Nama motor bebek yang semakin terlupakan

Halo brother biker 😀 … Artikel selingan…Motor bebek sebenarnya sebutan orang Indonesia dalam menamakan salah satu jenis motor. Namn jenis aslinya adalah sepeda motor jenis cub. DiIndonesia sendiri, setiap pabrikan motor memberikan nama jenis motor ini berbeda-beda. AHM alias Astra Honda Motor menamakannya denga sebutan Tipe bebek, Yamaha Indonesia menamakannya dengan sebutan moped dan Suzuki menamakannya dengan underbone.

moor bebek

Namun seiring dengan larisnya motor matik atau skutik, keberadaan motor bebek semakin tersisihkan. Ternyata nama motor bebek sendiri sekarang mulai terlupakan, terutama pemotor generasi tahun 90an akhir dan generasi tahun 2000an. Lho kok bisa? Yups..parameternya sangat sederhana. kebetulan ditoko saya menjual kursi boncengan anak khusus motor matik dan kusus motor bebek.

EXIF JPEG

Nah..setiap calon pembeli yang datang saya jelaskan kemereka bahwa ada dua jenis kursi boncengan anak rotan. Jenis pertama khusus untuk motor matik dan jenis kedua kusus untuk motor bebek. Ternyata setiap saya menyebut motor bebek, calon pembeli selalu bertanya-tanya sambil tersenyum seolah-olah saya dianggap sedang bercanda. “motor bebek sih motor opo mas? motor gigi po? translate : “Motor bebek itu motor apa mas? apakah motor gigi? ” 

EXIF JPEG

Yups sekarang asumsi masyarakat tentang membedaakan jenis motor, sudah mulai bergeser. Sebagian besar dari mereka sudah tidak menyebut motor bebek. Melainkan motor gigi (Mungkin maksudnya motor yang pake transmisi manual ). Mungkin sudah hukum alam, karena motor bebek kalah dari segi fungsional dan cara pemakaian dibanding motor matik, lambat laun …pasti motor bebek akan punah dan tinggal kenangan. Padahal karena motor bebek inilah saya mulai belajar naik motor.

Bagaimaan dengan didaerah anda? apakah masih banyak yang menyebut motor bebek? atau sudah ganti motor gigi? 😀

 

 

10 Comments

  1. Di tempat saya juga sebutan motor bebek masih populer.
    Btw saya masih pake bebek Jia Ling JL-100 tahun 2000 tapi jeroannya udah pake Grand.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*