Cara putar balik truk tronton tanpa kenek dijalur pantura

Halo brother biker ๐Ÿ˜€ … sekedar share salah satu pengalaman berkendara dijalur pantura, yang mungkin dari sebagian besar anda belum mengetahuinya. Yups..Jalan pantura atau pantai utara adalah jalan raya utama yang menghubungkan antar kota antar propinsi diPulau jawa bagian utara. Kebanyakan jalan ini memiliki dua jalur yang berbeda yang dibatasi oleh sparator. Masing -masing jalur memiliki dua lajur. jalur pantura itu tempat lewatnya berbagai kendaraan bermotor, dan hampir semua truk dan Bis melewatinya.

jalan pantura pasar subah batang Jawa tengah

Nah khusus truk besar (tronton) dan bus besar, biasanya bila mereka mau berputar balik/putar arah yang mengharuskan melewati U Turn atau ruang diantara sparator umumnya ada satu orang (biasanya kenek/kondektur) yang memberikan tanda atau aba-aba kepada pengguna jalan lain. Bahasa gampangannya “sorry gan mobil ane mau lewat, minta jalan sebentar :mrgreen:
Namun bagaimana bila sisopir truk tidak membawa asisten atau kenek? nah..begini caranya

 

gambar-ilustrasi-truk-berputar-arah dipantura
Tidak jarang banyak kasus kecelakaan tabrakan beruntun, tabrak belakang dan motor kelindas truk bermula dari ketidak tahuan pengendara r4 atau R2 dengan karakter truk dijalan raya yang mau putar balik.Dibawah ini salah satu contok laka lantas yang disebabkan mobil dibelakang truk tersebut tidak tahu kalau truk mau putar balik dan menghantam sisi kanan truk.

Kuncinya bila ada kendaraan didepan kita menyalakan lampu hazard, kita harus mengurangi kecepatan dan menunggu sejenak apa yang akan dilakukan kendaraan didepan kita. Kalau perlu kita menepi dulu sejenak, biar lebih aman.

Semoga berguna ๐Ÿ˜€

4 Komentar

  1. ngeri… tapi memang kadang orang gak peka ama beginian. di babelan pernah kejadian beginian truk tronton. padahal sopirnya dah melambai2 buat stop. eh motor pada pecicilan

    ๐Ÿ˜€

  2. kalo motor ya rata2 pd ga sabaran (walaupun tdk semuanya bgtu), di jln yg sempit aja pd nyerobot..
    kalo saya mah santai aja lah, inget sm keluarga di rmh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.