yang harus dilakukan ketika mata kelilipan saat berkendara sepeda motor

Halo brother biker 😀 … Kelilipen atau mata kemasukan benda kecil secara tiba-tiba, kelihatannya sepele.. namun kalau kejadiannya pas disaat kita berkendara dengan sepeda motor, kelilipen bisa membayakan diri dan orang lain. Yudibatang teringat pengalaman yang terjadi ditahun 2004. Saat itu saya hendak menuju kesebuah pabrik Furniture didaerah Sayung, Demak dengan bersepeda motor. Saat siang hari nan panas dan berdebu, didepan kawasan industri LIK semarang, mata saya tiba-tiba kelilipen debu dan reflek tangan saya langsung mengucek-ucek mata…tiba-tiba “tak!!”

kelilipan

Ban depan motor saya menyenggol ban depan motor pengendara lain yang hendak menyeberang jalan. Reflek saya pinggirkan motor dan menghampiri pengendara motor yang sempat bersenggolan dengan motor saya. Setelah ngobrol-ngobrol, pengendara tersebut tidak apa-apa, sayapun meminta maaf..salaman, lalu lanjut perjalanan. Pengalaman yang lain terjadi dipetang hari pas Magrib berkendara melewati kawasan persawahan. Ternyata “mrutu” (kutu) banyak sekali dan ada satu mrutu yang masuk kemata…hadeh, motor oleng karena tangan berusaha mengucek mata.

21564-bahaya-serangga-menyerang-saat-riding

Dari pengalaman diatas, setiap saya kelilipen saat berkendara motor saya melakukan hal-hal seperti dibawah ini :

1.Saat mata kemasukan benda asing pas naik motor tutup kelopak mata. bahasa jawanya “micek” (kelopak mata ditutup terus sampai motor berhenti)

2.nyalakan lampu sign kiri.

3.kurangi kecepatan dan berhenti dipinggir jalan (keluar dari aspal)

4.setelah motor berhenti (motor tetap kondisi hidup dan lampu sign tetap nyala), usap mata pelan-pelan dengan jari. Jangan dikucek-kucek! Mrutunya nanti malah masuk kedalam. Kalau pas bawa air mineral, basuh mata dengan air mineral dan berusaha keluarkan pelan-pelan benda asingnya dengan cari telunjuk.

5.Setelah benda asing berhasil dikeluarkan lanjut perjaalanan, jangan lupa nyalakan lampu sign kanan dan tengok kebelakang dulu memastikan kondisi jalan belakang anda aman, baru motor jalan.

 

Semoga berguna 😀

6 Comments

  1. kalau pake helm half face saya kurangi hembusan angin ke mata tutup dulu visornya
    baru nepi.
    soalnya dikucek sketika makin mnggoda buat di kucek lagi dan lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*