Antara Honda New CB150 R, Sonic dan Verza..ukuran pistonnya sama!

Halo brother biker 😀 …. Pasca brojolnya product motor baru AHM (Astra Honda Motor) yaitu All New Honda CB150R dan Honda New Sonic 150 R, Banyak perdebatan didunia blog R2 tentang jenis konfigurasi mesin kedua motor tersebut.

honda all new cb150r dan sonic 150

Ada yang bilang konfigurasi mesin All New Honda CB150R dan Honda New Sonic 150R ini termasuk Square Engine, ada yang bilang Near Square Engine (hampir kotak..mungkin jajaran genjang :mrgreen: ) dan ada pula yang menyebut Over stroke. Yah.. terserah mau dibilang apa, kalau melihat dari sisi pedagangnya ya… sah-sah saja dibilang Near square engine (Biar dagangannya laku), sebaliknya bagi sisi kompetitor bilang over stroke juga sah-sah saja 😀 masing-masing memiliki argumen yang menguatkan pendapatnya.

mesin honda new sonic 150r 1

Sebenarnya ukuran Bore x Stroke mesin kedua motor tersebut yang berDNA Motogp, sudah lebih dulu diterapkan pada Honda Verza 150, Tapi saat peluncuran Honda Verza 150 ini belum begitu heboh masalah “mesin kotak” dan “oper kridit struk” :v Terlepas dari semua kontraversi, yudibatang acungkan jempol buat AHM. Yups.. Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan efisiensi dalam hal produksi. Dan AHM sudah menerapkan hal itu… membuat satu ukuran piston untuk tiga motor yang berbeda.

ukuran piston verza cb sonic

Sisi positifnya dalam pembuatan piston disuplier, tidak dibutuhkan banyak tempat, banyak tenaga dan banyak alat untuk membuat piston. Yah..tahu sendiri hampir semua produsen roda dua dan roda empat membuat pistonnya dipabrik yang sama, Izumi. Wis pokoke piston tiga motor tersebut berkode sama, bisa dibuat lebih cepat, inventorynyapun nggak ribet. Bisa saja kedepannya, ukuran piston Honda CBR150R, PCX 150, Megapro 150 dan Vario 150 akan dibuat sama. 😀

 

17 Comments

  1. pancen kok mbah.. udah jadi bahasan di grup wasap koboys junior dari beberapa waktu lalu.. :mrgreen:
    kalo nggak salah NMP bore stroke nya juga sama persis dengan verza..
    kalo vario 150 strokenya lebih panjang 0,1 mm..

  2. Sebenarnya kalo di kalangan industri, common part seperti ini merupakan hal yg sangat biasa.
    Di samping piston, banyak common part mesin industri misalnya bearing dan seal.
    Secara engineering malah bagus, seperti dikatakan yg punya warung, krn mengurangi inventory dan bisa dipesan dalam jumlah lebih banyak shg harga lebih murah.

  3. common parts piye mas..??

    emang ukuran pin piston sama?

    dan Verza itu hanya 2 klep, beda dengan Sonic dan CB yang 4 klep, coakan di muka piston ya bedalah, Sonic dan CB pasti ada coakan buat 4 klep,sedangkan Verza mengakomidir 2 klep

    gak bakal bisa tukar pakai antara piston Verza dan Sonic/CB

    gak percoyo?

    bukak wae mas..

    hehehe…

  4. mas la kalau soal rantai kenteng cbr sama sonic itu sama gak , dan dari cbr bisa gak di pindahkan ke sonic,….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*