jump to navigation

punya motuba berumur diatas 20 tahun, perlu upgrade silinder kop January 24, 2013

Posted by yudibatang in : Modifikasi performa, Motuba/mobil bekas, pengalaman berkendara , trackback

Halo brother biker 😀 …artikel selingan sambil nunggu artikel horor nanti malem . Yups..bagi anda yang tertarik ingin memebeli motuba atau bahkan sudah memiliki motuba, khusus motuba yang berumur diatas 20 tahun perlu mengupgrade silinder kop pada mesin motuba anda. Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu. Motuba yang saya beli Daihatsu Charade G11 tahun 1986, sudah berumur lebih dari 26 tahun.
detomaso

Walau mesin kelihatannya masih Ok, dites speed dijalan tol Kanci-Cirebon masih bisa dapat 130 km/jam, tapi rasanya ada yang kurang. air radiator sering berkurang, kalau AC dinyalakan temperature naik, Oli ada yang rembes dll. menurut saran seorang mekanik bengkel mobil, silinder kop perlu dibongkar dan ditambal karena ada indikasi kebocoran disilinder kop (antara water jaket dan ruang bakar). Akhirnya sayapun mengikuti saran simekanik, motuba dikandangin dibengkel depan rumah. Dibongkar head dan silinder kopnya, ternyata benar…bentuk penampang silinder kop sudah berantakan, banyak kebocoran disana sini.
silinder kop daihatsu charade g11 waktu baru dibungkar

Kemudian silinder kop saya bawa kebengkel silinderkop didaerah batang untuk ditambal dan dipapas ulang. Oh..iya waktu pengerjaan sekitar dua hari dengan biaya menambal dan memapas silinder kop dibengkel tersebut 300 ribuan. Perlu diketahui untuk menambal dan memapas silinder kop mobil lebih baik jangan dibengkel besar yang menggunakan sistim dibakar. karena disamping harganya lebih mahal, juga bentuk silinder kop banyak yang berubah karena pemanasan yang terlalu tinggi.
DSCN8862
gosok mesin

Setelah selesai ditambal, silinder kop dibersihkan dengan bensin lalu direndam dengan air yg dicampur detergen bubuk dalam ember (seperti ngekum/merendam baju kotor), kurang lebih dua jam. Kemudian silinder kop diangkat dan digosok dengan sikat gigi bekas. Setelah kering kalau performanya pengin lebih mantab sekalian diporting dan polish. Tapi harus nambah biaya lagi.
silinder kop daihatsu charade g11 setelah ditambal dan dipapas

Tapi kalau pengin biasa saja ya disikat dan diampelas lubang ex dan lubang in nya, agar jalur udara dan pembuangn lebih lantjar djaja 😀 Proses mengamplas tidak sekali jadi, tapi diamplas berhenti lalu dicheck dulu sambil disawang-sawang sambil minum kopi dan ngudud :mrgreen: Kalau dirasa masih kurang bersih dan kurang halus, lakukan pengamplasan ulang.
nyawang mesin

Setelah dirasa cukup kintjlong, bawa kembali kebengkel dan dipasang kembali. Setelah selesai dipasang, mobil perlu direyen dulu. dibawa muter-muter dulu dengan kecepatan wajar..yah sekitar 40-60 km/jam kurang klebih seminggulah. setelah itu baru digeber…sidetomaso speednya sekarang bisa tembus 145 km/jam dijalan tol kanci-Cirebon, AC dinyalakan juga sudah nggak over heat, temperatur normal dan air radiator sudah tidak berkurang.
silinderkop charade G11

Semoga berguna 😀

Info bengkel :
– Bengkel silinder kop dijalan raya Batang-semarang sebrang SD Tegal sari 1
– bengkel mobil, Bolo rodo (Mekanik MasAntok) dijalan gajah mada Batang

Comments»

1. ipanase - 24th January 2013

mantabh tenan lek, ilmune sing ojo ning bengkel gede kui sing jossssss, men tlaten ngono pie lek?

yudibatang - 24th January 2013

bengkel bubut gede maksute

ipanase - 24th January 2013

neg bengkel cilik kui nganggo opo nggarape lek

2. blogmotoroda - 24th January 2013
3. H 4444 N - 24th January 2013

Wah si gledekan ganti niye….

yudibatang - 24th January 2013

sigledekan aka sikibaliyut masih ada sob, gonta ganti makenya 😀

4. trishinu - 24th January 2013
yudibatang - 24th January 2013

ane masih newbie sob 😀

5. johan adi - 24th January 2013

jozzzzzz gandozzzzzz…….

6. rsaputro - 24th January 2013

wahh.. om yudibatang ahlinya DIY ni… jhan top tenan OM 😀

yudibatang - 24th January 2013

yang bongkar mesin tetep bengkel bro :mrgreen:

7. Muhammad Aulia - 24th January 2013

om yud ane mau tanya dunk, ane mau juga nih motuba hatchback yg dibawah 50jt tp masih joss, sasaran ane sih antara ford laser vs toyota starlet vs mazda vantrend, kalo mpv juga boleh sih antara katana vs feroza. menurut om yud mendingan ane ngambil yg mana tuh?

Khabib Jetfire - Tonnie - 24th January 2013

vote vantrend.. Paling2 max 35jt truz sisanya buat laen2.. Jal tanya Juragan Warung DOHC, http://azizyhoree.wp.com

Muhammad Aulia - 24th January 2013

tp bentuknya itu kagak demen ane :mrgreen:

Maskur - 24th January 2013

Nouva saja…..

Muhammad Aulia - 24th January 2013

cuma two doors :(

Maskur - 24th January 2013

3 kok

Muhammad Aulia - 24th January 2013

ente punya nouva bro?

Maskur - 24th January 2013

pengin tok

Muhammad Aulia - 24th January 2013

kelebihannya nouva apa ya? harganya brp tuh?

Maskur - 24th January 2013

mobil second most wanted

Muhammad Aulia - 24th January 2013

emang ya?

joko - 24th January 2013

vote starlet ah, kayanya itu mobil harganya stabil deh, partnya mungkin banyak, maklum merk besar toyota

yudibatang - 24th January 2013

@Muhammad Aulia, budget dibawah 50 juta vote Starlet kapsul sob 😀

Muhammad Aulia - 24th January 2013

kalo masalah sparepart gimana ya?

Rony - 24th January 2013

@mas aulia
parts starlet bejibun om….
kalo honda nova kelebihannya yah lebih modis dibanding hatchback seumuran…tapi harga pasaran lebih mahal…n kurang bandel…mobil manja….

dowey - 24th January 2013

mazda capella hb 1988-1992, mantap, sekelas dengan mobil mewah, murah tapi gak murahan… udah injeksi, 2000cc, tarikan kenceng plus irit… fiturnya komplit…pada zamannya ini saingan sama maestro…

Muhammad Aulia - 24th January 2013

itu kagak hatchback ya?

indra - 31st January 2013

Civic Wonder sport. 3 Pintu irit plus kencang

Muhammad Aulia - 31st January 2013

kagak bisa rame rame :(

8. deny - 24th January 2013

om yud

kok setelah dipapas, bentuk kubah silindernya jadi beda ya?
emang berapa mm dipapasnya?
atau karna sudut pandang fotonya ajj nih?
😀

btw mantab ngebengkelnya

blade_us - 24th January 2013

naahh…
aku yo arep takok kui :mrgreen:

yudibatang - 24th January 2013

ya bener bentuk kubahnya rubah dikit, kompresinya jadi lebih tinggi dan performannya jozz.. 😀

9. agung - 24th January 2013

Koyo Mesin anyar warnaa ne joss… videone top speed ndi kang? hahaha ditunggu

yudibatang - 24th January 2013

video top speednya belum sob, nunggu ganti ban belakang dulu :mrgreen:

agung - 24th January 2013

sep sep kang..

10. Rony - 24th January 2013

total habis berapa mas yudi?

yudibatang - 24th January 2013

total biaya sekitar 700ribuan

Rony - 24th January 2013

wah,murah…tapi performa makin josshhhh….motuba punyaku lebih serig ngandang…males nyuci2…hehehehe

11. Maskur - 24th January 2013

sip…
artikel yang berguna dan menginspirasi..
😀

yudibatang - 24th January 2013

thanks kang 😀

12. Amama Ali - 24th January 2013

Horra onok pideo ne
#pitnah kie? 😛

yudibatang - 24th January 2013

sik tah..ngenteni sisan genep 150 kpj :mrgreen:

13. mulyanto - 24th January 2013

naik kelas, saiki ngoprek R4 :)

yudibatang - 24th January 2013

he..he.. 😀

14. Trisna Ariwibawa - 24th January 2013

wew jadi bening…
http://trexton.wordpress.com

15. lekdjie - 24th January 2013

Dadi kinclong gan

16. apaajaboleh - 24th January 2013

edyaan mas mobil umur segitu tembus 145..:D

17. bejo - 24th January 2013

dadi apik eram kang

18. joko - 24th January 2013

apa gak gemeteran tuh naik mobil tua 145 kpj 😀
NVL vs CB yg lagi balapan disalip detomaso dengan santainya, sohc 3 silinder wkwkwk 😀

19. Diposedicigp8 - 24th January 2013

pingin wonder po nova :mrgreen:

20. axo92 - 24th January 2013

wih mantep mas…
nggak bore up sekalian mas? :mrgreen:

21. marga - 24th January 2013

biar gak lemot dan tarikan enteng

22. Iwata - 24th January 2013

Lek… 145 Km/H kui banter lo…

23. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 25th January 2013

145kpj… wow banget…
eniwei mas yudi… gak ada minat nempelin 3 silinder nya ke piksen?

24. gasspoll83 - 25th January 2013

baru beli motuba timor tahun 97 kalo ac dinyalain kopling sedikit ngebagel feeling terasa berbeda apa hubungannya ya?

25. ZERO-3 - 26th January 2013

cangkir kui oli po kopi om yud? wkwkwkwkwkwk…

26. cabe ijo - 26th January 2013

wow 145km/jam beda tipis dg xenia 1.3 ane 150km/jam

27. kasamago - 30th January 2013

wuiih mantab neh.. mobil umur 20thn emng wajib turun mesin dikit yah..
siip infonya, dari buluk ke kinclong.. nice..
pengin joss lg swap engine pake mesin 3S-GE/TE..

28. Vincent - 2nd February 2013

jadi kayak baru lagi cylinder headnya :mrgreen:

29. nbsusanto - 3rd February 2013

woh 145 kpj.. 😯
sementara topspeed neng esti baru 110 kpj pun udah goyang-goyang medeni..padahal baru di gear 3..sekarang baru masuk dokter.. 😐
konsumsi bbm e piye kang yud?

30. skalorman - 5th February 2013

manteb mas, telaten bener hehehe…

kebetulan baru ngangkat motuba, *kayakkutaajangangkatmobil

ya begitulah, namanya mobil bekas, ada aja masalahnya kekekekeke…:D

31. gudel - 5th February 2013

homosek, HObi MObil SEKen

32. kudalumping - 12th February 2013

wahh.. pantherku barang nowo perlu dikonokke…
-.-“

33. gunawanspurs - 12th March 2013

Kan Yudi, itu blok silinder yg ditambal, jalur water jacket nya dicor ulang ya ? trus cuma dikasih saluran2 kecil dgn dibor ? berarti teoritis kemampuan pendinginannya berkurang ya ? tp krn sekarang mesin bener2 sehat, performa ttp meningkat jauh, mangstabb.

Mesin yg digunakan di Charade ini sama basisnya dgn yg digunakan di Zebra 1000, MUNGKIN juga sama dgn yg digunakan di Xenia Li 1.0, ke depannya bisa riset bwt engine swap tuh kang, jadi injeksi motuba nya, hehehe.

yudibatang - 29th March 2013

iya masbro, cuman dikasih lubang. mungkin tujuannya biar nggak cepat “grupil” lagi 😀 yup ..bener mesin Charade = mesin Hijet 1000. kalau xenia kayaknya sudah DOHC 12 klep bro, jadinya lain dg charade yg masih sohc 6 klep.

34. arif - 29th July 2013

wah keren jadi keliatan masih baru 😮

35. joko - 20th October 2013

kalau ga salah blok mesinnya masih besi cor ya? mirip f10 carry, yang kalah cuma headnya saja. kalau mesin honda pasti bloknya sudah hancur karena honda jaman segitu sudah aluminium blok

36. alamunib - 22nd November 2013

halo om yudi apa kabar? masih pake motuba?
kenalkan, saya alamsyah dari bengkulu. mau tanya2 dikit nih.
saya baru beli motuba daihatsu charade turbo g11 1986 (turbonya udah gak ada) dengan harga 22jt. nah mesinnya panas terus, kemudian saya bawa ke bengkel. katanya kompresinya bocor. lalu silinder kopnya di ratain lagi ke tukang bubut kena 350rb. ane peratiin perpaknya kayaknya punya hijet 1000. jadi agak beda mas. ada bagian lubang air yg seharusnya memanjang tapi cuma lubang kecil aja. nah apakah itu berpengaruh terhadap panas mesinnya?
karena setelah di pasang lagi mesinnya masih panas juga (kadang panas kadang normal).
kalau pompa air yg rusak tanda2nya apa ya mas? kan pompanya di putar oleh mesin jadi otomatis mutar terus gak macet.
tolong pencerahannya mas. di bengkulu agak susah cari sparepart motuba ini kalau ada rekomendasi yg jual di jawa boleh juga di kasih info ke saya mas. saya juga baru pesan sock depan + per kena harga 1,4jt.
terima kasih.

yudibatang - 22nd November 2013

Halo Bro alamunib. coba gabung digrup charade G10 dilink ini https://www.facebook.com/groups/Charade.G10.Indonesia/ atau charade bekasi dilink ini https://www.facebook.com/groups/DaihatsuCharadeBekasi/ 😀

37. bang agus - 14th February 2014

Bengkel silinderkop seberang SDN TEGALSARI ~Batang ya Om?… Klo gak salah nama Bengkelnya BAHARI TEHNIK, / pak saeful bahri? .. Oke deh salam kenal , ni ponakannya :v

yudibatang - 14th February 2014

Nama bengkelnya lupa masbro, cuman ada plang Silinderkop. Salam kenal juga 😀

bang agus - 20th February 2014

iya betul itu… cuma ada plang silinderkop , hahahaaa .. emang si om klo saya saranin gak pernah didenger.., maksudnya saya suruh ganti papan nama yg lebih jelas gitu.., kemaren aku baru dari sana mas, .. sekarang depannya ada mie ayam comal … hahaa

38. Slow_down - 13th April 2014

review Fuel consumptionnya kang yudi.
taulah mesin hijet 1000 saja yg dicangkokin kemobil van FC nya irit banget & jago nanjak. gak tau tuh dengan nih charade.



?php do_action('wp_footer');