Ringkasan kejadian Motogp season 2015 ala yudibatang

Halo brother biker 😀 .. Motogp season 2015 baru saja usai Hari Minggu tanggal 8 November kemarin dengan menetapkan Jorge Lorenzo pembalap Yamaha Movistar sebagai Juara dunia 2015. Valentino Rossi sebagai runer up dengan mengantongi 5 poin lebih sedikit dibanding Lorenzo. Marc Marquez diposisi ketiga dan Dani Pedrosa diperingkat empat. Berikut ini ringkasan kejadian Motogp season 2015 ala yudibatang 😀

rossi jerman 2015

1.Jorge Lorenzo menjadi juara dunia 2015

Terlepas dari kontraversinya, tetap saja Jorge Lorenzo sah menjadi juara dunia Motogp 2015. Diawal seri (Qatar, Argentina, Amerika), permorma Jorge Lorenzo kurang meyakinkan dan juga terserang penyakit bronkhitis. sering gagal menang karena masalah busa pada helm yang dikenakannya. Namun di seri selanjutnya (Jerez, Le mans, mugello dan catalunya), Jorge Lorenzo menunjukan “kemampuannya” dengan menjuarai empat seri balapan berturut-turut. selalu kalah poin dari Rossi hingga seri ke17, namun berhasil juara diseri terakhir.

2E3D904100000578-3309183-image-a-30_1446993534544

2.Marc Marquez yang sering terjatuh

Berbeda dengan musim sebelumnya ditahun 2014 yang sangat mendominasi, Marc Marquez dimotogp 2015 lebih sering mengalami nasib sial karena 6 kali terjatuh dan gagal finish. (termasuk sekali jatuh saat clash dengan Rossi disepang)

Marquez-jatoh-650x250

3.Valentino rossi pembalap paling sering podium

Valentino Rossi ditahun motogp season 2015 menjadi pembalap yang paling sering naik podium, tercatat hanya tiga kali rossi gagal podium (San marino, Australia dan Valencia)

Valentino-Rossi-Podium

4.Dani Pedrosa absen karena masalah kesehatan.

Dani Pedrosa yang menurut saya pembalap paling fair, performanya lumayan menjelang seri selesai. sayangnya Dani memiliki masalah dengan “arm pump” yang mengharuskan dioperasi dan pemulihan hingga harus absen selama tiga seri.

26-pedrosa__gp Malaysia

5.Gelar juara diperebutkan oleh pembalap dalam satu tim

Yups, musim 2015 ini mungkin manjadi satu-satunya musim motogp dimana tiga seri menjelang bubaran, Gelar juara diperebutkan oleh dua pembalap dalam satu tim. yup.. Tim yamaha Movistar..Jorge Lorenzo VS Valentino rossi.

6.Tim Yamaha Movistar Mendominasi Motogp 2015

DiMotogp sesion 2015, Tim Yamaha Movistar mendominasi balapan, hal ini terlihat dari perolehan kemenangan Tim yamaha sebanyak 11 seri (Jorge Lorenzo 7 dan Valentino Rossi 4). Tim Repsol honda hanya mampu meraih 7 kemenangan (Marquez 5 dan Pedrosa 2). Ditahun 2015 ini Tim yamaha Movistar juga berhasil menjadi juara konstruktor sebelum semua race usai.

Movistar Yamaha Lorenzo dan Rossi 2015

7.Repsol Honda “bermasalah” diawal, digjaya diakhir.

Tim repsol Honda dengan senjata Honda RC213V 2015 sejatinya memiliki performa mesin yang joz, namun sasis yang dipake kurang pas. Diawal-awal seri Marquez beserta Honda RC213V lebih sering terjatuh dan gagal finish. Namun setelah Marc Marquez mengganti dengan sasis 2014, Motor Honda RC213 kembali moncer.

8.Tim Ducati factory banyak memberikan kejutan.

Diawali dibalapan perdana diQatar dua pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Ianonne dengan menunggan motor Ducati GP15, bisa berada diposisi dua dan tiga. Sayangnya performa ducati kurang konsisten ditengah musim hingga akhir musim 😀

Podium qatar 2015

9.Debut Tim Suzuki yang lumayan

Tahun 2015 merupakan awal kembalinya Suzuki digelaran Motogp. Sebagai tim pendatang baru secara umum performa Suzuki not bad lah… bisa beberapa kali pole position  dan finish diurutan 10 besar. Yah..memang untuk awal comebacknya, suzuki hanya menargetkan 10 besar saja. Diantara empat tim pabrikan, hanya Tim Suzuki yang belum menerapakn SSG dimotornya CMIIW.

motogp_maverick_vinales-3-L

10.Maveric Vinales Rookie of the year

Pembalap yang mengawali debutnya dikelas Motogp bersama tim Suzuki Ecstar menjadi Rookie of the year. Terlihat Maverick Vinales memilik Potensi yang masih bisa berkembang dimasa datang.

11.Tim Aprilia yang merana

Tim Aprilia satu-satunya tim yang awut-awutan prestasinya. Hingga pembalap andalannya Marco Melandri memutuskan hengkang sebelum kontraknya selesai dn digantikan stefan Bradl.

11.Tahun 2015 menjadi musim terakhir Nicky Hayden diMotogp

Dimotogp ditahun 2015 ini mantan juara dunia tahun 2006 Nicky Hayden (bersama Repsol Honda) “pensiun” dari Motogp dan dinobatkan sebagai Motogp legend. Nicky dikabarkan akan berpindah keWSBK tahun depan.

motogp-valencian-gp-2006-2006-motogp-world-champion-nicky-hayden-celebrates-2

12.Motogp 2015 menjadi balapan yang penuh kontraversi

Yups.. Motogp musim 2015 diawal seri hingga seri ke15 (Motegi Jepang) terlihat berjalan Normal. namun disaat peluang Marquez tertutup menjadi juara dunia  pasca seri Motegi Jepang, balapan mulai terlihat ada kontraversi. Ditiga tiga seri balapan tersisa kontraversi itu mulai muncul. yang pertama disirkuit Philip Island Australia, yang kedua disirkuit Sepang malaysia dan terakhir disirkuit valencia Spanyol.

13.Clash Rossi vs Marquez disepang akan selalu diingat

Yups.. peristiwa clash antara Valentino rossi vs Marc marquez disirkuit Sepang Malaysia yang melahirkan “jejekan” maut, akan selalu diingat oleh penggemar motogp dan masuk dalam sejarah balapan dunia. CSJUJBKUcAAe4K_

14.posisi start kandidat juara dunia yang aneh

Yups mungkin hanya digelaran Motogp 2015 ini yang menyajikan posisi start aneh antara dua pembalap yang memeperebutkan titel gelar juara dunia. kandidat pertama jorge Lorenzo start dari paling depan, sementara kandidat kedua Valentino Rossi start dari urutan paling belakang.

Apapun itu, balapan sudah berjalan “sesuai” aturan… kita cuman penonton, nggak bayar pula :mrgreen: kita tunggu saja Motogp sesion 2016 ditahun depan 😀

 

12 Comments

  1. nice artikel,dua jempol dah,bagai setetes air di padang gurun,bosan dengan artikel2 yg terus2an mengangkat kontroversi musim 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*