apa dengan menggunakan cakram,,,,,????penggunaan velg lebar bisa mengurangi top speed ga,,,????mohon informasinya masbro,,,,maturnuwun,,,,

    • sorry sedikit berbagi:….menurut ane sih top speed gak bakal ngurang TAPI(klo ente gak ganti ukuran gear set)…efeknya yah nembus top speednya pasti butuh jarak lebih jauh lagi…krna beban ngangkat motor ente bertambah gara” ganti velg gde..tp klo ganti ukuran gear supaya tenaga gak loyo…otomatis top speed berkurang…^_^

    • iso ene produk sisteme koyo kopling otomatise bebek(make sntrifugal) di gae karo adventure.Iso juga gae kopling otomate bebek.Tapi akeh seng drubah,Q tau ndelok.ngko tak bahas carane pye

  11. aku tau jajal kampas kpling vixion make kampas scorpio, semua boleh diganti asalkan juder springe dicopot(pelat tipis di kampas kecil, juder iki funsine utk perpndahan gigi luweh lembut,kalo balap copot ae,kurang ene fungsine)malahan tambah enak soale dekapane kampas >besar

  12. Om yudi ane udh ganti 4 kamkop pio yg gede sm 1 kamkop piksen yg kecil. Tp kok abis itu ngoper giginya jd keras bgt yah om? 🙁 musti neken bener2. Apa musti ganti oli yah?

  13. om yud kalo motor ditarik terus kaya koplingnya rada diteken apa itu penyebab kampas koplingnya udah mesti ganti?
    oiya kalo kampas vixion yang kecil ga bisa beli ketengan ya om?

  14. mas booo vixionku kok top spednya cima 120km/jam ya, kondisi vixion 2010,servis rutin, filter copot ganti asesoris koso yang guede,per kopling racing, bisa diberi penjelasan mas broooo

  15. klo pke kamkop scorpio utk vixion hax 4 lembar yg besarx saja bisa d,pake, tpi klo 1 lembar yg kecil apa bisa beli ketengan jg sama dengan kamkop scorpio belix bs ketengan …

    • kalo pake kamkop scorpio semua (5 pcs) plat yang kecil gak dipake. tapi kalo kamkop scorpionya hanya 4 dan yg satu tetap pake punya vixion (yang kecil) plat ipis yang kecil tetep dipakai 😀

      • bro sy udh ganti td karet kopling dan 4 kamkop scorpio & plat tipis tetep pake yg lama.hasilnya pergantian gigi lebih halus,cuma knapa masih denger suara kasar ya??ato mungkin karet koplingnya gak bagus.sebab kl ganti rumah kopling komplit agak mahal bro,mknya sy ganti karetnya aja.
        thanks mas yudi atas infonya,btw knapa gak buka bengkel aja mas?

      • gan mau nanya nich.ane baru ganti kamkop pio.pake 5 yg lebar.pemasangan ane turuti seperti semula sbl dibongkar.2 plat tipis putih ane copot tp koq susah netralnya.pungsi ke 2plat itu apagan mohon pencerahannya gan plzz

  16. bang.,kampas kopling scorpio kan jumlahnya 6. ada 5 yg besar ada 1 yg kecil.. nah, di vixi ane pasang kampas kop yg kecil punya scorpio. kira ada efek negatif d mesin ane kaga??

  17. Mas bro Yud, sharing pengalaman sedikit .

    Vixi taon : 2008 , keluhan :
    – tarikan berat & napas pendek
    – suara mesin kasar

    setelah di cek , alhasil :
    – rumah kopling oblak
    – kampas tipis habis
    – busi sekarat

    perbaikan, setelahnya :
    – Ganti rumah kopling : 250 an
    – kampas scorpio ke 5 lembar ane masukin semua : 125 an
    – Filter udara : ferox -> 300 an
    – busi ngk , kodelupa : 25 an
    – koil tadinya protect 170 an , karena dirasa kurang cocok akhirnya balik ke standar lagi cuma
    ditambah aja 9power 2 biji (75 2 biji) , pengen nyoba koil tirev si.. hihi..
    – oiya.. tali kopling juga berat alhasil ternyata hampir putus sisa cuma 3 lembar yg 2 putus ,ganti
    pula dan tarikam koplign lebih enteng
    – knalpot abal2 hihi.. pake ahrs f4 , soale yg standar blm sempet nyoba di bobok
    – nambah product vai ( vacum air injection ) ganti intake manifold 200 an, tp sekarng ane tutup
    soalnya ky nya kurang cocok di tendem sm filter udara yg ane pake..
    – premium ane ganti pertamax berhubung hrg ne wes 11 12 …
    – gear set masih standar depan lupa ,belakang si 42 , pgn nyoba ganti depan…

    * Hasile : tarikan 120km bisa dicapai dengan mudah mas bro itungan detik, selepas itu belum
    sempet narik lagi soale wes kepentok mobil neng depanku…

    Mohon masukan buat dapetin akselerasi di putaran bawah mas brooo….

  18. kok punya ane yg kecil diganti sm scorpio bisa kok bro? jadi 5 lembar besar semua :/
    malah waktu gantinya kampas kecil doang yg ane ganti, pake besar, yg 4 masih pake bawaan motor blm pernah diganti.
    kalo per kopling nya ane pake’in punya Honda CRF 250R, menghentak 😀
    1 setnya 5 per jadinya nganggur 1 per tuh di rumah 😀

  19. kenapa yg diganti pake scorpio cuman 4 lembar saja mas Yud?
    padahal kalo yg di ganti cuman 4 terus yg tipis itu dibiarin, rasanya akselerasi si vixi masih standar saja. coba deh pake yg gede itu ke limanya pasti bakalan terasa banget perbedaannya.
    Akan lebih jos lagi jika dilakukan penyetelan gerak bebas kopling. Sehingga begitu tuas kopling dilepaskan sedikit saja, motor sudah terasa terhentak.

    maaf kalo saya lancang. Salam vixi Batang ( G 2166 ML )

  20. Kenapa Setelah Ganti kampas Koplin… tarikan vixi ane masih nahan ya gan???? padahal itu diganti satu set ori loh…. mohon balasannya… tx

  21. 1. KALO PAKE KAMKOP SCORP 4 + 1 KAMKOP VIXION YANG KECIL
    – Susan kampas koplingnya gmana tuh mas (yg kecil dulu apa gmn)
    – Apa yg 2 plat besi kecil dilepas atau tidak

    2. KALO PAKE KAMKOP SCORP SEMUANYA (5 BIJI) TANPA KAMKOP VIXION YANG KECIL
    – Susan kampas koplingnya gmana tuh mas
    – Apa yg 2 plat besi kecil dilepas atau tidak

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Review perkopling racing RMG untuk Vixion..nampol banget pada awal-awal pemakaian | yudibatang personal blog
  2. Spek terupdate yamaha Vixion yudibatang Juli 2012 | yudibatang personal blog
  3. SiKibaliyut, walau sudah dilego tapi masih ada saja yang nanya speknya | yudibatang personal blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*