Benarkah Cirebon adalah kota sejuta tilang?

Halo brother biker 😀  … Cirebon adalah salah satu kota yang terletak dipropinsi Jawa barat. Cirebon sebenarnya termasuk kota yang berusia tua, karena sebelum kota-kota lain ada, Cirebon sudah lebih dulu ada dari jaman kerajaan dan jaman wali. Cirebon dikenal daerah Berintan atau kota udang. Asala muasal terasi juga dari kota ini.

cirebon kota sejuta tilang

Nah..beberapa hari yang lalu ada “meme” unik tentang kota cirebon yang berasal dari salah satu grup FB Wong Cirebon CMIIW. Pengalaman yudibatang berkendara sepeda motor bolak-balik dari Batang Jawa tengah menuju Kecirebon dan sebaliknya selama empat tahun (2010-2014), Memang hampir setiap hari selalu ada razia yang dilakukan oleh Polisi lalu lintas kepada pengendara sepeda motor.

razia polisi cirebon

Jujur..walau sering wira-wiri kekota cirebon untuk mencari nafkah, namun “perasaan was-was” selalu muncul tatkala riding sudah memasuki wilayah Cirebon.  Selama empat tahun riding, yudibatang pernah sekali ketilang disaat razia dijalan raya cirebon dekat pintu tol keluar Plumbon. Artikelnya ada disini . Selebihnya yudibatang sering adu argumen dengan oknum polisi Cirebon. Karakter polisi lalu lintasnya pun bermacam-macam, ada yang ramah dan baik, ada yang arogan dan mencari-cari kesalahan.

surat tilang polisi sumber Cirebon

Bagi pemotor luar kota yang pernah melintasi wilayah cirebon, biasanya memiliki “memory” yang buruk tentang razia polisi diwilayah Cirebon. Pemotor dengan plat nopol Luar daerah cirebon (Selain “E” ) umumnya menjadi “sasaran” empuk bagi oknum polantas Cirebon. Image kurang bagus tentang Polantas Cirebon sudah melekat erat dikebanyakan Masyarakat Cirebon sendiri. Benarkah Cirebon adalaah kota sejuta Tilang?? he..he..

17 Comments

  1. Nggak setuju sy msbro.. Kalo di juluki kota seribu tilang, pengalaman kawan2 sy tu lewat sana nggak ada kok yg ditilang, yaa salam tempel semua…. Wkwkwk…..

  2. dari pengalaman 5 tahun terakhir riding.. kayaknya lumayan setuju, cirebon kota razia, kalo tilang sih jarang kayaknya 😀 .. sebenernya bukan di kota doang, tapi di kabupaten juga mang.

    nomor duanya.. bekasi.. itu dalam area cirebon-jakarta

  3. Sering lewat Cirebon sejak 1981, sering ketemu razia tapi Alhamdulillah belum pernah sekalipun kena tilang.
    Kuncinya di manapun kita driving / riding, taat aturan dan kendaraan lengkap.

    Sebetulnya kelengkapan dan kelaikan kendaraan khan buat kenyaman kita sendiri juga, di samping agar tidak membahayakan saudara2 kita sesama pengguna jalan.

  4. sebagai kota perlintasan jabar-jateng, cirebon memang sangat strategis utk melakukan razia (apapun motif dan modusnya).

    dan seingat saya nggak cuma cirebon, kota bogor juga sering ditemui kejadian mirip2 spt ini juga.

    sudah lumrah kalo pengendara sdg riding jarak jauh jadi males kalo sampe harus ngurus sidang tilang di kota yg jauh dari domisilinya, ujung2nya ya salam tempel, kondisi psikologis inilah yg sering dimanfaatkan oleh oknum petugas.

  5. dulu pernah salah jalur di cirebon pas ada razia tapi nggak jadi ditilang setelah melihat alamat di SIM saya. ternyata polisinya asalnya sekecamatan dg saya, jadinya malah dia nanya2 kampung halaman karena lama nggak pulkam

  6. Bener banget om saya org cirebon asli nih malah di polsek talun tiap hari senin,kamis selalu razia
    Oh iya kibaliyut waktu porthing polish di bengkel bapo abis brp om soalnya vixion saya mau di pp jg nih: D

  7. Waktu kibaliyut yg PP tunernya langsung om bapo apa anak buahnya? Soalnya kalo lewat situ yg sering nanganin anak buahnya, om baponya cuma ngeliatin sambil ngerokok 😀
    Estimasi berapa? inbox lewat fb aja ya masyud? :p

  8. kalo di bekasi atau jakata timur di jalur BKT (Banjir Kanal Timur) setiap hari ada razia. cuma pindah tempat aja, kalo ngga di ujung arah bekasi, di ujung arah jakarta. dan itu rutin, kayak memang udah jadwal kerja aja. tapi herannya saya ga pernah di berentiin padahal setiap hari lewat situ, jadi pede aja lewat. ada yang tau ngga prioritas polisi berentiin tu dari apanya?

  9. setuju bro.
    sy sdh 4 tahun dr pekalongan merantau di cirebon.
    tiap hari ada razia.
    heran tu polisi apa ga bosen apa.
    daerah yg jd favorit razia :
    jln pantura pangenan, mundu, ciperna, bunderan krucuk, kapetakan, plumbon, dpn terminal

1 Trackback / Pingback

  1. Ramai Meme Cirebon Kota Tilang Sindir Alasan Absurd Polisi Cirebon Tilang Pengguna Jalan | Moral Politik

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*