Cara mengganti sendiri ban dalam sepeda motor dengan alat seadanya

Halo brother biker 😀 .. Melanjutkan artikel tentang mengganti ban dalam ..Ban sepeda motor ada dua tipe, yang pertama tube type atau Ban yang menggunakan ban dalam dan Tube less atau ban yang tidak menggunakan ban dalam. Kusus Tube less atau ban tanpa tanpa ban dalam, lebih mudah dan simple mengatasinya bila terjadi kebocoran. Ditoko sparepart sepeda motorpun sudah banyak dijual penambal ban tubless.

yudibatang ganti ban

Namun untuk ban dengan ban dalam, harus dilakukan dengan cara yang lebih sulit. Nah ..Artikel ini, akan menjelaskan bagaiman cara mengganti ban dalam sepeda motor dengan alat seadanya. Urusan tambal ban dan ganti ban sudah ada ahlinya sendiri yaitu tukang tambal ban dan bengkel. namun..yang namanya biker, kadang ada perlunya juga mencoba sendiri..bagaimana cara mengganti ban. Okay..langsung saja :


ganti ban 1

1.Siapkan peralatan dan ban dalam baru.

Peralat yang dibutuhkan untuk mengganti ban dalam diantaranya :

a.Kunci sok ukuran 17mm (untuk membuka baut dishock depan bagian kiri)

b.Kunci Pas Ukuran 14mm (Untuk menahan kepala baut dishock depan bagian kiri)

c.Dua buah obeng min yang panjang (Untuk mencongkel bibir ban luar)

d.kunci pas ukuran 12 mm untuk mengendorkan dan mengencangkan baut ditempat lubang angin.

d.Ember bekas untuk mengganjal dek.

f.Pompa angin.

g.Ban dalam baru

2.Pompalah ban dalam yang baru untuk memastikan kondisi ban benar-benar tidak bocor.

ganti ban 6

3.lepas baut pengikat pada lubang angin. dan ganjal dek bagian bawah dengan menggunakan ember/kaleng cat bekas.

ganti ban 5

4. pasang kunci pas ukuran 14 dikepala baut shock sebelah kanan dan pasang kunci sok ukuran 17 dikepala baut shock sebelah kiri. posisikan anda didepan ban, tangan kiri memegang kunci pas dan tangan kanan memegang kunci shock dan tekan kunci shock kebawah. Ingat, gunakan kunci shock atau kunci yang lain tapi pegangannya yang panjang, fungsinya agar mendapatkan torsi yang lebih besar dan lebih mudah melepas kepala bautnya.

ganti ban 3

ganti ban 4

5.masukan obeng pertama kebibir ban didaerah sekitar lebuang angin, congkel bibir ban sampai keluar dari velk… masukan obeng kedua dan congkel lagi sampai bibir ban keluar (Bagian ini termasuk sangat susah). ganjalkan kunci pas dibibir ban yang sudah keluar. cabut obeng pertama dan congkel biir ban disebelah obeng kedua. dst.. sampai bibir ban lepas semua dan keluarkan ban dalam.

ganti ban 7

6.Lepas kepala baut 17 mm dengan ringnya dan Keluarkan “hub” dari lubang dengan cara didorong pake tangan. lepas rumah kabel spedometer dan lepas velk beserta cakram remnya dengan pelan-pelan.

ganti ban 9.1

7.Keluarkan ban dalam yang sudah bocor/rusak dan masukkan ban dalam baru. Posisikan rumah lubang angin pas dengan lobang untuk rumah lubang angin divelk.

ganti ban 10

8.Masukan semua ban dalam kedalam ban luar, masukan bibir ban sedikit demis edikit lalu tekan pakai tangan.

ganti ban 12

9.Setelah bibir ban masuk separo, baru gunakan obeng untuk memasukan dengan paksa sisa bibir ban (Bagian ini “uangel” (sulit) sekali ).

yudibatang ganti ban 1

10.Setelah ban luar daan ban dalam masuk kembali kedalam velk, pasang baut rumah lubang angin dan kencangkan. Pompa bannya dan pasang kembali velk kelubang shock. Masukkan hubnya dan pasang kepala baut 17 dilubang kanan shock serta kencangkan. Selesai…. Tes dulu muter-muter, kalau yakin sudah nyaman..berarti prosesnya bener dan tak ada masalah.

 

Semoga berguna 😀

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*