Solusi instant mengatasi radiator yang bocor alus

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Yang namanya motuba alias mobil tua bangka tak lepas dari “penyakit” salah satunya penyakit radiator yang bocor. Solusi utamanya ya radiator ditambal/dilas ditukang radiator. Namun untuk keadaan terdesak atau kepepet, radiator bisa ditambal dengan cara instant. Okay,..yudibatang mau berbagi tips tentang bagaimana mengatasi radiator yang bocor alus berdasarkan pengalaman pribadi.


Dua minggu yang lalu motuba yang saya beli mengalami masalah, temperatur mesin cepat panas.. baru dipake jalan lima kilometer indikator suhu sudah naik ketengah. Setelah dicheck, ternyata radiatornya bocor alus. maksudnya bila radiator diraba tidak terlihat lubang atau retakan tetapi bila mesin dinyalakan baru kelihatan air raditor merembes keluar.
Pertama saya coba tanyakan solusinya ke rekan-rekan penggemar motuba. Beberapa rekan menyarankan untuk darurat bisa ditambal dengan pisang yang dioleskan kebagian yang bocor atau putih telor yang dimasukkan bersama air radiator dan solusi lain ditambal dengan “sticker” penambal panci, saran keempat dibawa ketukang radiator. saran pertama dan kedua tidak saya coba karena sepertinya aneh. saran ketiga saya praktekkan, namun tetep bocor. saran keempat belum dicoba.

nah…ketika ngobrol-ngobrol dengan pedagang toko material, beliau menyarankan dikasih lem alteco saja. Setelah dicoba dengan diberi lem alteco, ternyata radiator benar-benar rapat bebas dari bocor…dites jalan menempuh jarak 60 km, tempertur mesin hanya naik sedikit (sekitar 1/5) dan performa mesinpun tetap terjaga. Silahkan dicoba…harga lem alteco hanya empat rebuan 😀

26 Komentar

  1. bs lebih kuat om yud..
    tambahkan pelat dr wadah alteco tsb, potong kecil saja dan di amplas dahuku di bagian radiator dan plat, kemudian di lem pake alteco.
    Sdh saya terapkan ditangki bocor.
    Maknyooos..

  2. maaf om yud, naik stengah itu normal. biasanya suhu ideal mobil itu ya 1/2 dari amper panas nya.
    setelah radiator gak bocor cuma naik 1/5 itu gak normal.
    thermostart nya dicabut x yah?
    harus nya ya saat radiator gak bocor pun amper panas ttp nunjuk 1/2 (suhu optimal mesin)

  3. mending pake plastic steel yg dicampur hardener, kuat, atau pake autosealer yg 5-6ribuan, saya buat ngelem paking knalpot (setelah ganti knalpot) ternyata kuat dan tahan panas.
    a;teco kalo cuma radiator mungkin kuat, tapi kalo bagian yg lebih panas seperti daerah mesin bisa meleleh lagi, saya pernah begitu

  4. Tapi hati hati mas, masalahnya jika sudah ada yang bocor ( terutama header atas yang lebih panas dari pada header bawah), berarti plat headernya sudah tipis ( bisa merata atau sebagian dalam saja) bisa menyebabkan bocornya pindah tempat. Ini karena air radiatornya kurang bagus ( sifat air: semakin panas semakin asam/ph menurun, atau ada disolved yang terlarut dalam air).
    Pengalaman pake motuba mending belikan radiator yang baru saja (belikan merk ADR untuk mobil X lebih murah dengan kualitas sama), lebih prefer jadi gak dipusingkan dengan temperatur engine yang naik.
    Saran saya air radiator pakailah air ades ( air suling) ditambah ph bufer dibuat ph 8 s/d 8.5 dan magnesium bikromat atau magnesium tricromat untuk mengikat endapan disolved dan akan terkumpul di resevoirnya radiator

  5. pakai alteco memang bisa menambal radiator tapi sifatnya darurat yah, jangan jadi permanent, soalnya alteco tidak tahan panas, setelah beberapa bulan lemnya akan copot sendiri, saya sudah pernah coba, semua tambalan alteconya copot padahalah sudah diperkuat dengan fiber.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.