Mengajak ngobrol orang yang kendaraannya mogok, bisa mengurangi beban orang tersebut

mogok

Yudibatang.com – Halo brother biker πŸ˜€ … Motuba mogok alias mengalami masalah tehnis dan mesin tidak bisa hidup. sebelumnya saya pernah mengalami kendaraan mogok tapi bukan motuba melainkan motor dan pernah saya tulis diartikel .

( Baca :Pengalaman naik motorΒ mogok malam hari di jalan pantura Losari- brebesΒ )

Lalu Saya mengalaminya lagi ditahun 2013 sekitar bulan maret waktu sedang dalam perjalanan dari jepara menuju ke Batang dengan sidetomaso. Start dari Jepara jam 6 pagi, sampai ditanjakan alas roban sekitar jam 9 pagi, tiba-tiba temperatur suhu naik hingga diatas setengah…waduh!! gawat nih..jangan mogok!..jangan mogok!.. soalnya kondisi lagi nanjak nih… berkata saya dalam hati.

Charade yudibatang dialas roban

Pas selesai melewati tanjakan, mesin mobil berhenti sendiri… Hadeehh.. pinggirin mobil ditepi jalan. Langsung buka kap depan dan setelah dicheck ternyata kipas radiator tidak berputar alias mati. saya tetap tenang..untung mogoknya siang. saya istirahat dulu di”lincak” aka balai-balai pedagang kelapa muda yang nggak dipakai lalu selonjoran, minum-minum dan klepas-klepus dulu.

Tidak berapa lama ada pengendara sepeda motor menghampiri saya sambil menyapa dan menanyakan problem mobil saya. bapak – bapak ini habis pulang dari ngarit alias mencari rumput untuk ternaknya. Namanya kalau nggak salah pak harun. Akhirnya sambil menunggu mesin adem, kami ngobrol-ngobrol tentang motuba, mesin mobil, swap engine dan lain -lain. Pak Harun bercerita bahwa beliau memiliki motuba Daihatsu Hijet yang mesinnya sudah diganti dengan mesin Daihatsu Charade.

*Poto ilustrasi

Disela-sela obrolan, saya coba membuka soket kabel dinamo kipas radiator. Lalu saya bersihkan soket tersebut dengan kertas ampleas. Setelah soket bersih dari kerak, saya pasang lagi kabelnya dan coba starter lagi…”bruum..” Alhamdulillah.. akhirnya sidetomaso bisa jalan lagi. Saya dan pak harunpun berpisah. Yups ternyata hanya karena sekedar mengajak ngobrol orang yang kendaraannya sedang mogok, entah itu sepeda motor ataupun mobil. Bisa mengurangi beban sipemilik kendaraan yang mogok tersebut. Apalagi kalau kita tahu tentang seluk-beluk mesin dan memberikan bantuan serta solusi kepada sipemilik kendaraan. Insaya allah anda dan penolong anda akan menjadi sodara .

31 Komentar

  1. berarti gak harus mudeng mesin ya…
    kadang kasian juga klo liat yang kendaraannya pada mogok, tapi sy sendiri jg ga gitu mudeng mesin, tar malah ngrusuhi…

  2. nyamperin mobil mogok, bantuin benerin ahirnya bisa, melajulah mobil mogok itu
    sambil “say gudbay”
    ndilalah saat nytater kendaraan sendiri malah gantian mogok juga, walaaahhh gak ada temannya, yg tadi ditulungi udah brangkat duluan, nasip

  3. buat om yudi…blognya seru…ada pengalaman mistisnya…suka bgt…tapi sayangnya yg ane g suka kalo ada foto penampakannya…jujur aja om…saya trauma cz pernah motret pake hape eehhh muncul makhluk kyk gituan…hehehehe….jadi kalo ane mau baca artikel om yg ada foto penampakanne gak jadi baca deh…hahhaa… πŸ˜€
    so menurut ane g perlu ditambahi foto2 penampakan…skedar tulisan pengalaman aja n foto tempatnya z udah cukup menarik… πŸ˜€ nice om…terus share pengalaman riding…
    salam kenal from jatim rider… πŸ˜€

  4. leres..broo.. Perhatian,empati,itu sgt dbutuhkan manusia saat kesusahan. Memang tdk mnyelesaikan mslah,ttp mbuat beban dhati brkurang,dan itu adl modal dasar yg sgt pnting utk mnyelesaikn masalah. Doakan p harun mndapat balasan yg blimpah,dan pahala..amin.

  5. pernah mogok di pasar kendal waktu kebanjiran dulu.kira2 thun 2004 an sedang engkol dan benerin busi malah disuting dari dekat jarak 1 meter.mo dilempar pake kunci busi tuh orang.

  6. memang sensasi bawa motuba ya di mogoknya itu…bikin deg-deg serrrrr…saya juga pakai fiat uno 1 ’89 mas. Hanya sayangnya kalau di jakarta mobil kita lagi mogok…orang2xnya pada egois, mulai dari klakson-klakson gak sabar…maki-maki wuihhh…kurang toleran sekali….bukannya pada bantuin.

1 Trackback / Pingback

  1. Design Modifikasi Mobil Daihatsu Charade 1986 | Vixy182's Blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.