Pengalaman “Fight” melawan bis malam ugal-ugalan malam hari dipantura

Yudibatang.com – Halo brother biker πŸ˜€ … Konon dijalanan Indonesia yang mendapat julukan raja jalanan saat malam hari adalah bus malam AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Nah..yudibatang memiliki pengalaman yang cukup menegangkan fight melawan Bus AKAP dijalan pantura Semarang-Demak, Kejadiannya sekitar tahun 2012.

yudibatang spiderman 1

Waktu itu saya dalam perjalananΒ  pulang dari Jepara hendak menuju kebatang. Seperti biasa saya berkendara menggunakan sepeda motor. Karena kerjaan baru selesai jam 12 malam (lembur loading container), saya berangkat dari Jepara Jam 1 dini hari. Perjalanan dari Jepara hingga Trengguli Demak kondisinya sepi nyenyet. Jam dua pagi saya sampai diTrengguli Demak, agar tidak ngantuk saya istirahat sejenak diwarung kopi, menikmati secangkir kopi sambil klepas-klepus.

Yudibatang ngopi2 dulu

Setengah jam kemudian saya melanjutkan perjalanan. Melewati jalan pantura Demak-Semarang, hampir semua kendaraan yang melintas dijalur tersebut melaju dengan kencang. Apalagi pas melewati jalan lingkar Demak, buanter-buanter banget!! kususnya bis malam dan mobil pribadi. Saat keluar dari jalan lingkar demak, saya berkendara dibelakang mobil Kijang Inova warna hitam.

kibaliut

Kijang Inova ini juga melaju kencang, saya tetap menjaga jarak sekitar 20 meter dibelakang mobil tersebut. Didepan kijang Inova ada sebuah bus AKAP jarusan Surabaya -Semarang yang juga melaju kencang. Saya lupa nama bus tersebut. Nah..kijang Inova ini mau mendahuli bus tersebut, tapi… bis melaju kencang dan ugal-ugalan. ketika Innova mau ambil sisi kanan, bis malam ikutan kekanan dan ngeblok. kijang Innovapun mengerem mendadak!!

Busyet dah.. saya juga ikutan ngerem. Innova mau ambil sisi kiri, bus malam ikutan kekiri..lagi-lagi ngeblok!! Sial nih bus malam… saya tidak berani ambil resiko over take keduanya, mendingan cari aman ngekor dibelakang Innova. Kecepatan Innova dan bis malam itu sekitar 100-120 km/jam!! Terlihat Innova konstant persis dibelakang bus malam dilajur kiri. Sialnya bis malam ini nggak mau disalip tapi kecepatannya nggak mau ditambah dan nggak ngasih jalan.

pantura

Tiba-tiba, Innova mematikan semua lampunya (depan dan belakang), saya tetap fokus dan konsentrasi mengamati jalan dan “pertaarungan bis malam VS Innova”. Tanpa menyalakan lampu sein, Innova ini over take mendadak melesat dari sisi kanan…. wush..!! Akhirnya Innova berhasil mendahului bus malam dan kembali menyalakan lampu mobilnya setelah berada didepan bus. Dalam hati saya berkata… “Oohh… ternyata begitu tehniknya menyalip bus malam yang ugal-ugalan”. Sesaat kemudian saya ikuti Trik dari kijang Innova tersebut, saya matikan semua lampu dan langsung gas puol mendahuli bus malam sialan tersebut… dan berhasil. Bila brother biker pas berkendar dipantura dan ketemu bus model beginian, bisa dicoba nih tips mendahului bus begituan. Matikan semua lampu dan over take melesat, jadi sopir bis tidak tahu kalau kita mau mendahuluinya. Kalau yang nggak berani ya ngekor terus sampe bisnya bosan :mrgreen:

29 Comments

    • Jalan pantura semarang-Demak satu jalur masbro, jaan lawan arahnya sudah ada sendiri. kalau jalan dua arah ya nggak berani πŸ˜€

  1. dulu sih sering mas bro, tiap hari trayek saya kudus – semarang,,,
    tapi setelah nikah dan punya anak nyali jadi ciut dengan sendirinya,,

  2. waaahhhh saay juga pernah mengalami… tapi sama2 enjoy baik saya dan bus malamnya.. sekedar seru-seruan di jalan… tidak ada intimidasi apapun dan blok2an segala…

  3. 8. Roy (Sempak Operpret) – 31st July 2015

    motor sekarang AHO semua mas… mau matiin gimana?

    ?

    setelah belasan taun,baru kali ini omongan roy otak sempak benar ???

  4. Ngapain Bus Malam disalip nggak mau ?
    Emang tujuan-nya apa? padahal innova kan nggak ada urusan-nya sama sopir bus malam itu..?..?…weird indonesian driver

  5. tapi manuver begitu, takutnya kalo kendaraan yang kita salip ga nglihat keberadaan kita terus tiba2 dia pindah arah ke sisi kanan ato kiri disaat kita menyalip, apa ga ngeri tuh??pas setengah badan masuk, kendaraan yang kita overtake goyang kiri kanan..
    secepat2nya kita overtake, butuh waktu lebih dari 3 detik ato lebih untuk lepas ke depan, tergantung kendaraan apa yang disalip dan kecepatan diantara keduanya, tapi buat kendaraan goyang kiri kanan, cuma butuh kurang dari sedetik..

    Trik ini boleh saja dicoba, asal udah hafal kondisi jalan yang dilewati, dan sebelum nyalip, sejenak ngekor dibelakang untuk tau karakter kendaraan yang mau disalip..

  6. Klo mlem2 solo riding emg enk lek klo ikut fight sma bus2 AKAP kyak gtu tp lbih enk lg klo “nginthili” bus malam yg bsa “ngemong” (nuntun),bysa’x main sein yg jd alat mrka bwt “ngemong” yg blkg

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. » Bus Bejeu dibakar gara-gara melawan arah dan nabrak pemotor hingga tewas dipantura Batang
  2. » Mengenal jenis dan kebiasaan bus-bus dijalur pantura

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*