Barbagai sebutan nama “operator” Bank keliling diJawa Tengah

Bank keliling

Yudibatang.com – Halo brother biker … Waktunya artikel selingan dan hiburan penangkal setres. Yups..hampir disetiap daerah dipulau jawa terdapat yang namanya Bank Keliling. Dua kata tersebut sebenarnya hanya sebutan dari masyarakat, kalau nama aslinya umumnya depannya bernama Koperasi tapi ada juga yang perseorangan. Namun yudibatang tidak akan membahas seluk beluk jenis usahanya atau koperasinya,  yang dibahas adalah nama-nama sebutan masyarakat ditiap daerah dalam menyebut “operator” penagih dilapangan.

Nama lain Bank Keliling

1.Bang Tangkluk

Kata Bang Tangkluk adalah sebutan operator penagih Bank keliling dilapangan didaerah sekitar Solo dan jogja. Kenapa dinamakan tangkluk, karena setiap hari datang terus “tangkluk-tangkluk”

2.Bang Uthuk, Bang Gejleg

Kata Bang uthuk dan Bank gejleg, adalah sebutaan operator Bank Keliling Masyarakat sekitar wilayah Tegal dan Brebes. Kata Uthuk itu penjelasannya sioperator Bank Keliling mendatangi nasabah (biasanya pedagang kecil sekali dipasar), lalu sioperator bank keliling jongkok sambil menunggu ada orang membeli jualan si nasabah. Setelah ada yang beli barulah nasabah memberikan setoran hariannya kepada operator. Selanjutnya operator pindah kepelanggan lain dan kembali jongkok disamping pelanggan.

Nah..proses perpindahan dari satu kastamer kekastamer lain itu digambarka dengan kata “uthuk-uthuk” he..he.. Sedangkan kata “Gejleg” menjelaskan sioperator yang bank keliling menagih pelanggan dengan berjalan kaki, umunya dari satu desa kedesa lain. Siopertor berjalan kesana kemari dan digambarkan dengan kata “gejleg” .

bang sat

3.Bank Thungul

Kata bank Thungul itu sebutan operator bank keliling untuk masyarakat sekitar wilayah Batang dan Pekalongan. Jujur saja, pertama kali mendengar kata “Bank Thungul” saya langsung tertawa terkekeh-kekeh sendiri. Penjelasan kata Thungul = thongol -Nongol = Muncul. Kenapa dinamakan Bank Thungul, karena operator ini datangnya tak terdunga..tau-tau muncul didepan rumah he..he..

thungul

4.Bank Thitil

Ini juga..saya pertama kali mendengar kata Bank Thitil langsung ketawa-tawa sendiri. Nama bank Thitil adalah sebutan masyarakat daerah Sala Tiga-Ambarawa-Klaten dan semarang dalam menyebut operator bank keliling. Kata Thitil itu menggambarkan orang lagi berada dimeja makan dan melihat banyak macam-macam makanan, lalu orang tersebut mengambil sendikit dari tiap makanan tersebut untuk dicicipi. nah.. begitu pula bank Thitil… berada disekitaran pedagang ekcil, lalu mengambil sedikit setoran kepada tiap pedagang.

bank titil 1

5. Bank Plecit

Sebutan Bank Plecit umumnya berasal dari daerah Klaten, Magelang dan sekitarnya. Kenapa dinamakan Plecit ? karena operator ini akan terus mengejar nasabahnya agar segera setor.

 

Nama-nama orang yang bermakna memanjangkan umur

20 Komentar

  1. Di daerah Rembang juga disebut BANK THITHIL. Mungkin daerah se eks karesidenan Pati juga demikian. Bank thithil dicaci tapi juga dirindu banyak orang.. 🙂

    • Aku wong purwodadi.
      mindring itu sebutan khusus penjual barang2 kreditan, biasanya menagih sekaligus menjual barang. (Nge-bon ke dagangan)
      kalo penagih hutang khusus uang itu namanya bank titil.
      Jadi mindring sama bank titil itu beda.

  2. Yup, btul mas Yud, di pelosok Klaten namanya bank plecit, dan juga ada mindring. Klo yg mindring, dia bawa dagangan, biasanya perabot dapur, dijual dgn sistem kredit ringan. Mindring yg di desa ortu saya, orangnya dari Bandung, datang menagih tiap hari pasaran Pahing. Orangnya super suabar dan baik. Saking baiknya, klo pas Pahing tidak datang malah dianya yg diarep-arep sma ibu-ibu tetangga… 🙂

  3. Kalo di Blitar yg ngetren bank thithil sama bank plecit kang….karena tiap hari “nithili” anakane,ky ikan disungai kecil yg nthili t4*…hehehe,disebut bank plecit karena yg didatangi sering sembunyi..trs toap hari dikejar sampai dapet.

  4. Kalo di Gombong-Kebumen sebutannya “Bank Ucek-Ucek” karena datang nya pagi”… kita baru bangun tidur masih ucek-ucek mata Dia udah nongol.

  5. Bang ucek ucek.. daereah banyumasan. Soale duite biasane 5ewuan utawa 10ewuan wes kusut. Dd nek do rapiin diucek2 disit.. haha.. eniwei.. ini cara cari makan saya ..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.