ECU motor motogp, mungkinkah bisa “dihack” dari luar??

Halo brother biker 😀 … Artikel opini yang berawal dari lamunan sembari minum kopi dan klepas-klepus. Yang namanya tekhnologi setiap tahun selalu mengalami perkembangan, begitu juga dengan tekhnologi pada mesin mobil dan mesin sepeda motor. Awalnya pake mesin tenaga uap..kemudian berkembang hingga menggunakan karburator kijang dan yang terupdate menggunakan sistem injeksi.

ECU motor motogp

sistim pembakaran injeksi dikendalikan oleh satu alat kecil yang berperan sebagai “otak” pada kendaraan bermotor yang disebut juga dengan nama ECU (Electronic Circuit Unit). Ecu ini terdiri dari Chip dan komponen-komponen elektronik kecil sekali CMIIW. ECU ini yang memenej semua sistem dikendaaraan bermotor , dari sistem pembakaran, sistem kelistrikan, sistem pengereman dan sistem yang lain. ECU generasi terbaru bisa disetting menggunakan komputer yang telah diinstal shoftware khusus… (kurang lebih sepertti itu :mrgreen: ).

DASAR INJEKSI

Bagi brother biker yang pernah menonton film 2Fast 2 Farious yang dibintangi oleh mendiang Paul Walker, tentu pernah melihat salah satu adegan saat Paul Walker melajukan mobilnya dngan kecepatan tinggi, kemudian mobilnya ditembak dengan alat khusus seperti jangkar oleh polisi. Alat khusus tersebut menancap pada body mobil dan bisa mengacaukan ECU pada mobil yang dikendarai Paul Walker.

2fast 2farius

Nah!!.. dari adegan film tersebut, saya memiliki pandangan kritis tentang beberapa kejadian Crash dibalapan Motogp yang menjadi misteri dan belum bisa dijelaskan secara tehnis. Salah satu contoh kejadian saat Motogp valencia tahun 2006, dimana saat kualifikasi Valentino Rossi bisa memperoleh pole position, namun disaat Race Valentino rossi merasa ada yang aneh dengan motornya dan terjatuh sendiri. Contoh kejadian crash yang lain adalah yang dialami oleh Marc Marquez saat balapan disalah satu seri motogp , Saat itu Marquez sedang memimpin balapan..tiba-tiba Marquez terjatuh sendiri.

rossi-kenang-kekalahan-aneh-tahun-2006

Nah dalam salah satu adegan difilm 2fast 2fariuous, alat yang seperti jangkar bisa mengacaukan ECU Mobil. Tidak menutup kemungkinan alat yang seperti jangkar tersebut memang benar adanya dan mungkin sudah berkembang dengan tehnologi yang lebih canggih menggunakan sinyal gelombang khusus dan bisa mengacaukan ECU kendaraaan bermotor tanpa diketahui oleh sipengendara tersebut.

Mungkinkah ECU pada motor Motogp bisa “dihack” atau “dikacaukan” oleh pihak luar yang memiliki kepentingan tersendiri??

Silahkan share pendapat anda 😀 .

6 Comments

  1. Yg di film pake elektromagnet ya.. Tujuannya cmn buat destroy ecu.

    Klo hack artinya hackernya masuk ke dlm system ecu.. Mkn bisa, krn video n telemetri udh direct wireless ke pit. Artinya ada jalan, tinggal kemampuan n kemauan aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*