Mau kredit motor atau mobil baru? Pertimbangkan dulu dengan matang

Halo brother biker 😀 … Artikel ringan tentang keredit kendaraan bermotor nih… Yups, jaman sekarang hampir setiap tahun selalu ada saja sepeda motor baru ataupun mobil baru dari produsen kendaraan bermotor yang diluncurkan kepasaran dengan berbagai model dan harga yang cukup menggoda. Apalagi kalau pas ada pameran dimal, Salesnya sangat agresif sekali. Kalau kita tidak kuat iman, kita bisa tergoda dan akhirnya “terjebak” dalam lembah perkreditan :mrgreen:

spg cantik
spg yamaha

Sudah sifat dasar manusia yang selalu tidak puas dengan sesuatu yang sudah dimilikinya. Sudah punya sepeda pengin beli motor. Sudah punya motor tapi motor lama, pengin ganti motor baru. Sudah punya motor baru, pengin punya mobil dan begitu seterusnya.

Saat kita melihat sebuah motor baru yang dipamerkan dimal, sebut saja Honda beat atau Yamaha Mio M3… padahal kita sudah punya sepeda motor walaupun motor lama tapi masih berfungsi dengan baik. Pertama-tama kita memandang… kemudian kita “berhitung” diawang-awang… “Hhmm.. kalau motor lama dijual terus buat DP motor baru,..cicilan 560an ribu perbulan…hhmmm kayaknya cocok nih…” . Kalau didalam benak kita sudah tumbuh benih pemikiran seperti itu, segera alihkan pandangan dan tinggalkan lokasi motor baru!!

kridit mobil
kridit mobil baru

Yups.. harus dipikir dan dipertimbangkan dengan matang sesuai dengan penghasilan kita.
Sudah strategi umum sebuah dealer motor atau mobil membuat suatu paket kredit kendaraan agar menarik dimata calon konsumen. Agar kita tak tergoda, kuncinya kita harus bersyukur dengan sesuatu yang sudah kita miliki. kecuali memang kita memiliki uang lebih, atau memang sangat butuh untuk membelinya. Jangan sampai sudah kredit motor atau mobil lalu dikemudian hari kita jadi seperti “budak” yang harus memprioritaskan uang cicilan kendaraan dibanding dengan uang untuk kebutuhan yang lebih penting. Mau kredit sepeda motor baru atau mobil baru? Pertimbangkan matang-matang!

13 Comments

  1. Setuju, apalagi bunganya sangat tinggi. Lebih baik beli cash kalau ada uangnya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan

  2. Quote:
    ” Jangan sampai sudah kredit motor atau mobil lalu dikemudian hari kita jadi seperti “budak” yang harus memprioritaskan uang cicilan kendaraan dibanding dengan uang untuk kebutuhan yang lebih penting”.
    “sesuaikan antara keinginan dan kebutuhan.beli motor/mobil baru itu bukan investasi,lbh baik kredit rumah/tanah aja lah….”
    =================
    Setuju ama pernyataan ini.
    Soale ada saudara istri saya yg kaya oom Yudi jelaskan, jadi budak cicilan mobil.
    Bro Rizky benar, beli kendaraan itu bukan investasi, lebih baik investasi dgn cicilan rumah/tanah.

    Kalo saya sendiri, selama kendaraan masih ngglindhing dan masih trouble free, saya pake terus. Dan kalo mau ganti, saya selalu beli cash, kumpulin duit dulu, ada duit baru beli.
    Dan ingat: Setiap kendaraan, begitu keluar dari dealer, statusnya sudah kendaraan bekas, dan secara umum harganya sudah turun.

  3. hmmm… pandangan lain buat nyicil atau beli cash yah
    terkadang kredit lebih untung daripada cash… tergantung nego/promo/timing

    saya dulu ambil mobil juga pas 3 hal (nego/promo/timing) tepat…
    jadi kalo dihitung2 malah untung beli kreditnya

    kredit 3 tahun dengan cicilan ringan
    Dapet asuransi 3 tahun all risk
    duit sisanya bisa diputer buat yang lain
    selisih kredit dengan cash hanya rugi 1.3 jt selama 3 tahun potong asuransi

    hmmmm…. why not kan?

  4. kenapa semua berpikir cash lebih baik dari pada kredit?
    padahal klo kita berpikir sedikit berbeda…
    punya uang 200jt untuk beli mobil semua atau 50jt buat dp 150jt buat usaha? nanti hasil dari usaha buat cicil mobil.
    tapi emang butuh kerja keras.. ga cuma nunggu gajian tiap bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*