Cara mengganti oli sendiri pada sepeda motor

Halo brother biker.. πŸ˜€ kali ini saya mau berbagi tentang cara mengganti oli sendiri pada sepeda motor. kelihatannya sepele, walaupun ini termasuk ketrampilan dasar mekanik yang harus dimiliki soleh seorang biker. Namun ternyata tidak semua biker berani dan mau mengganti oli sepeda motornya sendiri, bahkan juga tidak semua blogger R2 bisa melakukannya πŸ˜€ Berikut langkah-langkahnya :

 

 


 

 

 

 

 

 

 

1. Siapkan Oli baru dan peralatan untuk mengganti oli diantaranya

-Kunci sok/kunci pas/kunci ring sesuai ukuran tutup oli bagian bawah sepeda motor anda (untuk motor batangan biasanya ukurannya 19),

-Tang untuk membuka tutup oli bagian atas,

-wadah penampung oli bekas (bisa pakai bekas kaleng biskuit, ember bekas dll)

-Kain lap/kain gombal kalau ada yang bersih πŸ˜€

-Corong untuk menuang oli.. kalau nggak ada bisa pake botol aqua bekas yang dipotong jadi dua, atau bisa juga pake plastik yang digulung mengerucut πŸ˜€

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Letakkan wadah penampung oli bekas tepat dibawah tutup oli bawah dan Posisikan anda jongkok disebelah kiri motor untuk membuka tutup oli bagian bawah. masukan kunci ketutup oli bawah dan tekan dari kanan kekiri πŸ˜€

3. Setelah tutup oli bawah terbuka dan jatuh dipenampung oli, ambil tutup olinya (jangan takut kotor :D) kemudian bersihkan dengan kain lap beserta komponen pendukungnya dan pinggiran lubang tutup oli bawahnya:D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Setelah itu, masukkan kembali tutup oli bagian bawah dengan tangan dulu, setelah masuk baru dikencangkan dengan kunci. Arah mengencangkannya dari kiri kekanan πŸ˜€

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.Setelah tutup oli bagian bawah terpasang (pastikan terpasang dengan kencang!), buka tutp oli bagian atas dengan menggunakan tang yang dilapisi kain. dan tuangkan olinya πŸ˜€ tutup kembali tutup olinya…. selesai dah.. πŸ˜€Β  Nyalakan mesin motornya…rasakan sensasi suara mesin yang baru diganti olinya πŸ˜€ …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Note : Jangan panik bila setelah anda menyalakan mesin dan tiba-tiba ada asap mengepul dari bagian bawah motor, asap itu berasal dari oli yang tercecer dipermukaan leher knalpot yang menguap karena panas πŸ˜€

Semoga berguna dan silahkan dicoba πŸ˜€

90 Comments

  1. Katanya perlu disemprot pake kompressor.
    Itu yang aku gak bisa.
    Bisa sih pake pompaa sepeda tapi rasane kurang mantep.

    Btw aku nembe njajal shell ax7…

    • Hanya sekedar memberitahukan informasi yang sesungguhnya dan sebenar-benarnya. Motor matik pakai enduro matik, motor lain-lain Enduro 4T, kalau mau tarikan ringan pakai Enduro Racing. Enduro, Mesran dan Prima XP adalah produk buatan Pertamina. Satu-satunya pembuat produk dalam negeri terbesar. Tahukah kalian saat ini hutang kita naik dari 2000 trilyun di tahun 2013 dan jadi hampir 4000 trilyun di 2014? Tidak mungkin jumlah korupsi mencapai 2000 trilyun. Korupsi di proyek sebesar Hambalang saja hanya maximal 1.5 trilyun. Artinya nilai maximal korupsi dinegara kita paling hanya 50-100 trilyun setahun untuk semua proyeknya per tahun. Lalu bagaimana bisa hutang kita meningkat 2000 trilyun dalam setahun? Jawabannya adalah karena KITA SENDIRI. Bayangkan tiap pagi kita sikat gigi pakai pepsodent buatan Amerika, pakai HandPhone Samsung buatan Korea dan mainan Laptop Lenovo dari China. Kita beli HP Samsung 8 juta padahal produsennya di Korea hanya butuh 2 juta untuk produksi. Artinya yg 6 juta kita sumbangkan ke negara lain. Dan tanpa disadari setiap hari kita melakukan ini. Rakyat kita terjajah secara perekonomiannya. Bisa-bisanya rakyat memilih oli Shell, Honda, Yamaha, dibanding oli Pertamina yang produk dalam negeri? Rakyat kita yang bodoh kurang cinta negara dan selalu membangga2kan produk asingnya (Motul, Samsung, Apple). Setiap kali import kita lebih besar dari pada export maka hutang negara kita meningkat. Tahukah kalian apa yang terjadi jika hutang kita terlalu besar dan kita tidak bisa bayar? Ya kita akan seperti Yunani ataupun Bolivia dimana negaranya bangkrut dan dijajah kembali, dirampas, uang pajak bukan untuk pembangunan tapi untuk negara lain. Tahukah kalian untuk setiap botol produk pelumas Pertamina yang kalian beli, keuntungannya langsung masuk ke kas negara? ke APBN kita untuk biaya pendidikan, perbaikan jalan, dan kesehatan? Tentu tidak tahu, karena otak kalian dicuci oleh iklan, hanya cinta Top One, Federal, dan Castrol. Jaman dulu kita perang lawan penjajah dan merdeka itu mudah, hanya ambil bambu runcing dan perang. Jaman sekarang gimana kita mau perang kalau kita dengan sukarelanya menyumbang lebih dari 50% uang kita ke negara asing. (Harga Samsung 8 juta, biaya produksi Korea hanya 2 juta, kita nyumbang Korea 6 juta (75%)). Jaman penjajahan saja kita hanya dipungut 50% dari padi yang kita tanam secara paksa, namun sekarang kita ikhlas memberi lebih dari 50% penghasilan kita ke bangsa Asing. Kenapa? Karna produk mereka lebih bagus? Siapa bilang Shell, Federal, Castrol, Top One, AHM, Yamalube lebih bagus dari Mesran, Prima XP dan Enduro???

      • Anda jgn pakai bensin pertamina juga. Krn minyak nya di olah di singapura.
        Anda jgn nonton tv juga, karena tv anda merk dan buatan luar negeri.
        Anda jgn naik mobil dan motor pribadi yg notabene buatan produsen jepang.
        Anda jgn naik angkutan umum atw bus krn mayoritas buatan jepang dan eropa.
        Anda jgn pakai lampu penerangan, krn notabene buatan jepang atw eropa.
        Sblm memberi komentar tolong di praktekan dolo cara cara diatas.
        Trims

  2. Nambahin dikit…ada baiknya manasin mesin motor selama 2-3 menit biar oli menjadi encer sehingga gampang keluar.

    Lalu selama oli mengalir dari lubang buangan, diamkan saja sekitar 10 menitan sampai oli betul2 keluar semuanya..

  3. wah, gombalnya pake honda πŸ˜€
    kalo ane biasanya dibiarin semaleman biar olinya keluar semua, trus ane jga sela motor biar keluar semua olinya….

    • Oli bekasnya ditampung diwadah oli baru yg isinya sudah dimasukan kemesin, oli bekasnya jangan dibuang, bisa berguna untuk melumasi engsel pintu, perkakas yg karatan, rante sepeda dll bisa juga untuk ngolesi kayu-kayu yang terkena rayap, atau kasihkan saja sama orang yg lagi bangun rumah πŸ˜€

    • ganti pake fulter oli punya yamaha scorpio aja bro..
      tinggal pasang karena ukuran sama, trus materialnya lebih bagus (klo aslinya vixi kan kertas.) ,lebih awet, tinggal bersihin aja tiap ganti oli.

  4. ane pernah baca klo ganti oli lebih baik jgn di semprot pke kompresor angin, dalam keadaan baut oli tap2an oli terbuka di slah/di engkol 3-4 kali, pelan aja engkolnya (kontak posisi off)
    jd sisa oli di mesin turun semua

  5. klo ane, buka diemin semalaman ..:)

    pagi baru tutup, isi baru…klo pengen ganti jenis oli, pake angine flush dulu, baru bongkar oli lamanya, takutnya addictive oli lama sama yg jenis baru berbeda..

    piss

  6. siip… barusan aku coba…
    tadi pas lupa arah muter buka tutup bawah oli, hehe… πŸ˜€

    salam sukses selalu…
    Be Best Together!
    Selamet Hariadi

  7. kok oli ax7 cpet menguap y bro d bandingkan dengan oli shell helix, pdhl 1600km(blm satu bulan y) oli nya udh d bawah garis kedua bro. sdgkan pakei oli shell helix bsa sampai 2500km oli nya msh d atas garis kedua stik pengukur oli.

  8. dpt info dr mekanik BEres yamaha ganti oli jng di semprot pake kompresor menimalisir angin kmpresor yg bcmpur air masuk cz btekanan tinggi
    lebih baik dibuka baut bawah trs di engkol pelan2

  9. misi gan ane mau nanya neh..untuk motor bebek,ukuran oli nya 0,8ml.nah kalo oli nya di isi 1 liter itu pengaruh ke mesin gak?? makasih sebelumnya

  10. mas bro , itu tutup oli vixion kan om? tutup oli vixion ane. per sama saringannya ilang om , kira2 belinya dimana ya om & brp ya kisaran harganya ? Mohon pencerahannya om πŸ™‚

  11. Bro,mohon pencerahan dong..saya punya motor metik Suzuki Nex, trus penutup oli bagian bawahnya sudah rusak (pas ganti oli, di ketuk2 sama mekanik karena slek dan ada bagian yg patah) oli juga menetes terus..bisa diganti atau cocok dgn merk lainkah?atau harus pakai merk Suzuki? Atau ada solusi lain? Mohon bantuannya..terima kasih.

      • Yg rusak itu penutup oli yg ada per sama saringannya persis di fotonya bro..di tempat aku susah dapat sparepart suzuki, yg banyak yamaha..apakh ada yg pnp,bro? Mgkn saja ukuran lubangnya sama utk smua merk motor..makasih bro..

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Media Informasi Komputer dan Berita Motor » Archive » Weekend Ini Saatnya Ganti Oli MX Sendiri Perdana
  2. Mengganti per kopling sendiri, siapa takut?? | yudibatang personal blog
  3. 1700 km, Ganti Oli | Hari-Hari si Piksien Item
  4. Hal – Hal yang di Sepelekan Saat Ganti Oli « BRIGADE 15
  5. Tips Mengganti Oli Mesin Sepeda Motor Sendiri β€Ί Berita Otomotif | Info Modifikasi Terbaru
  6. » Pengalaman riding malam hampir ndlosor gara-gara tutup oli mesinlepas!
  7. » Pengalaman riding malam hampir ndlosor gara-gara tutup oli mesin lepas!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*