7 Alasan kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian

tujuan pake knalpot racing

YUDIBATANG.COM – Halo brother biker 😀 … Berhubung banyaknya pertanyaan yang sering masuk kemeja redaksi yudibatang. mengenai “kenapa saya tidak menggunakan knalpot free flow atau knalpot racing untuk pemakain sepeda motor harian?”. Berikut ini saya jabarkan kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing untuk harian. ada 7 alasan seperti dibawah ini.

7 Alasan kenapa saya enggan menggunakan knalpot racing

1. Malas “berurusan” dengan Polisi.

Seperti kita ketahui belum ada undang-undang yang mengatur seberapa besar tingkat kebisingan sebuah knalpot. Maka urusan kenalpot racing ini bisa menjadi sebuah alasan “oknum” untuk menilang saya. karena motor saya dipakai untuk perjalanan jarak jauh dan sering menjumpai razia polisi. saya lebih memilih cari aman saja dengan tetep menggunakan knalpot sutandar.

2. Bikin telinga budeg.

subyektif sih, tapi sudah saya buktikan. saya pernah ngetes riding menggunakan kenalpot racing menempuh jarak kurang lebih 160 km (Batang – Jepara ). sesampai ditempat tujuan telinga jadi berdengung…ngueng..ngueeng. jadi susah mendengar dalam beberapa saat.

3. tanpa setting kusus Tidak berpengaruh significan pada performa motor.

yups.. ini juga subyektif. berdasarkan pengalaman menjajal kenalpot racing dari yang abal-abal sampai yang berharga mahal. performa motor tidak terlalu mengalami peningkatan. yang saya rasakan Akselerasi cepat dari putaran bawah-menengah ( pertama mlintir gas mesin serasa nglowor dulu). Namun top speed tetep malah ada beberapa yang bisa bikin top speed menurun. agar performanya naik harus ada “penyesuaian” dengan setting karburator atau setting ECU.

4.Suaranya yang keras sangat mengganggu

Suara knalpot racing umunya sangat keras dan sangat mengganggu khususnya balita dan orang yang lagi sakit. Yups..ini saya rasakan sendiri ketika lagi sakit meriang. baru saja mata mau terpejam tiba-tiba ada suara “ngueeenggg”. Yah..keluarlah “nama-nama binatang” dari mulut dan sumpah serapah seperti mo*iar Ba*ing*an.

5.Membuat pemakain BBM jadi boros.

Yup..dari dulu saya selalu menggunakan BBM pertamax dan kebanyakan harga pertamax selalu naik. Salah satu cara agar pemakaiannya hemat ya tetep pake knalpot sutandar.

6.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya.

Ini pendapat pribadi berdasarkan pengalaman juga. Bila seseorang menggunakan kenalpot racing dijalan raya biasanya muncul perasaan ingin membleyer-bleyer grip gas motornya. Dan cenderung memunculkan sikap arogansi beserta intimidasi.

7.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.

Bagi brother biker yang pernah berhenti dibelakang sepeda motor berkenalpot racing misalnya ditraffic light. pasti sudah tau betapa mengganggunya “tonjokan” angin knalpot racing yang mengarah kewajah kita. Demikianlah beberapa alasan saya, kenapa saya enggan menggunakan kenalpot racing untuk harian. Semua kembali pada selera dan tujuan anda dalam berkendara.

Silahkan share pendapat anda.

About yudibatang 2695 Articles
Pemotor sederhana yang suka berbagi pengalaman seputar sepeda motor dan cerita horor. Contact email yudi.indonesia@yahoo.co.id

102 Komentar

  1. no 1, 5, 6, 7 stuju mas yud. uda pertamax selangit dibuang2. hahaha. klo nmr 6, 7 menjadikan kita biker santun di jalan. 😀

  2. Setuju mas ! sy juga begitu….motor AKAP soalnya….
    lebih enak menikmati jalan…pengalaman pribadi, khususnya No 6.., ga lagi deh pake knalpot begituan…( pengaruh usia juga sih kaya’nya )…

  3. ngudute tambah kopi kentel mas mantep tenan mak Jos…..setuju lha wong pake yg standar aja masih bs ngacir kenceng kok…..

  4. betul..betul..betul..
    saya sependapat dengan anda bro. Saya selalu pakai kenalpot standar..ketika perjalanan touringpun, vixi saya tetep bisa ngimbangin tuh performa vixi lain yang pakai knalpot racing.. 🙂
    Yang jelas, tetep irit bbm.. 😉 dan pernah saya perjalanan dari Cileungsi (Kab. Bogor) ke Kebumen via pantura cuma habis pertamax sekitar 10 liter. (perjalanan sekitar 450 km,)

    • Knalpot Standard lebih irit, pernah mudik pake Ovi waktu itu motornya masih gress baru 500km-an, dari Sunter-Sragen kota (sktr 600km-an)cukup shell super full tank, bisa nyampe sampe rmh, tp pas baliknya isi pertamax pas nyampe cikampek dah abis (soalnya banyak dibuang ke jalur ringroad)

  5. 1. Malas “berurusan” dengan Polisi. [idem]

    2. Bikin telinga budeg. [idem]

    3. Tidak berpengaruh significan pada performa motor. [tergantung knalpotnya om, nah tapi kalo buat 2 tak yang namanya snalput mempengaruhi hampir60% dari power mesin ,cmiiw]

    4.Suaranya yang keras sangat mengganggu khususnya balita dan orang yang lagi sakit. [idem]

    5.Membuat pemakain BBM jadi boros [nah ini tergantung knalpotnya juga]

    6.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya. [idem]

    7.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.[idem]

  6. setuju mas,,
    aku juga sudah gak pake knalpot kaya gituan, karena berdasar pada pengalaman dulu bersama supra fit, seneng si seneng tapi gak merasa nyaman aja apalagi diberhentiin pak polisi paliing muach de,meskipun apa yg dipake polisi lambangnya sama dengan apa yang dipake aku untuk dines sehari hari dikantor.

  7. Setuju om, knalpot standar aja dah oke koq. Btw, kayaknya harus evaluasi deh foto yang pake merokok, ga baik untuk edukasi remaja dan anak2 om. Maaf, cuma mengingatkan. Salam kenal ya

  8. aku malah udah ndatengin tetangga yg pake knalpot bobokan, anakku gak turu2 masbro 👿

    omah nang njero gang 2 meteran koq pake knalpot bobokan

  9. Kalo ninja 150 ganti knalpot racing malah tambah nyaring dan merdu suaranya, dari trontong tong tong, jadi ting ting tringting ting :mrgreen: . Tetanggaku dulu punya RX king, mesin dan knalpot masih standar tapi tetep aja mekak di telinga.

  10. wuiiiiihhh fotone guayaaaaa tenan…xixixixi keren foto ny om yud…
    btw soal knalpot ane setuja, maka ny vixor ane knalput sutandar onleee…cukup lah penyalur kentut power + torsi ny…xixixixi

  11. SETUJUUU…..

    kalo mo nambah tenaga, ya modif leher/pipa knalpot (bisa diperbesar diameternya / dipendekin) tapi silincer std

    knalpot lebih loss….

    *terbukti nang bladeus ku :mrgreen:

    **kecuali ninin, aku seneng suarane 😛

  12. Setuju banget dengan semua point diatas mas, klo knalpot racing yg bikin suara knalpot jadi empuk&ngebass sih enak di dengar dan bentuk yang menambah tongkorongan motor makin keren sih buat ane setuju.
    Lagian klo alasan ganti knalpot racing naikin performance motor sih buat apa, di jakarta di mana bisa kebut2 an lebih dari 2 menit, ada juga gas rem sepanjangan muaccet, pake knalpot racing cuma bikin orang di belakang kita nyumpah2, 1000 orang aja yang nyumpahin bisa kualat beneran.

  13. wahh..mao tanya nih mzbro,kalo tunggangan kita masih standard,trus kita plug in knalpot free flow,apakah akan berpengaruh ke depan??seperti keawetan mesin berkurang??
    terus stlh kunyah2 artikel di atas baru teringat,mmg knalpot yg merk apa direkomendasi mzbro yudi(yg tidak mempengaruhi/mengurangi topspeed kita)???
    apakah knalpot mahal spt r9 migelo uda menjamin tidak menurun kan topspeed tunggangan kita yak??
    mohon di terawangkan jwbn ku ini…thx mzbro 😀

  14. Kok motoGP gak pake sendalpot sutandar ya??
    bahkan suaranya jg kenceng…tp menghibur je….

    Andai vixion sejak awal dibekali 22 HP tentu gak perlu lg sendalpot priplo..

  15. analisanya jitu mas terutama no.4 wah tetanggaku malah pada mau brantem gara2 panasin motornya yg pake knalpot racing semntara tetangga sebelah anaknya sakit wesss… dadi perkoro, untung ada pak RT hehe…

  16. setuju Om Yudi .

    soalnya ketika makan di warung kampung yang kebetulan pembelinya banyak .
    eh tau-tau ada motor dengan kenalpot racing dan mengganggu pada intinya .
    ada yang mendoakan biar jatuh tu orang , ada yang bilang gak sadar diri , gak kasihan ma anak kecil .
    wah pokoknya semua pada ngerundel dan mendoakan yang jelek .
    apa karena semua tersinggung makanya mereka bilang seperti itu .
    itu hanya di pengunjung warung saja .
    nah terus saya berfikir ” Waduh , kalau sewarung aja pada tersinggung dan mendoakan yang jelek . gak menutup kemungkinan sepanjang jalan yang saya lewati jika saya menggunakan knalpot racing akan terjadi hal yang sama . wah repot juga tuh .”

    pa lagi dalam agama saya di anjurkan untuk tidak menyakiti sesama atau menjaga perasaan oarang lain . .

    yach …

    demikian share nya Mas Bro Semua .
    jika tidak berkenan saya minta maaf .

    keep brotherhood .

  17. Semua point di atas betul semua,jd nilainya 100 :p,pengalaman pribadiku pk kunalput racing mesin ,klep scorpio ku jebol alias ngebul kang,pas lewat di depan org2 pada nongkrong di gang malah keluar kata2 ‘monkey’ tdnya mau marah tapi aq sadar diri emg kunalpot gw yg bersisik banget yak..,klu para biker mau pd pake kunalpot racing silahkan2 saja,tapi tergantung dri Nilai2 kesadaran diri,apakah mengganggu yg lain atau tidak?? Monggo di survey…,enak juga pk knalpot standar bawaan pabrik tarikan up malah lebih kuenceng,sekian coretan aq,wasallam…hehe..,by blekuk Krw.

  18. Saya menggunakan knalpot ‘racing’ di sepeda motor bebek saya; tipe yang menurut saya enggak terlalu berisik, cenderung nge-bass. Tujuannya agar pengguna kendaraan di depan saya (terutama sepeda motor) tahu ada kendaraan lain di dekat/belakangnya. Kaca spion mereka kebanyakan hanya syarat, sedangkan fungsinya nol. Saya seringkali terganggu dengan manuver mereka yang tidak memperhitungkan kendaraan lain.
    Karena sadar rada berisik, riding style saya malah jadi kalem gak sruntulan. Terutama kalo masuk komplek perumahan, jadi mlaku timik-timik 🙂
    Trayek harian dalam kota Surabaya-Sidoarjo jarak 10-20 km.

  19. A. Malas “berurusan” dengan Polisi. Yg satu ini memang karena blm ada kepastian u/tingkat kebisingan mas, jd blm jelas.. kadang mau pakai knalput racing d tmpat” yg rawan banyak pulisi ngetemnya jg rada kuatir jd alesan pulisi buat nilang kita… Meski alhamdulillah jg sampe skrng ane kaga pernah kena tilang karena masalah knalput 😛

    B. Bikin telinga budeg. Untuk beberapa knalpot (yg di klaim free flow/racing) bertipe suara tribe alias cempreng prepepet di jalan emang ngeganggu banget mas bisingnya ga kira”. Tapi ada beberapa knalpuut racing yg suaranya bertipe bass/Ngebass yg “kalau menurut sy sih ga cempreng & terdengar lebih enak dibanding yg bersuara cempreng…

    C. Tidak berpengaruh significan pada performa motor. Bener mas cuman nambah dikit tarikan awal mesin, tapi u/ top speed sih sama saja + harus atur” lagi karbu lg biar ga malah nembak” knalputnya.

    D.Suaranya yang keras sangat mengganggu khususnya balita dan orang yang lagi sakit. Kalau yg satu ini tergantung masing” orangnya mas. mau pakai knalpuut racing or knalpuut standar tapi kalau lewat gang sempit/banyak pemukiman warga di geber kenceng” ya tetep memekakan telinga. kalau u/ saya sendiri mau pakai knalput standar atau racing lewat pemukiman padet gas ya di sesuaikan ga d geber kenceng”.

    5.Membuat pemakain BBM jadi boros… Wah kalau saya jarang pakai pertamax mas, paling premi saja. mau knalpuut racing or standar wis sama” maning mas segitu” wae bensin yg kesedot. tergantung jarak + sering engganya qta geber gas sih kalau itu mah.

    E.Knalpot racing seperti ada aura negatipnya.. image orang yg pakai knalpot racing pasti bakal menghasilkan suara yg berisik & mengganggu.. padahal u/ type suara knalput racing mengganggu tidaknya itu bukan karena terpasang tidaknya tu knalput di motor qta, tapi bagaimana suara yg dikkeluarkan & dirasakan mengganggu atau tidaknya sama yg denger….

    F.”tonjokan” angin knalpot mengganggu pengendara dibelakangnya.. kalau untuk yg satu ini saya kurang setuju mas. selain suara, masalah angin dari knalpot semua sama saja rada ngeganggu kalau pas muka kita yg kena semprot angin dari knalput.

    Kesimpulan

    Kalau menurut saya mengganggu tidaknya knalput racing, semua tergantung para pengguna knalput racing itu sendiri. Kalau dari segi suara memang type knalput racing mengeluarkan suara yg lebih besar. Saya sendiri menggunakan kanlpot racing bertype suara ngebass awalnya bukan karena u/ meningkatkan performa atau pengen suara motor lebih ngejreng. Melainkan hanya karena pengen wujud knalpot jadi lebih enak dipandang & ga bosen kayak wujud knalpot standar yg wujudnya begitu” saja…
    Saran saya sih:
    1. kalaupun tetep mau gunakan knalput racing gunakan yg bertipe suara ngebass (sekalipun suara lebih kenceng tapi masih terdengar merdu dibanding yg bertype suara cempreng/tribe prepetpet ngegadug telinga kentara banget).
    2. Pengguna knalput racing harus banyak” tau diri. SUdah tau suara knalput racing diatas standar/rada kenceng suaranya, ya jangan di geber kenceng” apalagi kalau lewat pemukiman penduduk. Memang cape ngatur gas pelan” tapi ya itu konsekuensi kalau masih tetep pengen pake knalput racing. matikan mesin kalau memungkiinkan roda motor masih bisa di ajak gelinding digoes pake kaki biar ga berisik.
    3. Untuk type knalput racing (beberapa type produk) di klaim menghasilkan suara yg tidak berisik tapi tampilan knalpuut racing yg terasa lebih keren dibanding tampilan knalput standar.. Tapi u/ type knalpuut ini blm pernah saya coba (blm ada duit bwt belinya soale). Kalau memang pengen punya tampilan knalput racing dengan suara yg tidak berisik, type knalpot racing yg seperti itu boleh jg jd pilihan. (nama produk ga disebutkan nanti dikira promosi lagi :P)

    hanya sekedar berbagi saja, mudah” an manfaat 🙂

  20. wkwkwkwk pengalaman saya pake knalpot racing tuh kalo masuk gang ribet.. harus di matiin motornya..
    dulu pernah ke rumah temen lewat gang, eh si bebek gk di matiin malah di amuk warga huhu
    untung warganya pada baik dikit.. jadi saya gk di apa2in.. cuman di marahin m motor harus di matiin.. akhirnya “Tarik massss” huhu

  21. pakai knalpot racing tidak akan menambah tenaga yg signifikan,apabila tidak di ikuti oleh penggantian part2 lain di sepeda motor itu sendiri,contoh motorku sendiri mas bro: sehari2 aku pakai satria f th 2011 cdi sudah unlimiter,karbu sudah pe 28+filter koso,busi sudah iridium….,setelan angin sudah sangat bagus alias setelan anginnya karbu sdh pas,tarikan dr gigi 1 sampai gigi 6 akselerasi oke banget alias kenceng….,tapi…ini ada taapi nya mas bro……,padahal cdi satria ku sudah unlimiter aku pakai BRT yg dualband,type tr/tuneup racing mesin motor standart total pabrik,ketika motor posisi berhenti aku plintir itu gas naik cepat di ataas 13.000 rpm itu ketika motor berhenti,kemudian setelah motor di bawa jalan alias di pakai ngebut,rpm motorku mau melewati 12.000 rpm gitu susah sekali seperti nahan/berat gitu mau sampai ke 13.000 rpm lebih,lalu aku di saranin sama mekanik di kebon jeruk…..,knalpot harus di ganti free flow biar tenaga nya ngggak kerasa nahan di 12.000 rpm krn cdi kamu sudah unlimiter,maka lalu aku beli knalpot R9 mogello……..,kemudian stlah knalpot racing nya terpasang,aku test motorku….masuk gigi 1 gas kubejek habis….seperti hitungan hy detik saja motorku,sudah bs dan mampu dg mudahnya berteriak di atas 13.000 rpm….gigi 123456 semuanya ndak nahan lg tenaganya di rpm 12.000 krn cdi non limit,jadi inti nya…,kalau kita ganti knalpot racing dan tidak di ikuti oleh penggantian part2 lain nya,hy akan sia2 belaka…,krn bukan tenaga yg keluar dr motor itu,melainkan hanya suara nya aja yg nyaring/alias hy malu2in……,kalau masalah knalpot racing mengganggu tidaknya….,semua itu tergantung si rider itu sendiri bagaimana dlm mengatur stiap putaran grip gas nya,supaya tidak berisik,,,,,,maaf mas bro,,,,,bukan nya sok tahu….,aku hanya berbagi pengalaman

  22. kalau saya ,saya pakai knalpot nob1 ,nob1 suaranya cenderung ngebas ,malah jadi sangar n banyak cewek yang minta naik motor ane

  23. knalpot racing logikanya memang untuk race only , tp untuk harian ada yg berisik banget ….. ada yg gak terlalu berisik , apapun suaranya pastilah lbh keras dari knalpot standard pabrik …… memang bkm ada alat ukur decibel yg baku di negara kita ……yg hrs diperhatikan rider hrs tau kapan saatnya tarik gas ….kalau melewati jalan yg padat banyak rumah dan orang ya hrs pelan agar tdk mengganggu istirahat orang lain atau ada yg sedang sakit . kalau di pantura tengah malam ya silahkan di gazs asal berani .

  24. utk alasan 1, 2, 4, 5, 6 aku setuju mas bro. khusus no.1, kl utk motor sport koq udh pake racing knalpot dr pabrikannya???
    emg udh ada izin x ya???

  25. Iyalah…wong namanya jg Racing kan kalo ga salah artinya balap kan?.. ya cocok nys di sirkuit….ane naik ninja 2kepruk aja pake knalpot standar..itu jg dh lumayan kuenceng n berisik jg hehhehe….

  26. Kalo pengin aplikasikan knalpot racing di motor tp ga berisik n irit BBM caranya gampang.. !!

    ga usah nyalain mesin,dorong ajja!!
    kalo ketemu jalan turun dinaiki,dijamin suara motor halus!

  27. Poin nomor 3. Tidak berpengaruh significan pada performa motor? Waduhh.. Lumayan kerasa bos beda nya, tarikan lebih enteng(tergantung knalpotnya) dari rpm rendah ke tinggi naiknya lebih cepet
    Jadi gak berpengaruh dari mana?
    *pengalaman pribadi cbr ane bos
    Tapi poin 1, 4, 5, 6, 7.. Ane setuju

  28. kalo ane knalpot dibobok aja sengaja
    kadang kendaraan lain roda empat (mobil/truk) ato roda dua (motor) gak nyadar kalo disebelahnya/dibelakangnya ada kendaraan lain, yang kadang suka maen pindah jalur / potong jalur gak pake isyarat / lampu sein, diklakson kadang masih gak ngeh ato gak denger
    itu aja sih
    pendapat pribadi

  29. Knalpot racing (rising) cocoknya buat mesin rising. Kalo mesinnya masih std keberatan knalpot dong. Korek dulu mesinnya baru pake knalpot rising, ntar baru keliatan performanya ga ke cekek kaya knalpot std. Makanya motor balap pakenya knalpot rising semua.

  30. setuju bro ane pke knalpot racing bkin dek2an tkut di sumpahin ma orng2 coz suara’a bkin kuping budek & mless jga lw berurusan dg pak polisi. pngen di gnti lgi aj ke standar. enkan yg standar jga.

  31. wah, gan ia juga tuh. . .
    Emang bner kalo make knalpot racing Bayak Laknat nya.
    Tpi heran knpa ane suka ya gan. . . Wah, harus di kontrol ulang ne. . . Thanks ya gan.

  32. walaaahh nyindir nggonku iki ..
    wkwkwwkwkk ..
    kalau no.6 wes kapok di keplaki karo uwong 😀
    nah untuk no.7 wis tak siasati ben ora “NONJOK” muka orang ..

    jadi aman terkendali ..
    hihihihii ..

  33. Awal nya mau ubah ke Knalpot Racing Vixion R9, tapi habis baca pendapat si agan jadi batal deh terutama poin 1 nya. Thanks untuk info nya gan! sangat informatif 😀

  34. Untuk No 7, pakailah knalpot Nob1 series itu ngak nonjok muka orang blkg 😀
    atau kalo mau mahalan dikit pakailah leovince cobra, ini jg ngak nonjok muka orang.
    no liyane tah mbuh wes 😀

  35. Makanya kalo mau ganti knalpot recing kudu mesti tau diri ini kan jalanan umum bukan sirkuit sentul? terus juga mesti kudu sadar diri knalpot racing tapi mesin 150 cc doang mentok2 220 cc pake knalpot racing sadar diri pliss motor polisi yang yamaha 1000 cc aja knalpotnya standart, spek free flow tapi kubrikasi pembakarannya kyk botol susu anak gue loasnya… plz deh cuma mengganggu khayalak umum aja… setuju banget sama poin2 sang blogger

  36. KRITIK POSTINGAN DI ATAS
    1, MALAS BERURUSAN DENGAN POLISI = MENDING GAK USAH BELI MOTOR
    2, BIKIN TELINGA BUDEK= EMANG KARNA GA PUNYA HELM, MAKANYA BUDEK
    5, MEMBUAT BBM MENJADI BOROS= ITU SIH DARI PINTAR PINTARNYA LO NYETEL CARBURATOR, KALAU STELAN ANGINNYA GA STABIL

  37. Mau coba modifikasi jauh lebih murah dari harga knalpot tapi bisa nambah tenaga jauh lebih banyak dari knalpot mas?

    Silahkan coba cic, sementara ini masih taraf pengembangan. Silahkan ditiru dan diterapkan, gratis, tapi bahan beli sendiri ya.

    Cara pembuatan dan pemasangan harus benar. Kalau nggak benar maka efeknya sebaliknya, mengurangi tenaga.

    Berhasil atau gagal, mohon share.

    • Saya bukan pemakai knalpot racing, tapi kalo dnger suara knalpot racing kog tambah sneng ya mas bro, apa lagi suaranya yg bass padet, bukan yg “cemplang”, kelihat kyak motor yg punya ciri khas, motor yg mengandung seni.
      Kalo kesopanan mah trgantung orangnya, udah pake knalpot standat tp masih d’gebukin org gra” gk sopan juga bnyak.

  38. Nggak setuju kalau buat penikmat knalpot R9.
    Yang jelas knalpot R9 saya di vega zr malah nambah power walau sedikit, soal pertamax sama aja sama knapot standart. Kalau mau aman dari razia polisi knalpot R9 juga menyediakan fitur sarangan/db killer, jadi kalau polisinya adil dan sesuai di Undang Undang bahwa 150cc kebawah adalah 80desibel nggak bakal di tangkap lah.. Menurut ane pribadi di Vega Zr kalau di pasang Db killer suara halusnya melebihi standart dan tidak menimbulkan anging kencang di belakang. Salam Kanlpot R9. Terima kasih.

  39. aq request bahas masalah spion jg donk om yudi…kebanyakan pengendara cm asal pasang tp gak peduli fungsi spion,apalagi yg spion kecil banget.malah ada yg spion d lipet gak karuann

  40. Semua tergantung pengendara sendiri, knalpot racing itu kegunaannya cuma memperlancar gas buang.

    Kalo dasarnya udah slengean dijalan, mau pake knalpot racing atau standar tetep aja ugal ugalan.

    Inget bro semuanya tergantung pada si pengendara masing masing.

  41. knalpot racing memiliki bermacam tingkat kebisingan yg beda…
    knalpot standard motor 2 tag… ?
    standard tp memekakan telinga…
    gmn kalw knalpot racing dgn suara yg tidak over…
    atw semua knalpot racing akan kena razia… ?
    Dilarang merokok tp pabriknya ga ditutup
    Dilarang pake asesories kendaraan tp pabrik atw importirnya ga di urusi… ?

  42. Memang galau gan beli motor ber cc besar tapi knalpot standar
    bagus nya ikutin saja peratur pemerintah

    Javarent salah satu vendor sewa laptop & rental komputer yang akan membantu menyediakan komputer,laptop (kebutuhan di bidang IT) dalam jumlah besar dan secara profesional yang berlokasi di pusat kota jakarta . ”

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Jiah!!..artikel lawas ane masih ada aja yg copas tapi nggak disertakan sumbernya.. | yudibatang personal blog
  2. » Agar nggak budeg karena suara knalpot, pembalap motogppun memakai pelindung telinga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.