pengalaman teman, ndlosor dari motor gara-gara komstir oblag!

Halo brother biker 😀 … Komstir oblag!! dua kata ini dipopulerkan oleh Yamaha Old vixion…he..he.. :mrgreen: . Tahukah anda, penyakit komstir oblagh ini bila tidak segera di”obati” efeknya sangat membahayakan sekali!! Bisa membuat pengendaranya celaka!! Hal ini dialami oleh teman yudibatang yang bernama Pakdodo.

komstir oblak

*poto yusuppurwoko.wordpress.com

PakDodo ini sehari-harinya menggunakan motor roda tiga yang bermerek ternama, aktifitas pakdodo adalah mengangkut beras dari “Rice mill” (penggilingan kabah menjadi padi) kepada pengecer. Waktu itu motor roda tiga yang biasa dikendarai pakdodo sudah terserang penyakit “komstir oblag” parah.. namun simajikan tidak kunjung memperbaikinya. Karena ketidaktahuan pakdodo, motor roda tiga tersebut tetap dipaksa mengangukut beras. Menurut pakDodo, ketika motor tidak membawa muataan, komstir oblag ini tidak terlalu “ngefek” karena motor hanya dipakai jarak dekat dan pelan-pelan.

motor roda tiga mengangkut beras

*poto ilustrasi

Nah..saat motor dipakai mengangkut beras sampai over load, motor sering “susah” dikendalikan… Kalau sudah belok diarahkan lurus kedepannya lagi agak susah. Saat itu pakdodo mengendarai sepeda motor roda tiganya dijalan yang menghubungkan kabupaten (Batang-Pekalongan) yang disisi kiri kanan jalannya kebanyakan terdapat sawah. Puncaknya saat ban depan kejeglong lobang, setang motor belok kekiri tapi dilurusin kedepan nggak mau! setang tetep belok kekiri dan akhirnya motor meluncur masuk kedalam sawah dan pakdodopun ikutan “nyemplung” kedalam sawah.

motor roda tiga masuk kesawah

*poto ilustrasi

kaki kiri pakdodo sobek terkena sudut bak besi yang lumayan tajam!! Orang-orang dan masyarakat sekitar yang melihatnya segera mendekat dan menolong pakdodo serta membawanya keklinik terdekat. Untung nyawanya masih selamat nggak sampe ketiban bak besi yang berisi beras!

So.. waspadalah, kalau motor anda sudah terjangkit komstir oblagh, segeralah diperbaiki.. bahaya!!

 

14 Comments

  1. Punya ane piksen 2011-2015 4/5 x ganti komstir yg terakhir ini baru 2 minggu dah cekluk lg..!!
    Pasrah capek tur lelah begini trus. Klo duit tabungan dah terkumpul pingin ganti sport suzuki taun 2016 jika beneran keluar & modelna bagus..!!
    Gak jupiter ga piksen bener2 kelewat ganas kata montir plus owner bengkel tetangga ane..!!! Pdhl dah pake komstir ori ane, piye jal…!!!
    Jd gondok plus sakit ati ama nih montor pak dhe yud. Pingin nyalurin hasrat ngebut dijalan mulus sepi komstir somplak jedag jedug….menyebalkan…!!!
    Dipikir2 keknya wajib pindah ke merk lain mungkin…!!!

  2. pernah lihat rider alay ngebut pakai suzuki smash gak pake helm. nyungsep di parit sebelah kiri di daerah batang sebelum limpung.daerah hutan jati.wkwkwk

  3. gw di tahun ke 4 baru kerasa dikit oblag, sebelum akut lsg ke bengkel buat ganti komstir, kena 350 rebuan.
    tergantung rute jg sih, makin sering ketemu poldur dan pothole bakalan makin cepet oblag

  4. pernah waktu itu piksen ane masih standar pas baru nebus dari dealer trus pas ane coba sehari selanjutny pas jalan stang kerasa ngebuang kayak goyang om kira2 knapa y?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*