Ciri khas motor sport Honda AHM, diameter fork depannya “kecil”

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 .. Dulu saya pernaah iseng ngukurin diameter shcok depan motor batangan buatan AHM. Diantaranya Honda Tigar , Honda Mega pro, verza, CB150R dan Honda CBR 150. motor-motor batangan tersebut memiliki ukuran diameter fork depan yang sama, semuanya berdiameter 31 MM.

Honda CB150R vs Yamaha NVA

Sebagai perbandingan ukuran diameter fork depan motor-motor sport Yamaha dan kawasaki lebih besar dibanding diameter fork depan motor sport buatan buatan AHM. Yamaha Vixion dan Scorpio diameter fork depannya 33 mm, Kawasaki ninja 150 juga 33mm. Yamaha Byson malah 41mm.

sedang untuk motor sport 250cc seperti Kawaski Ninja 250 dan yamaha R25 dan MT25 ukurannya diameter fork depannya lebih besar lagi 41mm.

yamaha MT25 vs Honda CB300F 1

Nah.. ternyata ukuran diameter fork depan motor baru produksi AHM yang baru dilaunchingpun memiliki diameter fork depan yang kecil juga. yups.. ukuran diameter Fork depan All New Honda CB150R Street fire juga berdiameter 31 mm.

check it out.

diameter fork depan honda mega pro 31mm


diameter fork depan honda tiger 31 MM


Dimeter fork depan vixion 33 MM

Sepertinya Ciri khas Motor sport buatan Honda AHM adalah diameter shock depannya sama semua berukuran 31mm. semoga berguna, siapa tahu anda akan mensubsitusi part fork depan motor batangan AHM dengan fork depan motor lain serta sebaliknya, tidak bisa plug n play..harus ada penyesuaian dulu 😀

18 Comments

  1. Tp kualitas material begimana,sama kaya material kaca lampu honda vs yamaha..biasanya pnya honda lebih tebel dibanding punya yamaha,tp kwalitas bahanya saia rasa masih bagusan yamaha,.cuma agak lebih tipis..

    • kaca lampu biasanya dari suplier mbah, ada yang dari Stanley, Koito, rinder dan lain-lain. Kalo menurut sy sih bagus2 semua.

  2. Semakin banyak kesamaan ukuran parts.. Artinya semakin banyak common part yg bisa dipake.. Jd bisa saving cost.. Makin dapat Skala ekonomi..

    Meski scr fungsionalitas tetap ok.. Tp sedikit mengurangi kegagahan sbg motor sport..
    Kaya cowok kekar.. Tapi kaki agak kecil

  3. new vixion shock nya lebih tebel, lebih berotot, tetapi di banyak foto kecelakaan atau bahkan hanya masuk lobang banyak yg patah, sampai per nya keluar, sama seperti R15
    sedang old cb150 meski tipis tapi dari banyak foto kecelakaan belum ada yg patah, maksimal hanya bengkok saja

    • Sok ‘cuma’ bengkok tapi rangka tralis cibi malah patah. Mending mana? Lagian sok bengkok juga sudah tidak bisa dipakai lagi. Meski diluruskan juga pasti tidak persis seperti semula dan malah rawan celaka.

      Sok vixion ibarat peredam benturan di mobil, mending bagian itu yg dikalahkan daripada rangka bengkok. Sok patah tinggal ganti tapi kalau rangka cibi bengkok bagaimana?

  4. shock bengkok sama patah gak ada yg lebih baik. yg bengkok katanya bisa dilurusin tapi tetap mesti diganti karena kekuatan materialnya sudah tidak sama dengan yg semula. keluar duit berapa tuh?

    emang kalo fork cuma bengkok rider pasti selamat?

    intinya ya hati2 lah. masak nggantungin nyawa ke fork depan, velg, rem, helm?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.