5 Alasan AHM, mengapa All New Honda Sonic 150R masuk kategori motor sport

Halo brother biker 😀 …. Masih tentang Motor baru Honda AHM. Yups baru-baru ini banyak dari para pemerhati sepeda motor tanah air bertanya-tanya, Mengapa salah satu produk baru Honda AHM, All New Honda Sonic 150 R masuk dalam kategori motor sport dan bukan masuk dalam kategori motor bebek. Umumnya motor yang masuk dalam kategori sport itu ciri-ciri paling gampangnya, ada tangki bensinnya diantara komstir dan jok.

poto Honda new sonic 150r 1

Via mas Endrik owner blog sejutaumat.com diperoleh 5 alasan mengapa AHM memasukkan All New Honda Sonic 150R kedalam kategori motor sport. Oh..iya Mas Endrik ini mendapat jawaban langsung dari AHM, jadi nggak ngarang-ngarang 😀 Berikut ini 5 alasan AHM yangs saya copas dari blog Sejutaumat.com :

1.Penggunaan Setang Jepit
Setang jepit memang menjadi salah satu ciri khas motor sport kebanyakan, namun di history sepeda motor yang pernah ngaspal di tanah air fitur ini juga ada di beberapa motor bebek ayago.

2.Shock Depan Panjang
Shock depan dengan traveler panjang memang mustahil ditemukan di motor bebek, shock depan tipe full yang memiliki 2 yoke adalah fitur standar di motor sport.

pasar-sport-ahm

3.Tipe Mesin Vertikal
Semua motor sport menggunakan konfigurasi mesin yang tegak, hanya Honda Win 100 yang pernah menggunakan konfigurasi mesin tidur, CMIIW. Tapi di kategori motor underbone, konfigurasi mesin tegak juga dianut oleh motor-motor bebek high performance seperti Jupiter MX series dan motor-motor ayago.

4.Penggunaan kopling manual
Fitur ini sepertinya tidak lagi menjadi monopoli motor sport saja, terbukti sebagian besar motor bebek high performance juga menggunakan fitur kopling manual.

5.Model Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
Model pengoperasian gigi 1-N-2-3-4-5-6 memang hampir menjadi standar pengoperasian transmisi di motor-motor sport, tapi di bebek juga ada beberapa seperti pada Jupiter MX

sonic

Demikian alasan AHM mengapa Sonic masuk jenis motor sport… Hhmmm… Suzuki Satria F150 kok nggak ikutan masuk kategori motor sport?

 

 

 

8 Comments

    • Intinya cuma satu, target nge-kill vixion dari 2007 sampai sekarang gagal maning. Jalan teranyar ya mengganti kelas ayago untuk menambah angka penjualan sport Honda agar bisa mengungguli Vixion.
      .
      Kalau soal “lain sendiri” memang ahaem rajanya, mulai dari posisi saklar sein-klakson yg dibalik, mesin DOHC overstroke dikatakan “near square”, dan sekarang bebek ayago dikatakan sport.
      .
      Konsumen pekok buta merk yang gampang dibodohi pasti inggih nurut2 wae sama pabrikan pujaannya. Kalau di luaran apalagi LN sih pasti diketawain orang.

  1. sport artinya balap. kalo ga didefiniskan dengan baik bisa salah maksud. jadi sonic memang secara part mendukung kecepatan dan balap. tapi secara normal dan produksinya, sonic dibuat untuk komuter alias bebek.karena posisi pengendara tidak sporty. dan akselerasi mesin juga buat komuter bukan balap.

    kalo semi sport, atau beraura sport boleh saja.

    lebih afdhol kalo melihat parameter frame ajah. memang frame underbone seberapa kuat buat kecepatan? mereduksi getaran? oke buat kelas 150 masih ada celah frame komuter dibuat sport 😀

  2. Sonic, kalo tidak boleh di kategrkan SPORT, tar masuk BEBEK juga di tolak, trus masa masuk ktgri MOTOR WANDU??? Lha trus bagaimana dg SATRIA???
    Mosok Jenenge ae SATRIA jebule WANDU??? Piye jall…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*