Naik bus dan duduk dibelakang supir, itu bisa memacu andrenalin!

Halo brother biker 😀 … Artikel tentang bis lagi. Dulu saat yudibatang masih bekerja sebagai Inspector furniture dan sering bepergian keluar kota dengan menggunakan jasa bus (kebanyakan bus bumel) jurusan Solo-Surabaya via Madiun. Saat itu bus favorit yang yudibatang naiki adalah Sumber Kencono atau sumber selamat (sekarang namanya Sugeng Rahayu CMIIW).

bus sumber kencono balapan

Bus bumel Sumber kencono terkenal “rajanya” jalur Solo-Surabaya. Bus ini terkenal suka berlari kentjang. Jangankan lawan bus kompetitor, lawan sesama bus sumber kencono juga suka “balapan”. Busnya rata-rata sangat terawat, mesin-mesin dan suspensinya sangat joss. Sasis dan bodinya terlihat kokoh (bukan obregkan :mrgreen: ), Interiornya juga lumayan bersih dibandingkan kompetitor. Satu lagi tarifnya murah. Dulu malah yudibatang punya “kartu kusus” langganan berwarna kuning.. bila menunjukan kartu kusus ini, kita mendapat potongan harga 😀 . Itu sekelumit gambaran salah satu bus bumel yang “menguasai” jalur Semarang-Surabaya, Joga-Surabaya dan Solo-Surabaya.

Hot seat bus bumel

Nah.. bila naik bus ini dan kita mendapatkan tempat duduk disekitar belakang supir, itu bisa memacu andrenaline dan bikin jantung “deg-deg ser!!” . Apalagi saat melewati jalur Sragen-Ngawi yang jalannya masih dua arah (maksudnya satu jalan masih digunakan bersama-sama kendaraan dari arah berlawanan). lebar lintasannya juga relatif sempit. Kalau buat dua bis berjejer, udah mepet banget.

balapan bus dingawi

Bus-bus bumel surabayanan ini tidak segan-segan “mengadu muka” dengan kendaraan dari arah berlawanan bila tidak mau mengalah. Meski lebar lintasannya sempit, mereka masa bodo.. ada sedikit celah,sikat terus!. Apalagi Pengendara sepeda motor… kalau ketemu bus-bus gila ini dan tidak mau minggir , malah bisa “disasak!” Pokoke “gemblung” supirnya. Ha..ha… 😀

hot seat

*poto Mbah Wahid, sopir bus ngintip siap-siap mau over take

Misalkan sopir sudah mulai “ngintip”, kita yang duduk dibelakang supir jadi seperti ikutan ngintip. terlihat didepan sekitar 100an meter ada kendaraan lain (truk, mobil pribadi dan lain-lain). Dalam hati kita akan ikutan “menghitung” dan mengira-ngira serta berkomentar ” ora nyandak iki..ora nyandak iki.. ojo nyalip.. “ translate: “Nggak nyampe nih..nggak nyampe nih… jangan over take..” . namuuun.. ternyata sisopir mengambil keputusan berbeda… dia tetap over take!! busyet!! kendaraan dari lawan arah sampai minggir keluar dari jalan aspal!!

bus ugal-ugalan

kita yang duduk dibelakangpun reflek pegangan botol kursi dengan erat dan jantungnya berdebar kentjang!! Waduhh..!! pokoknya andrenalin sangat terpacu.. nggak bisa tidur!! penginnya ikut “menyimak” aksi sang supir sambil “klepas-klepus” he..he… Namun semenjak yudibatang mengalami kecelakaan bus didearah Ngawi -jawa timur (artikelnya ada disini Pengalaman kecelakaan naik bis rombengan dijalan raya ngawi jawa timur ) , yudibatang nggak berani duduk dikursi belakang supir alias “kursi panas” ..ngeriii..!!

 

11 Comments

  1. Tapi asyikk lho mas…
    Pengalaman dulu sering naik bus ini dari Yogya ke Sragen, pas malam hari…. Mesin di depan suaranya bener2 ajibb…..

  2. Coba ketemu penguasa pantura,”bejeu”..
    Barusan tgl14 kmaren sehabis pulang dines pagi emang rencana mudik dari tangerang ke blora,start jam stngah6an masuk tol sih g ada yg istimewa,tp slepas dr tol pejagan skitar jam 21.30an masuk jalur pantura brebes langsung disambut bis item ngedim2 di blakang,ane kasi jalan dikit bis tsb lngsung ngacir,sketika itu jg kepikiran”wah kalo ngikutin bis kentjeng dijamin cepet smpe rumah klo g kuburan skalian”,okelah mulai ane buntutin itu bis yg merk nya bejeu itu dgn kepet blakang tulisannya klo g salah “dont forget me”, baru nempel bentar bis tau2 bisa d bilang ” ngacir scara ghoib”saking kentjengnya,g lama bisnya bisa ane salip juga(wong lg mampir pul,klo g salah),perasaan dh tenang dikit(wah,bejeu jauuh neh),eeeh tau2 dh nempel dibelakang lagi,wasyem,g lama lagi2 bis nya ngilang jauh dr pandangan mata lg,ee tau nya ane bisa selip lagi(lg2 ngetem) klo g salah d tegal,dalem hati wuasyemb,di pur dua kali neh,stlah doi di blakang dan sukses nyelip ane lagi ane berani2in buat nguntit tuh bejeu,sambil mikir giilee tuh bis segede gitu bisa lincah bgt d keramaian pantura,ane dgn modal mobil kecil(innova disel) aja kembang kempis nyawanya ngikutin dr blakang,apa lagi pas masuk jalan kota(tanpa pembatas marka)wis mirip2 “sumber bencono” beneran,tapi alhamdulillah spanjang tegal sampe kendal sukses ane buntutin,smpe akhirnya doi sukses nyalip rosalia indah,dan ane kesulitan nyalip si rosalia krn cenceng juga,selepas overtake rosalia slse sudah cerita,sang bejeu sudah hilang dlm kenangan..
    Tapi berkat bejeu juga bisa mangkas waktu signifikan,total tangerang blora cuma 10jam..

  3. Weleh. . . Weleh. . . nek karo SG (Selamat Group), Sumber Selamat & Sugeng Rahayu kudu tatag ati kang. pengalaman lebaran tahun kemarin naek pio wktu riding ke ponorogo sampe didaerah madiun, speedometer ane 145 km/j itu bus jaraknya 10 meteran di depan dan semakin jauh. bayangin lari berapa tuh bus?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*