Cara mengganti oli sendiri pada sepeda motor

ganti oli motor
membuka baut penitup oli

Yudibatang.com – Halo brother biker.. 😀 kali ini saya mau berbagi tentang cara mengganti oli sendiri pada sepeda motor. kelihatannya sepele, walaupun ini termasuk ketrampilan dasar mekanik yang harus dimiliki soleh seorang biker. Namun ternyata tidak semua biker berani dan mau mengganti oli sepeda motornya sendiri, bahkan juga tidak semua blogger R2 bisa melakukannya 😀 Berikut langkah-langkahnya :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Siapkan Oli baru dan peralatan untuk mengganti oli diantaranya

-Kunci sok/kunci pas/kunci ring sesuai ukuran tutup oli bagian bawah sepeda motor anda (untuk motor batangan biasanya ukurannya 19),

-Tang untuk membuka tutup oli bagian atas,

-wadah penampung oli bekas (bisa pakai bekas kaleng biskuit, ember bekas dll)

-Kain lap/kain gombal kalau ada yang bersih 😀

-Corong untuk menuang oli.. kalau nggak ada bisa pake botol aqua bekas yang dipotong jadi dua, atau bisa juga pake plastik yang digulung mengerucut 😀

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Letakkan wadah penampung oli bekas tepat dibawah tutup oli bawah dan Posisikan anda jongkok disebelah kiri motor untuk membuka tutup oli bagian bawah. masukan kunci ketutup oli bawah dan tekan dari kanan kekiri 😀

3. Setelah tutup oli bawah terbuka dan jatuh dipenampung oli, ambil tutup olinya (jangan takut kotor :D) kemudian bersihkan dengan kain lap beserta komponen pendukungnya dan pinggiran lubang tutup oli bawahnya:D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Setelah itu, masukkan kembali tutup oli bagian bawah dengan tangan dulu, setelah masuk baru dikencangkan dengan kunci. Arah mengencangkannya dari kiri kekanan 😀

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.Setelah tutup oli bagian bawah terpasang (pastikan terpasang dengan kencang!), buka tutp oli bagian atas dengan menggunakan tang yang dilapisi kain. dan tuangkan olinya 😀 tutup kembali tutup olinya…. selesai dah.. 😀  Nyalakan mesin motornya…rasakan sensasi suara mesin yang baru diganti olinya 😀 …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Note : Jangan panik bila setelah anda menyalakan mesin dan tiba-tiba ada asap mengepul dari bagian bawah motor, asap itu berasal dari oli yang tercecer dipermukaan leher knalpot yang menguap karena panas 😀

Semoga berguna dan silahkan dicoba 😀

89 Comments

  1. Katanya perlu disemprot pake kompressor.
    Itu yang aku gak bisa.
    Bisa sih pake pompaa sepeda tapi rasane kurang mantep.

    Btw aku nembe njajal shell ax7…

  2. Nambahin dikit…ada baiknya manasin mesin motor selama 2-3 menit biar oli menjadi encer sehingga gampang keluar.

    Lalu selama oli mengalir dari lubang buangan, diamkan saja sekitar 10 menitan sampai oli betul2 keluar semuanya..

  3. wah, gombalnya pake honda 😀
    kalo ane biasanya dibiarin semaleman biar olinya keluar semua, trus ane jga sela motor biar keluar semua olinya….

    • Oli bekasnya ditampung diwadah oli baru yg isinya sudah dimasukan kemesin, oli bekasnya jangan dibuang, bisa berguna untuk melumasi engsel pintu, perkakas yg karatan, rante sepeda dll bisa juga untuk ngolesi kayu-kayu yang terkena rayap, atau kasihkan saja sama orang yg lagi bangun rumah 😀

    • ganti pake fulter oli punya yamaha scorpio aja bro..
      tinggal pasang karena ukuran sama, trus materialnya lebih bagus (klo aslinya vixi kan kertas.) ,lebih awet, tinggal bersihin aja tiap ganti oli.

  4. ane pernah baca klo ganti oli lebih baik jgn di semprot pke kompresor angin, dalam keadaan baut oli tap2an oli terbuka di slah/di engkol 3-4 kali, pelan aja engkolnya (kontak posisi off)
    jd sisa oli di mesin turun semua

  5. klo ane, buka diemin semalaman ..:)

    pagi baru tutup, isi baru…klo pengen ganti jenis oli, pake angine flush dulu, baru bongkar oli lamanya, takutnya addictive oli lama sama yg jenis baru berbeda..

    piss

  6. siip… barusan aku coba…
    tadi pas lupa arah muter buka tutup bawah oli, hehe… 😀

    salam sukses selalu…
    Be Best Together!
    Selamet Hariadi

  7. kok oli ax7 cpet menguap y bro d bandingkan dengan oli shell helix, pdhl 1600km(blm satu bulan y) oli nya udh d bawah garis kedua bro. sdgkan pakei oli shell helix bsa sampai 2500km oli nya msh d atas garis kedua stik pengukur oli.

    • semakin encer (SAE 10 W 30 ) oli semakin gampang menguap, bila dipake untuk motor sport, karena oli encer cenderung gak ahan ama panasnya mesin

  8. dpt info dr mekanik BEres yamaha ganti oli jng di semprot pake kompresor menimalisir angin kmpresor yg bcmpur air masuk cz btekanan tinggi
    lebih baik dibuka baut bawah trs di engkol pelan2

  9. misi gan ane mau nanya neh..untuk motor bebek,ukuran oli nya 0,8ml.nah kalo oli nya di isi 1 liter itu pengaruh ke mesin gak?? makasih sebelumnya

  10. mas bro , itu tutup oli vixion kan om? tutup oli vixion ane. per sama saringannya ilang om , kira2 belinya dimana ya om & brp ya kisaran harganya ? Mohon pencerahannya om 🙂

  11. Bro,mohon pencerahan dong..saya punya motor metik Suzuki Nex, trus penutup oli bagian bawahnya sudah rusak (pas ganti oli, di ketuk2 sama mekanik karena slek dan ada bagian yg patah) oli juga menetes terus..bisa diganti atau cocok dgn merk lainkah?atau harus pakai merk Suzuki? Atau ada solusi lain? Mohon bantuannya..terima kasih.

      • Yg rusak itu penutup oli yg ada per sama saringannya persis di fotonya bro..di tempat aku susah dapat sparepart suzuki, yg banyak yamaha..apakh ada yg pnp,bro? Mgkn saja ukuran lubangnya sama utk smua merk motor..makasih bro..

  12. mas kalau scrup penutup tangki oli dikasih alumunium foil berbahaya nggak yah? soalnya ini motor saya kadang suka kayak ada rembesan oli gitu… jadi tak kasih alumunium voil biar rapat…

    • mungkin drat lubang pembuangan olinya sudah kendor mbah, lebih baik ditab ulang (lubang dibesarin dan dibuat drat baru) Lalu tutup oli diganti yg diameternyalebih besar

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Media Informasi Komputer dan Berita Motor » Archive » Weekend Ini Saatnya Ganti Oli MX Sendiri Perdana
  2. Mengganti per kopling sendiri, siapa takut?? | yudibatang personal blog
  3. 1700 km, Ganti Oli | Hari-Hari si Piksien Item
  4. Hal – Hal yang di Sepelekan Saat Ganti Oli « BRIGADE 15
  5. » Pengalaman riding malam hampir ndlosor gara-gara tutup oli mesinlepas!
  6. » Pengalaman riding malam hampir ndlosor gara-gara tutup oli mesin lepas!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*