Bila biker “gila” modif performa motornya, dimanapun “begawan ampuh” berada akan dicarinya

Halo brother biker 😀 …. Saat ngopi-ngopi dan ngudud diteras rumah, terkenang pengalaman enam tahun yang lalu. Yups… ketika saya “gila” performance motor. Awalnya ikutan aktif disebuah forum yamaha vixion. Lalu ikutan belajar dan diskusi dengan member forum tersebut. Lama-kelamaan member yang menyukai modifikasi performance pada “pamer” upgrade performa mesin motornya dengan mengganti part motor standarnya dengan part racing.

bonsai mangan mesin

*poto mbah Muhsin Bonsai lagi nglethak mesin motor 😀

Lalu saya membuat video top speed yamaha vixion dan mempublishnya diyoutube. ternyata memang performa standarnya vixion ya cuman segitu 135 km/jam on speedo. Akhirnya pas ada kesempatan berkunjung kejakarta (waktu itu ada urusan pekerjaan), saya sempatkan datang kemekanik yang cukup ternama dalam urusan oprek motor yamaha vixion. Kalau tidak salah nama mekaniknya Videl, bengkelnya didaerah Grogol jakarta. Saya datang jam tiga sore, setelah diskusi panjang dengan Videl, motor harus ditinggal karena head, piston dll harus dilepas untuk diporting and polish, tuning cam dan skur klep.

video top speed yudibatang 3

*screen shoot video top speed yudibatang pertama tahun 2008

Namun saya keberatan kalau motor harus ditinggal, karena tempat saya bekerja dan lokasi bengkel sangat jauh (Saya digunung putri Bogor sedangkan bengkel didaerah grogol ). Akhirnya disepakati head dan kawan2nya yang nempel dimotor Videl dipindah atau ditukar dengan motor saya. Cuman lepas pasang head saja butuh waktu bongkar pasangnya cukup lama, yup.. sampai jam sepuluh malam.

Dino tes 6

Setelah selesai, saya langsung pulang keGunung putri. Dalam perjalanan sesekali saya betot motor untuk sekedar mengetahui seberapa besar perbedan performa saat motor dalam keadaan standar dan setelah ganti head milik videl. Setelah seminggu dan saya pulang keBatang Jawa tengah, saya jajal motor sambil pasang kamera dijalan pantura Alas roban yang aspalnya mulus dan kondisi jalan relatif sepi. hasilnya…. mantaaabbb… top speed naik signifikan hingga 150 km.jam on speedometer.

*Video top speed yudibatang setelah upgrade mesin th 2009

Ternyata bukan hanya saya biker yang gila performa motor hingga mendatangi “begawan ampuh” (begawan = mekanik). Saat saya bertemu dengan rombongan touring OBI (Oto Bloger Indonesia) dipantura, ada salah satu membernya yang bernama Rial Hamzah juga punya misi mendatangi begawan ampuh diJogja Jawa tengah, untuk mengoprek motor Bajaj Pulsar 220 miliknya. yups.. begawan ampuh itu adalah Mbah Londo TRB.

DSC02060

Ada juga biker yang mengikuti perkembangan motor saya lalu kontak via email dan mengirimkan head mesin komplit kesaya, diupgrade lalu dikirim balik via paket.

Yah..begitulah.. ketika seorang biker tergila-gila dengan upgrade performa motornya, dimanapun begawan ampuh berada, akan dicari dan disambanginnya.

 

Note : nanti malam ada artikel horor….. black magic!!

6 Comments

  1. klo saya cukup begawan lokalan Pekalongan saja, yang udah kasih spek CB grandong ke Minerva ane,.. terbukti 2008 sampe skarang nggak mati gaya klo buat turing2an.. #DHAS Pekalongan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*