Pengalaman masa kecil.. melihat ekor siluman penunggu sungai

balapulang

Halo brother biker πŸ˜€ … Sebenarnya malam Jumat ini bukan jatah artikel horor, tapi karena sekarang malam jumat Kliwon, jadi artikel horor tetap brojol. Okay.. artikel horor kali ini menceritakan pengalaman saya pribadi diwaktu kecil. Seperti biasa pengalaman ini terjadi didesa tempat kelahiran saya yaitu desa Balapulang kulon kabupaten tegal jawa tengah.

Stasiun sepur balapulang

Dulu sekali.. sekitar 30 tahun yang lalu saat saya masih kecil. Saya suka bermain-main disungai dekat rumah. Waktu itu umur saya sekitar 5-6 tahunan. Saya bermain bersama dua teman saya yang seumuran. yang pertama namanya Iwan dan yang kedua namanya Andi. Kami bertiga bermain dibibir sungai, sungai ini sebenarnya tidak terlalu dalam untuk ukuran orang dewasa, dalamnya sekitar setengah meteran saat kondisi normal. Namun sungai ini arusnya lumayan deras. ketinggian dari jalan kepermukaan air sekitar satu meteran dan kami naik turun melewati bebatuan. Kami bermain memasukan air kedalam plastik dan menyiramkan airnya kejalan.


sungai balapulang kulon

*poto sungai Balapulang kulon lokasi bermain kondisi sekarang

Kejadian ini sudah lamaaa sekali, yang saya ingat saat kami bertiga berada tepat dibibir sungai, saya melihat “sesuatu” yang samar-samar tepat dipinggir kaki kanan saya. Setelah bermain kami keluar dari bibir sungai dan naik kejalan lalu pulang dan saya hanya melihat Iwan. Namanya anak kecil ya belum begitu tahu apa yang dinamakan keselamatan. Selepas manghrib saya melihat banyak kerumunan orang mondar-mandir didepan rumah saya. Dan satu lagi peristiwa yang masih saya ingat dengan jelas sampai sekarang, keesokan harinya saat cahaya matahari remang-remang (entah selepas subuh entah diwaktu magrib), saya melihat Ibunya Andi naik becak sambil menangis histeris melewati depan rumah saya. Saya hanya mendengar cerita orang-orang kalau Andi teman bermain saya sudah meninggal dunia karena dibawa “wiyangga” (sebutan hantu/siluman penunggu sungai ditempat saya) kedalam sarangnya dan baru ditemukan keesokan harinya dibendungan sungai yang bernama brug seng, yang berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi kami bermain.

11873534_793335290779026_6494418415111751614_n

*poto brug seng

Konon mayat andi ditemukan dalam kondisi jidatnya berlobang!! Siluman penunggu sungai ini sebutannya berbeda-beda ditiap daerah. kalau diCirebon namanya “Buncul”, ada juga yang menamakan “Bruncul”. Nah.. entah kenapa belakangan ini saya kadang bermimpi aneh… bermimpi kembali kemasa kecil saya, saat bermain bersama Iwan dan Andi. Rasanya seperti sebuah film lama yang ditonton kembali, bedanya saya merasa jadi anak kecil namun pemikiran saya ya seperti sekarang ini.Β  Jadi begini… didalam mimpi saya…

425.ab.dementors.062911

Saya, iwan dan andi turun kebibir sungai sambil membawa plastik. Lalu kami mengambil air sungai dengan cara plastik dibuka dulu lalu dicelupkan kedalam air. setelah plastik terisi air penuh, kemudian kami naik kejalan dan air disiramkan kejalan sedikit-demi sedikit hingga jalan tanah yang kondisinya kering berubah menjadi basah.

sungai-air-tawar

*poto ilustrasi

Kami melakukannya hingga berulang-ulang sampai baju yang kami kenakan basah semua. Saat terakhir kami mengambil air, posisi kami bertiga sudah berdiri membelakangi sungai dan siap untuk naik keatas. Saya melihat sesuatu yang samar-samar dikaki saya dan dalam mimpi saya, saya melihat dengan jelas sesuatu itu bentuknya mirip ekor ular!! Muncul dari dalam air lalu seperti menggelepar disamping kaki saya… saat ekor tersebut mau melilit kaki saya, dilallah saya mengangkat kaki kanan saya keatas batu siap2 mau naik.

ngipri2

Dan ekor tersebut gagal melilit kaki saya. Namun andi yang berada disebelah kanan saya, kaki kirinya berhasil dililit ekor siluman tersebut!! Sambil melangkah naik keatas, saya melihat andi diseret ekor siluman tersebut kedalam air!! terdengar suar “kejebur!!”… saya melihat Andi separuh badannya masuk kedalam sungai dan meronta-ronta berusaha lepas dari seretan ekor siluman tersebut sambil tangannya berpegangan dibatu!! Tiba-tiba muncul kepala aneh dari daalam air! yang saya lihat hanya kepala bagian atas berwarna hitam dan matanya berwarna merah menyala!!

dargon

Setelah itu saya tetap naik keatas dan seperti lupa dengan apa yang baru saja saya lihat. Lalu saya langsung terjaga dari mimpi. Ngeri bro!! kalau ingat mimpi aneh tersebut!! Konon setiap sungai itu ada penunggunya!! Jadi kalau brother biker punya anak kecil, atau keponakan atau adik, lebih baik jangan dibiarkan main disungai tanpa pengawasan!!

20 Comments

  1. saya jg pernah mandi di sungai yg berpenghuni mas yud, tp alhamdulillah saya msh diksh umur sm Yg Kuasa..
    konon katanya akan terjadi pusaran di tengah2 sungainya kalo ada manusia yg mau dijadiin tumbal, sejak saat itu saya ga berani mandi lg di sungai itu, hiiiiii

  2. Ngeri om, gak cuma sungai? Pesisir pantai utara juga banyak kejadian seperti itu, apalagi bulan suro kayak gini biasanya pantai utara kedatangan tamu dari alas roban nyari tumbal, waspada jangan mandi pantai dulu πŸ˜€

  3. (alm) bapak saya pernah cerita jaman kecil dia (maaf) beol di kali Code (Jogja), nongkrong di atas batu,saat itu sudah malam tapi ya belum malam banget, trus lagi nongkrong gitu beliau melihat banyak anak kecil main di kali tsb,pada loncat trus terjun ke kali yang gak begitu dalam,tak lama kemudian suasana berubah senyap,anak-anak kecil yang bermain sekejap hilang,langsung deh beliau ngacir pulang

  4. sungai deket rumah malah udah 3x kejadian m. mas yud.. AFAIK
    Yg pertama adek temen saya. katanya mati tenggelam. tp waktu dikeluarin air dari perutnya yg keluar bukan air melainkan darah sama makanan yg terakhir dia makan.

  5. Kalo di tmpt sy, sragen namanya Onggo-Inggi, konon berbentuk kepala dg rambut panjang yg suka melilit anak2, dan kali yg angker bukan di bengawan solonya mas, tp kali sawur, kali yg memisahkan daerah Jateng dg Jatim, sdh ngga keitung brp yg jd korban.

  6. Di sungai dekat rumah mbahku pernah kejadian sama kayak gini Lek. Padahal kedalaman sungai setengah meter dan gak deras soalnya lagi musim kemarau tapi ada anak kelas 4 sd hilang saat main di sungai tersebut waktu sore hari. Kenapa ya Lek korbannya selalu anak-anak ?

  7. sungai daerah saya juga angker, daerah warugunung karangpilang surabaya. Sungai kalimas namanya. Ya kalo penduduk lokal sih gak pernah sampai ada yg meniggal di sungai, tapi kebanyakan yg meninggal itu penduduk pendatang, kan daerah saya itu banyak pabrik. Nah kebanyakan itu karyawan pabriknya orang pendatang dari daerah.

  8. pernah juga mbah yud, waktu itu saya berlibur ke waduk nglangon purwodadi, grobogan, baru kemarin malah, mitosnya ditempat itu kalo ad perjaka ke tempat itu pulangnya bakalan meninggal, entah itu karna kecelakaan atau apa, pokoknya ad aj penyebabnya, malah penduduk sekitar pada kaget pas saya kesitu, pada bilang kok kok brani ya itu bocah, yah mungkin karna saya pendatang kali yak jadi gk tau mitos disitu, taunya pas dibilanngin sama orang sekitar om, yah alhamdulillah saya masih dukasih umur panjang sama allah swt om, tp saya gk pernah sekalipun cuci botol kok om, sumpeh deh πŸ˜€

  9. lek aku dadi wong tuwane balas dendam bagaimanapun carane..lek perlu kerajaan e dimusnahne..poso 40 dino meguru nang pelosok dunia tak lakoni..pokok e kudu dibales..ora iso ndak biasane wes suwi mahkluk2 kui gawe musibah

  10. Setahun lalu juga ada korban jiwa mas di brug seng,anak kecil +/- 5 tahunan ditemukan tewas tenggelam,kebetulan rumah tempat tinggal saya gak jauh dari situ,,konon katanya sih dijadiin tumbal makhluk gaib penunggu brug seng
    Ngeriiii men..

  11. Saya jg pernh mengalami sndiri wktu kecil,saya tersangkut ditengah2 seperty susuh burung trs adik saya menolong saya dgn menjulurkn kakinya lalu tanganku memegang kaki adikku lalu ditarik keatas sungai.alhmdllh sy slmt amin

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*