Generasi paling bahagia diIndonesia adalah generasi 60an sampai 80an

Halo brother biker 😀 … Artikel OOT nih, tapi lumayan menarik. Yups.. kalau kita perhatikan perilaku anak-anak jaman sekarang sudah sangat berbeda dengan anak-anak jaman dulu. Anak-anak laki-laki banyak menghabiskan waktunya bermain game, yang anak perempuan pada asik dengan ponselnya. Kegiatan sehari-harinya sudah terjadwal, pagi sampe siang sekolah, pulang sekolah sampe sore les (kadang kala yang ngoto ikut les malah orang tuanya). Anak-anak sudah hampir nggak punya adat sopan santun sama orang tua, perilakunya cenderung dewasa sebelum saatnya… mungkin juga pengaruh tayangan sinetron ditelevisi.

5378eb5506e81b1858f0bc3c8b6641cc_t

Nah.. berikut ini ada tulisan menarik yang saya copas dari status FB teman saya. saya coba telusuri dari mana sumbernya tapi nggak ketemu… Ini nih tulisannya 😀


Berdasar penelitian beberapa psikolog:
“GENERASI BAHAGIA itu, generasi kelahiran 1960 – 1980…?”

Dan itu adalah kami… ???

Kami adalah generasi terakhir yg masih bermain di halaman rumah yg luas. Kami berlari dan bersembunyi penuh canda-tawa dan persahabatan. Main petak umpet, boy-boyan, gobag sodor, lompat tali, masak-2an, dokter-2an, sobyong, jamuran, putri putri melati, galah, benteng bentengan tanpa peringatan dari ayah-ibu. Kami bisa memanfaatkan gelang karet, isi sawo, kulit jeruk, biji salak, batre bekas, sogok telik menjadi permainan yg mengasyikkan. Kami yg tiap melihat pesawat terbang langsung teriak ; Kapaaaaaaal minta uang…!!!???

Petak Umpet atau Obak Delik

Kami generasi yg ngantri di wartel dari jam 5 pagi, berkirim surat pake kertas surat sanrio atau flomo dan menanti surat balasan dgn penuh rasa rindu…‪#‎eaaa‬?? Tiap sore kami menunggu cerita radio Brama Kumbara, berkirim salam lewat penyiar radio. Kamilah generasi yang SD-nya merasakan papan tulis berwarna hitam, masih pakai pensil dan rautan yg ada kaca di salah satunya. Kamilah generasi yg SMP dan SMA-nya masih pakai papan tulis hitam dan kapur putih. Generasi yg meja sekolahnya penuh dengan coretan kejujuran kami melalui tulisan Tipe-X putih, generasi yg sering mencuri pandang teman sekolah yg kita naksir, kirim salam buat dia lewat temannya dan menyelipkan surat cinta di laci mejanya…‪#‎eheeem‬???

hqdefault

Kami adalah generasi yg merasakan awal mula teknologi gadget komunikasi seperti pager, komputer pentium jangkrik 486 dan betapa canggihnya Pentium 166Mhz. Kami generasi yg sangat bangga kalau memegang Disket kapasitas 1.44Mb dan paham sedikit perintah Dos dgn mengetik copy, del, md, dir/w/p. Kami adalah generasi yg memakai MIRC utk chatting dan searching memakai Yahoo. Generasi bahagia yg pertama mengenal atari, sega, nintendo, gimbot (‪#‎gamewatch‬) yg blm berwarna…??

gimwot

Generasi kamilah yg merekam lagu dari siaran radio ke pita tape, yg menulis lirik dgn cara play-pause-rewind, dan memanfaatkan pensil utk menggulung pita kaset yg macet, kirim-2an salam sm temen-2 lewat siaran radio saling sindir dan bla bla bla…, generasi penikmat awal walkman dan mengenal apa itu laserdisc, VHS. Kamilah generasi layar tancap ‘misbar’ yg merupakan cikal bakal bioskop Twenty One…??

kla project_best cuts cover album_001_001

Kami tumbuh diantara para legenda cinta seperti Koes Plus, Dian Pishesa, Ebiet G Ade, Kla Project, Dewa 19, Padi, masih tak malu menyanyikan lagu Sheila on 7, dan selalu tanpa sadar ikut bersenandung ketika mendengar lagu : ‘Musisi jalanan mulai beraksii…seiring laraku kehilanganmuuu… merintih sendiri ditelan deru kotamuuu…’ ???

sepatu warior

Kami generasi bersepatu butterfly, dogmart, warior dan rela nyeker berangkat sekolah tanpa sepatu kalau sedang hujan. Cupu tapi bukan madesu lhooo…hahaha ???

Kami adalah generasi yg bebas, bebas bermotor tanpa helm, yg punya sepeda, sepedanya disewain 200 perak/jam, bebas dari sakit leher krn kebanyakan melihat ponsel, bebas manjat tembok stadion, bebas mandi di kali, di sungai dll, bebas manggil teman sekolah dgn nama bapaknya. Bebas bertanggung jawab…??

pembangunan_IV

Sebagai anak bangsa Indonesia, kami hafal Pancasila, nyanyian Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, Teks Proklamasi, Sumpah Pemuda, nama-2 para Menteri Kabinet Pembangunan IV dan Dasadharma Pramuka dan nama-2 seluruh provinsi di Indonesia…???

Kini di saat kalian sedang sibuk-2nya belajar dgn kurikulum-mu yg ngejelimet, kami asik-2an mengatur waktu utk selalu bisa ngumpul reunian dgn generasi kami…?

poto yudi jaman SMA 94

Betapa bahagianya generasi kami…????

Maaf adik-2qu dan jg anak-2qu…kalian belajar yg keras yah utk mendapatkan kebahagian cara kalian sendiri…

Salam sayang dari kami…?

~Generasi 60-80 ers’

26 Comments

  1. W penikmat sisa sisa kalian para 80ers. Seengganya w pernah tau apa itu gobak sodor, benteng, tazos, belalang tempur, sega (jaman awal), mario bros, komik dragon ball #42 (yg fanatik pst tau nih edisi pas apa), dan yg paling girang pas diajak jalan pake kijang kapsul. Dan selepas 2000, era berganti perlahan lahan sampe kejaman GGS skrang ini.

  2. Saya tambahi, mungkin ada yang mengalami.
    – Kalau ada sepeda motor micles lewat pasti dicuimi bau ban sama asap knalpotnya.
    – Tontonannya hanya tvri dunia dalam berita, klompencapir, unyil usrok.
    – TV hitam putih pakai aki, kalau habis dibawa ke tukang setrum aki di kota.
    – Radio band 4, AM, SW1, SW2, SW3. Masih ada di rumah merk Tos**ba.
    – Lampu pakai petromak, malem pakai ublik. Kalau nyalaian petromak trus mompanya kekencengan dan kaosnya robek pasti digebuki sampe habis.
    – Kalau ada helikopter mendarat di lapangan bola pada dibawain makanan pilotnya.
    – Mandi di kali bareng sama sapi atau kebo piaraannya.

  3. harga bensin cuma 600rupiah om,harga rx king 2,7jt,rxz 3,8jt,rgr 4jt..motor trondol bisa di tilang bisa juga tidak,yg utama ada sim,ada stnk sdh cukup.memang indah jaman itu dan gak akan bisa kembali lagi.SEMUANYA MURAHHHHH…..

  4. boleh juga. tapi itu hanya sebatas hiburan. kebahagian kan ga dibatasi hiburan. negeri aman saja bisa membuat kita bahagia. apalagi harga barang murah.

    tapi emang bang yud, gaya hidup yang membutuhkan gerakan fisik lebih menyenangkan. apa2 kalo dulu harus dilakukan secara manual dan semi manual. kalo bisa urusan listrik juga. hehe.

    masa2 sekarang urusan serba praktis. apalagi soal komunikasi dan sosial. tapi kalo mau mereka bisa merubah nya.

    dan sekali lagi, zaman 60-80 itu transisi bangets. dapet banget jayanya indonesia.

  5. kamilah yg tau awal berdirinya kerajaan madangkara dg rajanya brama kumbara (feri fadly) dg ajian serat jiwa tingkat 10, selalu menunggu diputernya lagu isabela & tiap hari jumat standby menunggu film “chips”.

  6. Yang jelas secara moral tidak serusak sekarang. Bacaan porno baru sekelas Nick Carter, Enny Arrow baru muncul tahun 90’an. Film bokep adanya cuma di kaset video dan nyarinya susah, barangnya langka, mutarnya di tv bisa ketangkap seisi rumah (katanya teman saya 🙂

    Kalau sekarang, video porno bisa dinikmati di setiap handphone, foto dan fim porno mudah didapat di internet, cabe2an dan terong2an banyak. Bahkan konon anak SMP saja sekarang banyak yg sudah tidak perawan. Sungguh menyedihkan melihatnya tapi mungkin sangat menyenangkan bagi anak sekarang. Ironis.

  7. Wah jaman dulu emang enak. Mau liat pesawat masih bisa liat gelegarnya dada kalau sipilot menarik tuas, jaman dimana Lokomotif ada berbagai macam, mulai Loko BB maupun CC, jaman yg paling enak kalau buat saya

1 Trackback / Pingback

  1. » Generasi 90an..memang bener kok, sekarang lagi pada asik ngatur acara reuni

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*