Mengganti ban sepeda motor sendiri.. siapa takut?

Halo brother biker πŸ˜€ … Ban adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor. Motor sehebat apapun dan sekencang apapun kalau bannya botjor ya..nggak bisa dipakai (Kecuali Ban Vespa, bisa diisi rumput :mrgreen: ). Ban sepeda motor ada dua tipe, yang pertama tube type atau Ban yang menggunakan ban dalam dan Tube less atau ban yang tidak menggunakan ban dalam.

yudibatang ganti ban

Nah.. Urusan tambal ban dan ganti ban sudah ada ahlinya sendiri yaitu tukang tambal ban dan bengkel. namun..yang namanya biker, kadang ada perlunya juga mencoba sendiri..bagaimana cara mengganti ban. Hal ini bisa berguna disaat kita sedang naik motor sendirian dan ban motor kita kempes atau bocor sementara tidak ada tukang tambal ban yang buka.

Kusus untuk biker yang tinggal didaerah pedalaman, ketrampilan ini juga perlu dipelajari dan dikuasai. Bayangkan bila biker yang tinggal didaerah pedalaman lagi naik motor melewati hutan belantara dan tiba-tiba bannya botjor ditengah hutan… bisa nangis kebo masbro, nggak ada yang nolongin. Yang ada malah disamperin lelembut..he..he.. :mrgreen:

yudibatang ganti ban 2

Nah..kalau kita sudah pernah mempraktekannya, tentu kita tidak akan kebingungan menghadapi situasi seperti diatas. Dan juga bisa berguna disaat malam hari ada pemotor dari luar kota atau luar desa yang mengalami bocor ban, kita bisa memberikan bantuan dengan cara menolong menggati ban sepeda motornya yang botjor… πŸ˜€

7 Comments

  1. pertamax??

    kalo ban tubles saya biasanya nyiapin cuma benang jahit sama lem atlteco atau sejenisnya. Tinggal masukin lem ke lubang yang bocor trus sumpeli sama benang jahit. Tunggu kering.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara mengganti sendiri Ban dalam sepeda motor dengan alat ala kada – iNFO BERiTA & WAWASAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*