Pengalaman hampir ditabrak bis gara-gara power motor ngedrop dijalan lingkar weleri Jawa tengah

Halo brother biker 😀 … Pengalaman ini terjadi ditahun 2008 saat  saya sedang solo riding dari Semarang hendak pulang keBatang Jawa tengah. Kendaraan yang melintas dijalan lingkar weleri Jawa Tengah pada saat malam hari rata-rata melaju kencang… yah..karena jalan lingkar relatif bebas “hambatan” . Pemotorpun demikian, rata-raata pada melaju kencang kalo nggak pengin “disasak” oleh gerombolan bus malam yang menuju Jakarta dan larinya gila-gilaan.

yudibatang in action

Sewaktu saya lagi mendahului bis malam dan posisi motor sudah didepan bis agak kepinggir, tiba-tiba power motor ngedrop!! motor melambat sendiri… waduh! nggak bisa lari nih motor! … Bis malam tersebut menghindari saya dan mengklakson keras-keras “thot!..thot!!”.. dan sikernet teriak -teriak “baji**gan…minggir..!!” Hampir saja saya ketabrak bis, saya minggir mlipir dibahu jalan.. motor cuman bisa lari 10 km/jam

bus malam

*poto ilustrasi

Saya paksakan motor jalan walau sangat pelan sekali, sampe dipos polisi alas roban, saya berhenti.. trus diskusi sama pakpolisi yang berjaga diPos tersebut, pak polisi juga tidak tahu apa penyebab motor saya ngedrop. Ya..wis..jalan lagi, walau cuman lari 10 km/jam..ahirnya sampe rumah juga 😀

DSCN5276

Keesokan harinya saya periksa sendiri kondisi motor, cek busi, cek kelistrikan, semuanya normal. Setelah buka jok motor, ternyata masalahnya ada dilubang box filter udara yang tersumbat jas hujan. Untuk para bikers penguna semua jenis sepeda motor, hati-hati jangan manaruh benda-benda yang bisa menyumbat lubang box filter udara, seperti jas hujan, gombal, tas kresek dan lain-lain. Karena dengan tersumbatnya lubang box filter udara, proses pembakaran menjadi tidak balance (campuran udara dan bensin tidak seimbang) dan mengakibatkan power motor jadi ngedrop 😀

Semoga berguna 😀

13 Comments

  1. Sebenarnya di buku panduan sudah ada “Warning” untuk tidak menaruh benda apapun di bawah jok, karena bisa menghambat aliran udara ke filter.

    Kalo saya pernah mengalami Vario ISS yg “mblebek” sehabis dicuci. Saya bawa ke AHASS, ama montir ditemukan knalpotnya penuh air. Rupanya waktu nyuci tadi cucu saya masukin selang air ke knalpot.

  2. saya dulu pernah juga, waktu itu pakai thunder 125 gen 1 yg mesin tanpa kick itu lho. Kondisi motor ganti karbu RX-King, pas nyalip angkot kebetulan jalanan sepi, eh tiba2 pas sampek di depan angkot motornya mendadak mbrebet, aasyemmm… akhirnya ane langsung nyalain lampu sein kanan trus sekalian belok kanan. Eh tuh sopir angkot ngumpat2 ke ane….
    pas ane check ternyata karet filter kurang rapat nempel di karbu dan baut klem manifold juga kurang rapat jepit karbu, karena ane barusan bongkar karbu. Parah deh….

    Nah pengalaman laen juga pernah, masih naik thunder 125 juga, tapi kali ini pakai thunder versi 2006 mesin udah kick starter. Nah pas lagi nyalip truck tiba-tiba setir kayak goyang2, langsung ane minggir check stir normal gak kenapa2, ban depan juga gak kempes, ban belakang agak kempes sih tapi gak terlalu. Lalu ane naikin pelan ke tukang tambal ban, ane isi angin aja. Kebetulan udah malem gak sempet ngecheck ban, ada paku atau enggak. Setelah itu normal, nah pas sampai rumah ane check ban belakang ada paku masih nancap. walah…. langsung ane cabut trus ane bawa ke tukang tambal ban…. ane pakai ban biasa bukan tubless..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*