Memodifikasi sepeda motor itu seperti virus bagian 2

Halo brother biker 😀 …Saya lanjutkan artikel tentang modifikasi sepeda motor seperti virus bagian 2. pada artikel bagian satu saya tuliskan modifikasi sepeda motor yang berhubungan dengan tampilan sepeda motor. Pada bagian dua ini saya bahas modifikasi sepeda motor yang berhubungan dengan performa motor.

vixion yudibatang dioperasi

Khusus untuk bikers pecinta kecepatan atau speed freak pasti tidak akan pernah puas dengan performa motornya, walau motor yang dipunyai menurut biker lain sudah termasuk kencang.

Hati-hati keinginan memodifikasi itu seperti virus yang bila kita tidak bisa mengendalikannya akan terus menggerogoti kantong kita 😀 virus itu ada tingkatannya dari yang virus ringan hingga virus akut.

Busi iridium NGK CR9EIX yudibatang

1.Virus modifikasi performa ringan

biasanya dimulai dari penggantian parts racing plug and play yang ringan (ringan maksudnya gampang makainya ) , contoh ganti oli synthetic, ganti busi racing, ganti filter udara racing, ganti knalpot racing kelas bawah :mrgreen: ganti gear set dari motor lain dan lain-lain

2.virus modifikasi performa sedang

Umumnya dimulai dari penggantian parts racing plug and play yang harganya lumayan mahal dan sebagian harus dipasang oleh mekanik. Contoh ganti ban sport, Ganti carburator, ganti CDI unlimiter (bagi motor carbu), Ganti ECU racing (bagi motor Injeksi), ganti kampas kopling racing, ganti per kopling racing , ganti koil racing dll.

r9racing

3.Virus modifikasi performa lumayan berat

virus ini akan menyerang bila sibiker masih kurang puas dengan performa motornya walau sudah diberi part racing tambahan dan langkah selanjutnya sibikers akan mendatangi bengkel motor yang mengurusi oprek mesin. Mulailah merambah kesektor mesin, diporting and polish, papas head dan mengganti knalpot racingnya dengan knalpot racing yang berharga  lebih muahal :mrgreen:

25320_1232297414694_1446903635_30482362_1041669_n

4.virus modifikasi performa berat

Virus ini biasanya menjangkiti sibiker karena melihat (biasanya lihat video top speed :mrgreen: ) atau tau ada speed freak lain dengan sepeda motor yang sama tapi larinya bisa lebih kenceng dari motornya. Setelah gak puas mesin motornya diporting & polish dan papas head, Mulailah mesin motornya diacak-acak dengan cara bore up, stroke up, ganti klep lebar, ganti klep titanium, ganti per klep racing. atau kalau mau yang instant langsung beli dan sekalian pasang paket bore up. dan lain-lain.

5.virus modifiksi performa Akut

Virus ini adalah yang paling tinggi kastanya pada modifikasi performa, biasanya sibiker setelah terkena virus yang dibawahnya dan masih kurang puas juga, biker ini akan mengoprek motornya habis-habisan… bisa dengan penggantian parts dari motor lain yang adanya hanya diluar negri sono (contoh piston suzuki thunder 250 asli jepang bagi CBR rider 😀 , vixion yg 5 speed diganti pake 6 speednya R15 India), merubah sasis motornya, swap engine, hingga pengaplikasian turbo charger 😀

Waspadalah…waspadalah… kadang-kadang motor udah dioprek malah larinya gak bisa kenceng :mrgreen: … kuncinya “Motor kalau udah enak, jangan diapa-apain… 😀

Semoga berguna 😀

4 Comments

  1. saya cukup ganti busi iridium dan oli sintetis yang lebih bagus aja
    pembakaran lebih optimal, putaran mesin lebih lancar, sehingga motor lebih ngacir, konsumsi bahan bakar lebih irit.

  2. kalo buat harian mah yang penting lebih torqy aja, cukup ganti gear belakang aja gedean dikit.

    kalo buat pajangan atau buat senang2 ya sekalian di kohar.

    😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*