9 kendaraan yang perlu diwaspadai agar jangan terlalu dekat saat riding

Halo brother biker ? .. Kali ini saya mau berbagi tentang kendaraan-kendaraan yang perlu diwaspadai agar kita jangan terlalu dekat dengan kendaraan tersebut ketika kita sedang riding dijalan raya. Berdasarkan pengalaman pribadi dan curhat beberapa orang rekan, ada 9 kendaraan yang perlu kita waspadai.

yudibatang mau riding

Sebenarnya semua kendaraan disekitar kita selagi riding memiliki potensi membahayakan, walau itu hanya sepeda onthel ataupun becak. Namun kendaraan-kendaraan yang akan saya bahas memiliki potensi lebih besar membahayakan keselamatan kita bila kita tidak hati-hati dan waspada dalam berkendara. berikut ini 9 kendaraan yang perlu dihindari :

bus s negara2
*poto ilustrasi

1. Bus Bumel/ Bus Ekonomi AKAP
Kendaraan ini saya tempatkan pada posisi pertama karena kendaraan jenis ini terkenal dengan sebutan raja jalanan dan paling sering menabrak pemotor, entah itu kesalahan sipemotor sendiri ataupun kesalahan sisopir bus. Bila anda riding melewati jalur yang sama dengan bis bumel, lebih baik mengalah atau lebih cepat sekalian ?

Kalau mau lihat videonya betapa gilanya bus bumel kalau lagi balapan, lihat artikel Video balapan Bus Setia negara VS Luragung dipantura.

2. Truk kontainer
Truk kontainer secara umum bentuknya paling besar dan panjang untuk ukuran truk yang sering melaju dijalan raya. Kenapa perlu diwaspadai? yups.. truk kontener adalah truk dengan muatan yang banyak, berat dan besar. tentu beban mesin lebih berat, keseimbangan juga kurang dan pengereman tidak lebih pakem dibanding dengan truk biasa.

truk kontainer yudibatang

apalagi sudah rahasia umum, bila truk dengan muatan melebihi kapasitas masih tetap boleh jalan asalkan ada “salam tempel” dijembatan timbang.  Ada Pengalaman teman saya digresik jawa timur yang pernah hampir kerubuhan kontener yang kejeglong lubang ketika riding, untungnya teman saya cepat2 tancap gas dan lolos dari maut.
Kebetulan hampir setiap hari saya melihat truk-truk kontainer yang keluar masuk pabrik dan kalau anda tahu ban-ban yang dipakai truk kontainer, anda akan berfikir dua kali untuk berada didekatnya. check it out ?

ban truk kontener
*bannya sudah pada gundul berpotensi ngesot ketika ngerem
Ban truk kontener 2
Bannya sudah pada retak berpotensi mbledos


3.Truk pembawa kayu log yang besar

Truk ini biasanya berbentuk panjang, namun tidak membawa kontainer. melainkan yang dibawa adalah kayu yang masih berbentuk bulat/log. umumnya ukuranya sangat panjangs erta diameternya juga besar. Kayu log ini hanya mengandalakan rantai/tali besi untuk mengikatnya, kalau pengikatnya putus..pasti kayunya “ngglundung” kesamping. Bila ketemu truk ini mending jangan terlalu dekat.

truk trailer bawa kayu log

4. Truk pembawa massa (supporter bola, kampanye parte, pendemo dll)
Kalau yang ini truknya sih biasa, tapi orang-orang yang naik diatas baknya yang berpotensi membahayakan. Rata-rata brangasan!!

5. truk pembawa Hasil laut/ikan segar
pernah saya bahas di artikel sebelumnya

6. Truk pembawa batu
Truk pembawa batu termasuk berpotensi membahayakan, apalagi bila dijalan yang berlubang. Bila kejeglong biasanya ada batu yang lompat keluar dan berpotensi bahaya bila batu tersebut mengenai pengendara dibelakang truk tersebut.

7. Truk pembawa pasir
Yups..truk pembawa pasir juga berpotensi membahayakan. Ada satu pengalaman seorang teman diklaten jawa tengah, ketika riding dibelakang truk pasir pas lagi buka visor helm, truk kejeglong lubang dan pasirnya ada yang tumpah kebelakang dan apesnya, pasirnya ada yang mengenai mata temana saya. wis…satu minggu mata baru bisa melihat normal

8. Truk pembawa ternak
Yups..truk pembawa ternak termasuk juga berpotensi membahayakan bagi biker. Pengalaman bertahun riding wara-wiri dipantura sering ketemu truk pembawa ternak. Yang paling sangat mengganggu adalah truk pembawa ternak babi. dari jarak seratus meter baunya sudah kecium.. dan bila anda tepat dibelakangnya.. Jian!! baunya minta ampun!! pernah lihat ada biker yang nggak kuat menahan bau ternak babi tersebut, langsung menepi dan muntah-muntah (kelihatan dari kaca spion).

pemotor ibu

9.Pengendara motor ibu-ibu

Pengendara jenis ini paling “berbahaya”… dari belakang terlihat seinnya yang menyala sebelah kiri, giliran kita mau mendahului..eh..dia beloknya kekanan!! tanpa lihat spion lagi… kalau didebat mesti ngeyel dan maunya menang sendiri. Kalau kita tidak waspada bisa celaka!!

Tak bosan-bosannya saya menganjurkan untuk berkendara secara aman, hati-hati dan waspada ketika riding serta jangan lupa berdo’a sebelum riding… semoga kita semua selalu diberi keselamatan ?

10 Comments

  1. Intinya cuma jangan dekat-dekat bus dan truk (kendaraan besar) kan mas bro sama ibu-ibu mestinya ditambah lagi angkot….kalo brenti sak enak e dhewe

  2. cuma ibu2 yang berani ama truk mas yud, di bekasi sering tuh emak2 nglakson truk2 tiap pagi kalo berangkat sekolah (nganter).

    😀

  3. 10. rombongan moge…
    klo tahu di daerah anda bakalan ada acara seperti di negara moge…mending dirumah aja…daripada kena macet..atau tiba2 distop di lampu hijau…

  4. tambah lagi:
    – truk pengangkut sampah
    – truk tangki sedot wc
    – becak
    – sepeda pancal
    – forklift (kadang ada di jalan raya)
    – odong2

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*