jump to navigation

Selang pernapasan air radiator, jangan sampai tersumbat!! September 6, 2011

Posted by yudibatang in : Bikers, Info parts motor, pengalaman berkendara, safety riding, Tips sepeda motor , trackback

ya selang pernapasan air radiator pada sepeda motor berpendingin cairan seperti yamaha vixion, jupiter mx, Honda Cs1, Honda cbr series, kawasaki ninja series yang dibekali radiator. Sepeda motor -sepeda motor tersebut  biasanya memiliki selang pernapasan yang posisinya berada ditabung reservoir dan menjulur kebawah. Kenapa jangan sampai tersembat?? yups.. pengalaman ini saya alami waktu bulan Agustus kemarin, pada motor saya terasa ada gejala mesin cepat panas (lain dari biasanya), performa motor menurun… setelah iseng-iseng cek kondisi mesin dan check air radiator didalam radiator dan reservoir, ternyata air radiator meluber sampai keluar dan membentuk kerak putih kehijauan… sejenak saya kaget.. wah jangan-jangan preblem pada water pump lagi nih!! tetapi setelah ditelusuri… ternyata masalah ada pada selang pernapasan yang tersumbat pasir. saya sogok selang tersebut dengan menggunakan lidi agar pasir bisa keluar dari selang tersebut. kemudian motor saya tes jalan sejauh 160 km, ternyata problem mesin cepat panas hilang dan performa motor kembali normal 😀 .                                                        Secara tekhnis saya belum bisa menjelaskannya kenapa kalau selang pernapasan air radiator tersumbat bisa menyebabkan masalah mesin cepat panas, performa menurun dan air radiator meluber. Namun kalau dilihat dari efek air radiator yang meluber, sepertinya dalam proses pendinginan mesin, air radiator butuh udara untuk melakukan sirkulasi  CMIIW 😀 .dari pengalaman saya ini bisa disimpulkan, bila sepeda motor anda berpendingin cairan dan sering melintasi jalanan yang becek, sering-seringlah mengecek kondisi selang pernpasan air radiator dengan cara menyogok selang pernapasan sepeda motor anda dengan lidi :mrgreen: siapa tau ada pasir yang menyumbatnya 😀

Semoga berguna 😀

space for ads

Comments»

1. http://dolanclinick.wordpress.com - 6th September 2011

shogun sp aman gan

2. Hourex150L - 6th September 2011

mantab Mas.. Sipp..

3. Amrull El Noor - 6th September 2011

nice tips mas bro… ntr di cek dl….
oya mo tanya jg ni,, vixion saya klo pas pagi hari di panasin, trs sesekali gas nya saya geber, kok di leher knalpot sblm muffler nya keluar kyk air ya? di situ kn ada lubang kecil…
wajar ga itu?

yudibatang - 6th September 2011

coba besok pagi dipanasin lagi, tapi sebelum motor diparkir jangan dicuci dulu dan lubang knalpotnya disumpel kain dulu, sapa tau abis dikencingin ank kecil :mrgreen: kalau masih ada air keluar perlu dicek air radiatornya… kemungkinan vixion anda mengalami problem pada water pump 😀

ajrix - 6th September 2011

kayake gpapa ew mas.
v ixion ku dari baru juga gt, bahkan jupiterku juga gt.
airnya putih bening layaknya embun.

yudibatang - 6th September 2011

Kalo airnya putih gak masalah bro, yang masalah kalau airnya berwarna ijo atau kuning 😀

Amrull El Noor - 7th September 2011

aire emg bening ga berbau,, kyk air biasa… awale mlh tk kira bensin..
air di radiator tk cek jg ga berkurang byk… itu setiap hr klo pas manasin…
klo emg gpp ya wes, alhamdulillah…

putra - 20th June 2012

gmana brow klw pada saat jalan ijeksionya bunya!!! apa sic pnyebabnya???

4. 4201journey - 6th September 2011
5. nanared - 6th September 2011

bukannya itu efek pendinginan mesin bro,nmp ane yang notabene gak pake radiator tiap pagi pas dipanasin ada air netes dari pembuangan knalpot.trus pernah denger dari seorang mekanik mobil,salah 1 ciri mesin dgn pembakaran bagus,adanya uap air dari knalpot saat pemanasan pagi hari

andhi_125 - 6th September 2011

sama pakbro, meggy saia juga kalo pas diselah pagi2 muncrat air dikit dari lubang pembuangan di bagian bawah knalpot…terlepas dari bagus enggaknya ke mesin, saia cuman ngambil kesimpulan tuh air dari hasil kondensasi (bener ora??) uap air di knalpot aja..belom tau bisa jadi indikator buat mesin nggak
CMIIW

6. B M W ♣ - 6th September 2011

Maknyuss infone

7. andhi_125 - 6th September 2011

belom punya motor ber-radiator..nyimak dolo, moga2 ndang duwe :mrgreen:

yudibatang - 6th September 2011

Amin… 😀

andhi_125 - 7th September 2011

makasih amin-nya mas 🙂

8. Sepeda Motor - 6th September 2011

Infonya keren-keren mas.
Ijin menyimak meskipun motor saya gak ada radiatornya 😀

yudibatang - 6th September 2011

Thanks masbro.. 😀 Silakan disimak…

9. TDF - 6th September 2011

langsung cek si MaXimiliar :mrgreen:

10. penggemar ninja - 6th September 2011

klo selang pernafasan tersumbat, kemungkinan air radiaotornya ngak jalan, kyk nyedot air di dalam botol vacum udara, kan airnya ngak bisa naik, musti ada aliran udara, baru airnya bisa naik..cmiiw

11. gogo - 6th September 2011

rutin aj dicek ke bengkel pas service

12. anton_jbr - 6th September 2011

thx bro inponya… aq juga ngalamin masalah coolant di reservoir yang menetes keluar… sampe skrg belum ketemu masalahnya… besok pagi aq chek dulu selang itu… makasih banyak ya bro….

yudibatang - 6th September 2011

Sama-sama masbro 😀

13. zackyjunior - 7th September 2011

Mungkin memang butuh pernafasan tadi Mas Yudi .
Karena pada dasarnya air radiator itu bersirkulasi.
Nah …
Di bawah tutup radiatorkan ada lubang dan dan di tutup radiator sendiri ada seperti spring untuk menggerakkan valve yang pada tekanan tertentu akan terbuka.
makanya ada alat testernya yang di namakan radiator cup tester atau sejenisnya.
tiap pabrikan punya istilah dan spesifikasi sendiri-sendiri.
Nah jika valve tadi terbuka secara otomatis air radiator akan kembali ke top reservoir aka tempat cadangan air radiator melalui lubang di bawah tutup radiator .Jika di reservoir tidak ada pernafasan otomatis reservoir juga akan mempunyai tekanan yang mengakibatkan peristiwa yang Mas Yudi sebutkan di artikel . Beruntung tidak sampai jebol tuh Mas .
Hal tersebut hampir mirip sama pernafasan aki.
jika pernafasan bermasakah , Body AKI ( accu ) akan menggelembung sebagai salah satu efek yang di timbulkan ( untuk aki basah ) .
Demikian sharenya …
Mungkin bisa di tambahkan ….:-)

14. satriafu150 - 7th September 2011

Nais inpoh…

15. arsrev - 7th September 2011

sorry kalo oot
cekidot gan, keren

16. ipanase - 9th September 2011

untung aja ketahuan,,..

17. cole - 26th September 2011

Tanya ah…….. Bro yudi waktu air radiatornya luber, lubernya lewat mana ya, apakah lewat cup radiator atau lewar reservoir atau dari tempat yang lain??? mohon pencerahannya Bro, soalnya di cs1 ane ada gejala demikian tuh……..

yudibatang - 27th September 2011

lewat reservoir bro, kalau lewat cup radiator berarti kondisi cup sudah tidak bagus, harus diganti bro.. udah pernah saya bahas..coba dicARI2 LG BRO 😀

18. mustari - 22nd March 2012

bgaimna bro kalo air radiatornya kluar melalui knalpot.

yudibatang - 22nd March 2012

secara teknis, air radiator gak bisa keluar kenalpot bro.. gak ada jalurnya 😀

ramady - 11th July 2012

jupiter mx saya keluar air dari lobang knalpot. kalo d starter atw d engkol, maka akan ada semburan air.warna airnya coklat hitam,mirip oli.
kira2 itu kenapa ya ??
terus motornya gak mau hidup.

19. Aditya sitepu - 25th March 2012

Mas.
Qnapa y,radiator saya gk mau nyala,.
Pdhl mesin dh sangat pana.?
Mksh mas

20. Octa Mx - 14th June 2012

mas, saya suka membaca forum/rubrik/direktori “pengalaman berkendara” milik blog anda. pengalaman yg anda bukukan bisa jadi acuan buat para pembaca yg berkepentingan di lintasan pantura ini n bacaan hiburan waktu senggang. saya ingin tambahkan ttg topik yg ini. selang pernapasan tsb berfungsi sebagai
~membuang hawa panas dari kiriman radiator.
~ sebagai kontrol uap air panas, yg akan dibuang melalui selang tsb.
mekanisme perjalanan air radiator sbb:
~ketika mesin hidup, melalui pompa airnya air mengalir dari selang bawah radiator masuk ke mesin
~ketika air singgah dimesin, air tsb menjadi panas dan air panas itu dikirm ke radiator melalui selang atas untuk didinginkan. begitu seterusnya bolak balik saat mesin hidup.
radiator ditempeli switch sensor panas yg berfungsi jika menerima panas yg telah ditentukan akan kirim sinyal supaya kipas/fan berputar membantu mendinginkan air yang diradiator.
bagaimana jika air yg masuk radiator tidak sanggup didinginan oleh kipas. nah… perhatikan unit tutup radiator

21. Octa Mx - 14th June 2012

diunit tutup radiator teresebut ada semacam pegas/per. per ini fungsinya bukan pengikat ato penguat agar radiator tertutup rapat.tutup radiator yg ber pegas tsb berfungsi:
~jika air yg diradiator mengalami panas yg berlebihan, maka timbul tekanan. tekanan itu akan mendorong pegas tutup radiator keatas.
~karna pegas tutup radiator terdorong keatas, maka air akan keluar dr radiator dan mengalir mlalui selang dkat tutup radiator menuju botol cadangan /recervoir.
praktek sederhananya air panas punya tekanan ato tekanan, masukkan air dalam kaleng, tutup kaleng yg sudah ada airnya lalu panaskan/bakar. Lambat laun tutup kaleng akan terbuka. Atau, masak air di panci yg ditutup, jika sudah panas tutup panci tsb akan terbuka karena tekanan uap panas. Uap air banyak dipakai pabrik olahan. Nama mesin pembangkit uap tsb salah satunya BOILER.
Lanjut…
bagaimana air yg masuk ke botol cadangan tsb, karena air yg datang adalah air panas,lama2 menjadi penuh. Disini akan ada 2 kemungkinan, jika panas radiator berkurang maka

22. Octa Mx - 14th June 2012

air yg dibotol akan kembali ngalir masuk radiator karena kevakuman di radiator sampai pegas per tutup raditor menutup menutup rapat karena tekanan air radiator sudah kurang panas dan tidak kuat menekan per tsb. mekanisme ini bisa diliat di radiator milik roda 4 atau lebih karena bentuk radiatornya jauh lebih besar dr pd milik motor. nah ini bahayanya mas….
jika air panas yg masuk ke botol cadangan terus menerus sampai botol panas, air tersebut akan keluar / dibuang melalui selang pelepasan. disini mas menyebutnya selang pernapasan. oleh karna itu air radiator bisa berkurang. jika selang pernapasan itu tersumbat /mampat sedangkan air panas bertekanan terus masuk botol, botol akan pecah, meledak. suaranya mirip” bom/meriam. Air panas tersebut akan menyembur kermana mana. Terbayang air tersebut kena badan. Perlu diketahui, air mendidih di angka 100 selsius. Air cooler yg diraditor titik didihnya diangka 140 selsius lebih. Tergantung speknya. Smoga masi bisa terbaca ama yg punya warung. Sekian terima kasih.

yudibatang - 14th June 2012

Thnks info pengetahuannya masbro..sangat berguna sekalinih 😀

aryo - 27th June 2012

dimana letak selang pernapasannya? apakh slang dari botol cadangan ke radiator? maf blum jlas

yudibatang - 28th June 2012

selang dari botolcadangan kebawah (bebas)

23. bayuprariyadi - 28th August 2012

sejak ninja r saya ganti knalpot racing, suhunya lumayan cukup lama naiknya tapi kenapa tidak bs stabil?

24. Boeddhy Chilepeuwng Chipeuww - 16th November 2012

gan kalo vixi cpat panas knpa ya indikator otomatis nyala mohon pencerahan agan smuanya ya??????

25. Chepy Aza - 28th February 2013

gan ane ikut nimbrung ne,.. ane mao nanya, ceritanya gini kemaren ane abis bongkar bodi motor mx ane.. ane copotin semua maksudya mao ane bersihin krena dalemnya kotor banget.. pas liat selang kecil yang ada dibawah ditutup/selang pernapasan radiator ko putus.. ane kagetkan.. penyebabnya apaya.. terus berbahaya gak..?pas liat air yg didalam radiator kok gak penuh luber.. apa itu ukurannya.. mohon solusinya ya… thnks 4all

26. SAEPUDIN - 2nd May 2013

mohon informasinya!!

aplah kipas radiator berputar saat mesin d panaskan??

27. Bili Joy - 2nd September 2013

Maaf..ikut nimbrung..!!
Mohon info nya Bro…ni masalah aku alami pada motor Kawazaki ninja rr ku, akhir2 ini jika aku lagi jalan jauh tiba2 mesinya panas dan air radiatornya panas sekali terus luber keluar dari tabung air radiator yang di samping sampai tabung nya keluar uap panas…bserta air. Terus kalo abis ngisi air baru pas motornya baru di starter air yang abru di isi itu menyembur keluar setiap kali aku ngeber gas…Thx Bro atas info dan saran dar anda…salam..!!

28. codot - 29th September 2015

pusing mikirin radiator mtr ninja ane gan

29. codot - 29th September 2015

air.a keluar trz dri selang pembuangan yg dkt tto radiator itu
apa pnyebabnya ea gan??? 🙁

yudibatang - 29th September 2015

coba dilihat didalam box filter udaranya bro, kalau ada genangan air radiator berarti water pumpnya jebol dan air radiator masuk kedalam bak kopling 😀

30. Lukman - 9th January 2016

slamat malam mas bro.. sy mau nanya sy punya motor jupiter MX kalo saya panaskan setelah berapa menit kipas radiatornya blum juga terputar padahal sdh panas tapi kalo air radiatornya mendidih skali dan meluber keluar baru kipasnya terputar apa tidak masalah. tolong jelaskan apa penyebabnya

Teguh Triambodo - 30th January 2016

mau tanya om
saya baru beli cb 150 r SE sejak beli pertama beli motor saya panasin kenapa abis itu ada air keluar dari tabung radiator?
apakah itu normal apa engga om.makasih

31. rofiq - 2nd April 2016

Mau tanya kang,motor saya vixion 2012 itu klo bwt jalan cpet bgt panas,terus keluar air radiatornya dari sekitaran tabung reservoir,klo mesin dingin atau mati tapi nggak keluar,,itu masalahnya apa yaa,,,mksih

32. muzlyhan - 28th June 2016

pnya saya air radiator ny udah setahun msh penuh trs mas,+Motor buat lari 7km lmpu suhu nya udh nyala,,,,apa nya ya mas,,,,

33. dharma - 19th August 2016

Saya punya pixion tahun 2008 masalah nya air radiator nya kok keluar dri selang pernapasan itu pengaruh ngkas bro..

34. tri sutrisno - 19th September 2016

tanya mas bro,selang radiator awalnya warna item,setelah pake 25km selang radiator jd warna item kekuningan tpi lebih banyak kuningnya…motor satria injeksi 2016..itu selang dr radiator terhubung ke mesin..mohon info

35. Siti haini - 6th January 2017

Gan mau tanyak klo air radiator keluar sendiri dri selang pernapasan.
Apa penyabnya gan ane bingung udah saya cek tpi gk ada yg bocor… Mintak solusi gan?

36. ocim - 3rd May 2017

Saya juga ngalamin seprti itu air ditabung radiator mluber, apa harus ganti selang pernafasannya? Tolng beri cara caranya mas?



%d bloggers like this: