punya motuba berumur diatas 20 tahun, perlu papas silinder kop

papas silinder kop

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 …Yups..bagi anda yang tertarik ingin memebeli motuba atau bahkan sudah memiliki motuba, khusus motuba yang berumur diatas 20 tahun perlu papas silinder kop pada mesin motuba anda. Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu. Motuba yang saya beli Daihatsu Charade G11 tahun 1986, sudah berumur lebih dari 26 tahun.

Walau mesin kelihatannya masih Ok, dites speed dijalan tol Kanci-Cirebon masih bisa dapat 130 km/jam, tapi rasanya ada yang kurang. air radiator sering berkurang, kalau AC dinyalakan temperature naik, Oli ada yang rembes dll. menurut saran seorang mekanik bengkel mobil, silinder kop perlu dibongkar dan ditambal lalu papas silinder kop . karena ada indikasi kebocoran disilinder kop (antara water jaket dan ruang bakar). Akhirnya sayapun mengikuti saran simekanik, motuba dikandangin dibengkel depan rumah. Dibongkar head dan silinder kopnya, ternyata benar…bentuk penampang silinder kop sudah berantakan, banyak kebocoran disana sini.

ada bengkel kusus papas silinder kop

Kemudian silinder kop saya bawa kebengkel papas silinder kop didaerah batang untuk ditambal dan dipapas ulang. Oh..iya waktu pengerjaan sekitar dua hari dengan biaya menambal dan papas silinder kop dibengkel tersebut 300 ribuan (th 2012). Perlu diketahui untuk menambal dan memapas silinder kop mobil lebih baik jangan dibengkel besar yang menggunakan sistim dibakar. karena disamping harganya lebih mahal, juga bentuk silinder kop banyak yang berubah karena pemanasan yang terlalu tinggi.

Setelah selesai papas silinder kop , kemudian dibersihkan dengan bensin lalu direndam dengan air yg dicampur detergen bubuk dalam ember (seperti ngekum/merendam baju kotor). waktu merendamnya kurang lebih dua jam. Kemudian silinder kop diangkat dan digosok dengan sikat gigi bekas. Setelah kering kalau performanya pengin lebih mantab sekalian diporting dan polish. Tapi harus nambah biaya lagi.

Tapi kalau pengin biasa saja ya disikat dan diampelas lubang ex dan lubang in nya. agar jalur udara dan pembuangan lebih lantjar djaja. Proses mengamplas tidak sekali jadi, tapi diamplas berhenti lalu dicheck dulu sambil disawang-sawang sambil minum kopi dan ngudud. Kalau dirasa masih kurang bersih dan kurang halus, lakukan pengamplasan ulang.

( Baca :Tes speed daihatsu Charade th 86 130 km/jam )

Setelah dirasa cukup kintjlong, bawa kembali kebengkel dan dipasang kembali. Setelah selesai dipasang, mobil perlu direyen dulu. dibawa muter-muter dulu dengan kecepatan wajar..yah sekitar 40-60 km/jam. waktu reyen kurang klebih seminggulah. setelah itu baru digeber…sidetomaso speednya sekarang bisa tembus 145 km/jam dijalan tol kanci-Cirebon, AC dinyalakan juga sudah nggak over heat, temperatur normal dan air radiator sudah tidak berkurang.

Semoga berguna 😀

Info bengkel :
– Bengkel silinder kop dijalan raya Batang-semarang sebrang SD Tegal sari 1
– bengkel mobil, Bolo rodo (Mekanik MasAntok) dijalan gajah mada Batang

70 Komentar

  1. om yud ane mau tanya dunk, ane mau juga nih motuba hatchback yg dibawah 50jt tp masih joss, sasaran ane sih antara ford laser vs toyota starlet vs mazda vantrend, kalo mpv juga boleh sih antara katana vs feroza. menurut om yud mendingan ane ngambil yg mana tuh?

  2. om yud

    kok setelah dipapas, bentuk kubah silindernya jadi beda ya?
    emang berapa mm dipapasnya?
    atau karna sudut pandang fotonya ajj nih?
    😀

    btw mantab ngebengkelnya

  3. woh 145 kpj.. 😯
    sementara topspeed neng esti baru 110 kpj pun udah goyang-goyang medeni..padahal baru di gear 3..sekarang baru masuk dokter.. 😐
    konsumsi bbm e piye kang yud?

  4. manteb mas, telaten bener hehehe…

    kebetulan baru ngangkat motuba, *kayakkutaajangangkatmobil

    ya begitulah, namanya mobil bekas, ada aja masalahnya kekekekeke…:D

  5. Kan Yudi, itu blok silinder yg ditambal, jalur water jacket nya dicor ulang ya ? trus cuma dikasih saluran2 kecil dgn dibor ? berarti teoritis kemampuan pendinginannya berkurang ya ? tp krn sekarang mesin bener2 sehat, performa ttp meningkat jauh, mangstabb.

    Mesin yg digunakan di Charade ini sama basisnya dgn yg digunakan di Zebra 1000, MUNGKIN juga sama dgn yg digunakan di Xenia Li 1.0, ke depannya bisa riset bwt engine swap tuh kang, jadi injeksi motuba nya, hehehe.

    • iya masbro, cuman dikasih lubang. mungkin tujuannya biar nggak cepat “grupil” lagi 😀 yup ..bener mesin Charade = mesin Hijet 1000. kalau xenia kayaknya sudah DOHC 12 klep bro, jadinya lain dg charade yg masih sohc 6 klep.

  6. kalau ga salah blok mesinnya masih besi cor ya? mirip f10 carry, yang kalah cuma headnya saja. kalau mesin honda pasti bloknya sudah hancur karena honda jaman segitu sudah aluminium blok

  7. halo om yudi apa kabar? masih pake motuba?
    kenalkan, saya alamsyah dari bengkulu. mau tanya2 dikit nih.
    saya baru beli motuba daihatsu charade turbo g11 1986 (turbonya udah gak ada) dengan harga 22jt. nah mesinnya panas terus, kemudian saya bawa ke bengkel. katanya kompresinya bocor. lalu silinder kopnya di ratain lagi ke tukang bubut kena 350rb. ane peratiin perpaknya kayaknya punya hijet 1000. jadi agak beda mas. ada bagian lubang air yg seharusnya memanjang tapi cuma lubang kecil aja. nah apakah itu berpengaruh terhadap panas mesinnya?
    karena setelah di pasang lagi mesinnya masih panas juga (kadang panas kadang normal).
    kalau pompa air yg rusak tanda2nya apa ya mas? kan pompanya di putar oleh mesin jadi otomatis mutar terus gak macet.
    tolong pencerahannya mas. di bengkulu agak susah cari sparepart motuba ini kalau ada rekomendasi yg jual di jawa boleh juga di kasih info ke saya mas. saya juga baru pesan sock depan + per kena harga 1,4jt.
    terima kasih.

  8. Bengkel silinderkop seberang SDN TEGALSARI ~Batang ya Om?… Klo gak salah nama Bengkelnya BAHARI TEHNIK, / pak saeful bahri? .. Oke deh salam kenal , ni ponakannya :v

      • iya betul itu… cuma ada plang silinderkop , hahahaaa .. emang si om klo saya saranin gak pernah didenger.., maksudnya saya suruh ganti papan nama yg lebih jelas gitu.., kemaren aku baru dari sana mas, .. sekarang depannya ada mie ayam comal … hahaa

  9. review Fuel consumptionnya kang yudi.
    taulah mesin hijet 1000 saja yg dicangkokin kemobil van FC nya irit banget & jago nanjak. gak tau tuh dengan nih charade.

  10. Om saya lagi bongkar silinder head sendiri nih. Mau nanya masang gasket silinder headnya make sealer gak? Soalnya sd dua kali bongkar silinder head tapi bocor terus. Padahal silinder headnya sd dipapas dan di slip.

    • @hadipalembang, pasang gasket silinder harus dikasih sealer mas, biasanya warnanya merah. kalau nggak dikasih rawan rembes/bocor lagi

  11. mas yudi, boleh dong info bengkel buat benerin silinder head nya mungkin nomor hape?? atau nama tempatnya?? saya dari pekalongan, atau mungkin juga facebooknyaa…. rencana mau bongkar silinder head juga nih buat mobil tuwa saya… hehehe
    salam kena ya mas yudi
    makasih sebelumnyaa.. sehat selalu

1 Trackback / Pingback

  1. Derita pengendara motuba tak berAC saat terjebak kemacetan disiang hari yang sangat panas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.