Tes Ulang Konsumsi BBM Yamaha Mio J, satu liter tembus 77,4 km!

Halo brother biker πŸ˜€ .. Pada artikel tes BBM Mio j sebelumnya, hasilnya masih kontraversi. Maka agar semua clear, saya melakukan Tes ulang konsumsin BBm Yamaha Mio J. Yups.. motor datang hari Jum’at sore tanggal 23 Maret 2012. Saat motor datang dan diturunkan dari mobil pick up, saya ambil video dan saya arahkan juga pada posisi spedometer, terlihat angka 124.5 . ini videonya πŸ˜€

Dikarenakan kondisi yang lagi repot gara-gara pembantu nggak masuk, saya mulai ngetes konsumsi BBM Mio J ini pada keesokan harinya, atau hari Sabtu tanggal 24 Maret 2012. Sekitar jam 11 siang saya riding menuju SPBU Jl.Jend Sudirman Batang, untuk memastikan isi tangki terisi penuh dan terlihat angka diSpido meter 134.1, angka ini yang saya jadikan patokan awal start πŸ˜€

*Mohon maaf yudibatang lupa meminta struk BBm pada petugas pengisi BBM

Oh..iya.. pada sesi test yang pertama dalam episode hunting pengasuh anak/pembantu dipedesaan :mrgreen: , saya memboncengkan anak saya yang berumur enam tahun dan ada satu orang sukarelawan ( yang tidak mau dipublikasikan namanya) yang bersedia menemani dengan menggunakan skutik juga untuk menyaksikan bahwa test ini dilakukan tanpa rekayasa dan apa adanya. Rute jalan yang ditempuh pada sasi tes pertama adalah dari SPBU Jl.Jendral Sudirman Batang – Wono tunggal – kedung malang- Istirahat.

Tipe jalan yang dilalui relatif mulus, naik turun, dua arah, melewati sawah-sawah dan pedesaan. Kecepatan sekitar 40-50 km/jam..sesekali 60 km/jam. Saya membuka handle gas dengan lembut, tidak pernah menghentak sama sekali meski untuk mendahului kendaraan. maklum..bawa anak kecil πŸ˜€

Sampai diJembatan kedung malang, kami beristirahat diwarung-warung dekat jembatang tersebut. Sembari bertanya-tanya kependuduk setempat tentang pengasuh anak sekalian makan, minum dan ngajak bermain si sulung πŸ˜€
Setelah dirasa cukup walau belum dapat info tentang pembantu (ada yang bilang lebih gambang nyari pacar daripada nyari pembantu :mrgreen: ). Kami melanjutkan perjalanan kembali keBatang. Saya antar sisulung pulang kerumah dulu baru kemudian dilanjutkan tes sesi kedua.


Rute yang dilalui adalah Batang- jalan pantura – SPBU.Jrakah payung – kembali kekota batang. Pada rute rumah hingga SPBU.Jrakah payung via pantura, kecepatan antara 60 -80 km/jam. kali ini saya nggak berani top speed, karena kebetulan safety gear andalan saya ditinggal dicirebon :mrgreen: jadi saya memakai safety gear ala kadarnya jaket, Helm half face, gloves dan sepatu biker πŸ˜€
Memasuki kota batang disambut sedikit kemacetan karena kendaraan padat disekitar depan pasar batang, disini saya coba bermanuver diantara mobil-mobil yang berjalan tersendat. Hhmm…Mio J ini sasisnya memang mantab. Kemudian kami kembali ke SPBU Jl.Jendral sudirman Batang untuk mengisi BBM kembali hingga penuh.

Setelah selesai isi BBM, saya pulang kerumah dan itung-itungan konsumsi BBM Yamaha Mio J seperti ini :
1. Start awal BBM full tank pada KM 134.1
2. Finish isi BBM full tank pada KM 201.5
3. Total jarak yang ditempuh 67.4 km
4. BBM yang diperlukan untuk menempuh jarak 67.4 km = 0.87 Liter
5. Jadi 0.87 liter pertamax bisa untuk menempuh jarak 67.4 KM atau 67.4 dibagi 0.87 = 77.47 km/Liter
Kesimpulan dari tes BBM MIO J dengan menggunakan pertamax untuk melewati jalan pedesaan dengan kec 40-60 km/ jam dan melewati Jalan Pantura dengan kecepatan 60-80 km/ jam adalah 1 liter : 77.47 Km!!

Semoga berguna πŸ˜€

110 Comments

  1. xixixixix….semakin irit ya..dgn ecoriding…

    klo kemarin test gledekan…..agak boros dikit…

    yg jd pertanyaan….apakah dlm menghitung jarak tsb
    1. setelah ngisi bensin full yg terakhir langsung ngitung jarak di pom tsb..?
    2. atau apakah menghitung kilometernya setelah datang dirumah ?…

  2. wooo..ternyata beda BBM nya ya mas yud,
    kemarin premium sekarang pertamax
    harusnya tes ulang pakai premium juga mas,premium itu yang bener2 atau sering dipakai oleh masyarakat mas,kan motor entry level mas
    maaf,dilarang menuduh suudzon ya,,,ntar dikira FB2 AN

  3. Yups.. Hari senin pagi, ketika kondisi memungkinkan untuk tes Yamaha MIO J. Setelah semua safety gear terpakai, start dari rumah sekitar jam 08.30 pagi. Solo riding β€œnothing to lose” keJalan raya pantura menuju arah Timur (Semarang), sekalian hunting rewang/pengasuh anak dipedesaan pertama-tama penyesuaian dulu dengan karakter motor Yamaha Mio j ini, tes handling untuk sig-sag seperti motor moto gp yang lagi warm up kemudian sig-zag menghindari lubang-lubang dijalan pantura, dan meliuk-liuk diatara truk-truk yang melewati pantura… handling mantab

    nah itu cuplikan blog mas yudi
    katanya solo riding,kok sekarang ceritanya kemaren bawa anak dan orang “misterius”
    tolong yang JUJUR ya mas yud
    thanks

    • Yups..jujur sejujur-jujurnya masbro πŸ˜€ ente bisa bayangin ..punya anak tiga kecil2 semua..pembantu nggak masuk, ya..otomatis yang paling gede harus diajak biar beban nyonya gak terlalu berat. Orang yang ngikut menemani adalah seperti pengawas, jadi orang itu bener-bener tau proses pengetesannya, gampangannya seperti saksi biar lebih afdol πŸ˜€

  4. πŸ˜› berhubung banyak tekanan sampe salah ketik :
    1 liter : 77.47 Liter!! metinya ditulis 1 liter : 77.47 KM
    atau
    67.4 dibagi 0.87 = 77.47 Liter mestinya 77,47 KM/Liter

    tapi keseluruhan mantab review-nya.
    jadi test gledekan dan blusukannya kah?
    ditunggu yang test yang terakhir

  5. Oh..iya.. pada sesi test yang pertama dalam episode hunting pengasuh anak/pembantu dipedesaan , saya memboncengkan anak saya yang berumur enam tahun dan ada satu orang sukarelawan ( yang tidak mau dipublikasikan namanya) yang bersedia menemani dengan menggunakan skutik juga untuk menyaksikan bahwa test ini dilakukan tanpa rekayasa dan apa adanya.

    hayo,pembaca jadi bingung kan mas yud..

  6. Ternyata mio j irit juga..kalo ada rejeki sy pingin pinang satu buat ganti mio sporty milik istri saya..he3, nice info mas yud

  7. kesimpulannya mana yang paling banyak mempengaruhi?
    jenis bbm ?
    riding style ?

    apakah masih ada test lanjutan? (pertamax+gledekan)

  8. Aku ngomong opo…
    MIO-J ki teknologi YMJET-FI nya itu dibuat dgn tidak mbyeh-mbyeh…
    Maksud e ki teknologinya dibuat tidak dengan jare-Jare…
    Nek nggawe ki temenan’an mboten kangge guyon…

    Ojo sembrono lho..
    Hahahahahahahahahahaha…

  9. 1 liter pertamax 77,4 km?! edannn, kao pake premium kira2 sama ga yach?! kao pertamax 9rb trus premium 4500, berarti kalo ukuran kmnya sama maka 9rb premium bisa tembus 77,4km + 77,4 km ya bro?! tp sayang premium bakal jadi 6rb… ah payah d pemerintah, padahal da seneng dengan Premium 4500, sisa 1500nya bisa dikumpulin buat beli beras… hehe

    • pengalaman mio J ane
      pertama datang pake pertamax sekitar 58an km/l-an
      Isi kedua dan selanjutnya premium : sekitar 53-55km/l
      pemakaian bandung-barat, cimahi, dan kota bandung
      jarang nyentuh 80km/j. selain macet juga takut..

  10. Tak kiro sing irit ki mung aku thok…..Jebule mio j luwih irit yo……wah ternih tenaaann……Dikamdani hora pratholo……..Piss bro Fansyam….

  11. Wah mbingungi, satu sisi mas Yudi ngejar rekor “irit”, terlihat dengan pemakaian jenis BBM yang digunakan (pertamax, test ride sblmnya pake premium) dan riding style yang cenderung “eco riding” (sblmnya gludugan), tapi juga nggendong anak dan “orang misterius” yang notabene akan mengurangi pencapaian target irit yang harus dikejar… piye iki…
    Opo jangan2 “orang misterius” ini nyambi tugas liyo (ndorong plus narik), hehe…. shg bisa irit ngene….
    Piye tho mas Yudi… ojo gelem diweden2ni wong liyo… okay.

  12. Sayang modele kurang memenuhi selera konsumen, masih bagusan meong yang lama. Di tempat saya aja msh belum ada yang ngaspal, kalah jauh dengan BEat New Strip.

  13. Baru pertama kali ngasih comment ke warung ini, senang juga ada orang “sedaerah” yang ngeblog kaya masbro…
    Teruskan semangat…

  14. Tinggal nanti iritnya tahan berapa lama.
    Aku masih pakai vega 98, habis ganti karbu setelan standar tetep irit.
    Lumayan bisa buat beli beras. hehehe
    Memang riding style berpengaruh. Katanya mio lama boros.
    Waktu pake, rasa irit juga kok. Toh Ungaran-Delanggu PP 13.000 masih sisa kok.

    • Toh Ungaran-Delanggu PP 13.000 masih sisa kok.
      ========================================
      13.000 nganggo BBM opo Mas, trus pirang km kuwe jarake..?

  15. klo pake judul tes ulang harusnya dgn kondisi yg hampir sama dgn artikel kemaren yg ribut akibat ketidak sengajaan…klo gini ceritanya ya beda judul dong…kan beda cara pengetesan n bbm nya….hampir 2x lipat lebih hemat dari artikel sebelumnya …
    btw…datanya bisa jadi acuan buat konsumsi bbm luar kota kecepatan konstan…thx yoo…

  16. itu konsumsi luar kota bebas macet yo mas ?
    di jakarta mana bisa segitu.
    mio j aku dalam kota super macet, stop n go
    dapet 1:42, boroskah?
    supra 125 ku dengan rute yg sama 1:40
    aku belum nyoba luar kota

  17. Kapasitas tangki bahan bakar mio J adalah 4,8 liter lebih besar dibanding Mio versi lama.
    1. Start awal BBM full tank pada KM 134.1
    2. Finish isi BBM full tank pada KM 201.5
    3. Total jarak yang ditempuh 67.4 km
    Full tank Mio J= 4,8 Liter
    Jadi jika dalam keadaan finish motor tersebut dalam keadaan kehabisan BBM, maka 67,4 Km di bagi dengan jumlah BBM yang dihabiskan, yaitu 4,8 liter (sesuai dengan kapasitas Mio J). sehingga didapat 1 liter = 14 Km atau 14 Km/ liter.

    Maaf, saya masih belum mengerti ne dengan hitung-hitungan mas Yudi,. πŸ™‚
    Klo versi saya sih begitu,. tolong diperbaiki klo hitungan saya yang salah,. πŸ™‚

  18. Mas Yudi… aq mo beli mio J buat anak saya.. selain irit untuk kenyamanan / keseimbangan gimana mas.. seperti oleng saat pengereman mendadak , 100 km/jam apa ada pengaruh dengan keseimbangan dah pernah di test blum mas…tanks salam kenal..

  19. ngetesnya kurang jauh ..seharusnya ditest yg jauh ampe habis 2 liter lebih. mungkin pas pengisian terakhir petugasnya kurang sabar sehingga tidak penuh maksimum. di pengetesan ini cuma habis 0.87l. penyimpangan sedikit saja dari pengisian kedua sudah bisa menghasilkan selisih yg cukup jauh.

  20. Mesin Mio J Punya ku Kok Kalo Pas Akselerasi agak Bunyi Ngorok gitu Ya..? Klo Mas Yudi Bgmna?.. Soal’a Aku Tanya Sama Mekanik Yamaha Kata’a Mio J emang Begitu. (Sory agak menyimpang Dari Topik) Thx..

  21. Mio – J punyaku belom sempat ngetes konsumsi BBMnya, karena nopol belum keluar, BBM juga masih menggunakan premium, karena rumah jauh dengan SPBU yang menyediakan Pertamax. mau beli pakai botol juga ribet bawanya dan kadang petugas SPBU menolak beli pakai botol.

  22. jadi pngen nyoba si mio j….//// tp di vega zr kemanain ya??? tp,, new vega zr jg lmyan irit sih kira2 tembus 45-47,5km/liter kondisi normal tanpa kena macet, kecuali lamer,,,
    YAMAHA DI DEPAN TERUS dah,,,,,,,,,,,,,,,

  23. hahahaha . ajib dah nih motor yah mas .

    tapi itu BBM nya emang harus pertamax kah mas yudi ?
    atau bisa juga premium ?

    thanks yah mas brrrroooo .

  24. kurang lengkap saat dateng motor mio J langsung ane isi full 4,2 liter, km waktu isi 6 km, saat km 106 penunjuk bahan bakar dah di strip bawah ane isi lagi full 4,3 liter kesimpulan ane 100/4,1 …nggak sampe 25 km/liter …….. masih boros kaleee….. apa karena ane pake premium …. nggak ngerti….

    • sy juga pake mio J, kalo sering jarak dekat dan kena macet ga bs irit…kalo mau pake bensin remium aja biar murah tp tetesin oktan booster yg udah lulus test nasional (lemigas) dan international (patro lab)….boleh diliat di fb: nogososro

    • semua matic bakal boros kalau terkena macet karena beban awal aja udah besar beda dengan bebek atau sport
      maksudnya kalau matic baru dihidupkan aja ban udah bisa langsung jalan…
      sedangkan bebek atau sport baru idupkan mesin ban gk bisa mutar sehingga kerja mesin lebih ringan…

  25. waw…mio j irit juga yah..kalau gitu q juga mau… oya..kalau mobil boros bensin ini nih obat nya Speed JOSS penghemat bensin mobil, udah banyak yang ngbuktiin irit 15% ampe 25%, berminat…? 081322087362 atau lihat di toko bagus “Speed JOSS penghemat bensin mobil”. mio j q datang

  26. jakarta-surabaya cuma 1/4 liter premium campur….irit bener(capur naik kereta api )tapi bener mio j irit 130km 2liter premium

  27. pengen tahu caranya biar motor irit? pake BBM non subsidi, karena pasti inget harganya mahal jadi narik gasnya pelan pelan…….(pengalaman pribadi)

  28. klo mio j sih boleh dong di adu ama nex. mio j udah injeksi tpi hanya mampu 1 liter = 77,4 kilo dan udah pakai pertamax lgi. Tpi klo nex kagak injeksi pakai premium mampu menempuh jarak 79,6 km setiap pemakaian 1 liter bbm dengan kecepatan yang sama dan iritnya nex sudah di akui oleh rekor muri bro

  29. ak jg punya mio j bulan 5..kyaknya kok cm 1lt-45km tidak lebih..trus buat jalan konstan kecepatan 60 kok mesin terasa kasar..mas tlg gimana bs komplain ke yamaha soalnya wktu servis 1 mekaniknya blg itu bwaan speda..masak udah pakai teknologi br kok mesin tmbh ksr pd kecepatan 60km..trus terang sy tertarik beli mio j krena baca artikel sperti ini mas..perlu mas ktahui sy hanya user/konsumen biasa mas..skali lagi tlg ya mas gmana bs komplain ke yamaha..hp sy 085233002034..trim,s

    • harusnya bisa 60an/lr premium dah dicoba pas dipakai mudik, yg jelas bukan eco riding.. coba minta setel CO ke mekaniknya mudah2 dia ngerti mas bro

  30. tlg mas ya koment sy diatas ditanggapi no hp sy diatas 085233002034 udah off..tlg sms ke 085815556675 atas bantuanya km ucapkan terima kasih

  31. yah……. awalnya udah interest baca blognya. bisa 77km per liter, eh…. ndak taunya ternyata pake PERTAMAX.
    coba mas….. kalo nggak test ulang pake premium biasa, rasanya tidak afdol. karena pertamax tidak umum dipake, kita kita tentu cari bbm murah, premium alias bensin biasa mas.

    kalo ada yg pernah test pake bbm premium biasa, boleh dong bantu posting hasilnya. trims sebelumnya

  32. maap mas mau nanya apakah oli berpengaruh pada keiritan bbm?

    kok mio j ane pake oli citgo yg katanya bagus masa konsumsi bbm ny 31 kpl doang pdahal sebelum ny pake yamalube jarak 120 km bensin cuman habis setengah . .
    trus sama mesin juga cepet panas ny πŸ™

    mohon solusi ny para master πŸ™‚

  33. saya cuma bilang mustahil untuk mio j 1 liter / 77km. saya buktikan sendiri dengan pengalaman pribadi saya test mio j langsung ambil dr gudang yamaha spedometer menunjukkan angka 0 km. saya isi satu gelas (aqua mineral) bensin untuk jalan ke pom bensin. nyampe pom saya isi pertamax plus alias bensin merah full tank bayar 50rebu pas, posisi bensin merah ke mulut tangki kiraΒ² 1-1.5cm artinya ga sampe tumpah. hari pertama test ride jalanΒ² kota + jalanan menanjak ringan tidak terlalu extreme tanjakannya maklum masih di dalem kota,hari ke 2,3,4,5,6 sampai hari ke 7 rute ringan harian saja tidak ada rute berat seperti dihari pertama.tepat satu minggu posisi panel bensin sudah berada paling bawah hampir mentok. penasaran saya buka tutup tangki bensin untuk melihat sisa bensin merah masih ada kiraΒ² mungkin setengah liter dan posisi spedometer berada di angka 220km, hari ini saya akan melanjutkan sampai bensin benerΒ² habis sampe saya benerΒ² nuntun cari bensin eceran rencananya ..haha. jadi saat ini kesimpulannya adalah > 220km / 4.8 = 46km per liter. masih ada sisa dikit nanti saya update lagi berapa pastinya dari full tank ke 0 habis berapa total jarak tempuhnya mio j. pertanyaan saya koq sampe bedanya signifikan sama punya masnya bisa sampe 77km WOW.., mana yang benar secara claim dari yamaha sendiri 1liternya tembus 47km, test yang saya lakukan juga hampir mendekati claim yamaha di 46km/liter. kondisi motor yang saya pakai dalam kondisi baru gress turun dr gudang, bukan dealer start spedometer di 0km. sekian masukan dari saya. thanks bagi yg sudah membaca postingan saya. salam biker πŸ™‚

    bagus-kediri

  34. kalo jarak tempuh bisa gas stabil mungki iya, tp kalo sering pemakaian jarak sangat dekat, misal ke indomaret cuma 50 mtr, ke sekolah TK, SD, warung……pengalaman sy, cuma 25~30km per liter, apalagi di jkt, kena macet terus……ga bs 77,47 km per liter…..tp msh ada solusinya mas bro….biar irit ……liat di fb sy…

  35. Mio j 2013 Pake oli yamalube power matic 10w40, bensin pertamax 92, busi cr7hgp. Tarikan gesit, Bbm irit dan efisien. Patut dicoba.
    Intinya motor apapun jenisnya, oli encer minimal 10w40, bensin oktan tinggi minimal 92, busi yang apinya besar minimal jenis platinum.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Komparasi Tes Konsumsi BBM Yamaha Mio J : Yudi Batang 77,4 km/liter vs Mbah Wir 45km/liter « Bonsai Biker
  2. Penghemat Bbm Satria | X Power Ionizer Post
  3. Test Konsumsi Bbm Satria | X Power Ionizer Post
  4. adu irit konsumsi bbm accord | Android Apps

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*