Tips riding aman melewati Pantura disaat musim hujan

Halo brother biker 😀 … Sudah langganan yang berkesinambungan bila jalan pantura saat musim hujan mengalami banyak kerusakan dan muncul lubang-lubang menganga yang bagaikan ranjau dijalan.

jalan pantura berlubang 1

Konon karena spek jalan tidak sesuai dengan ketentuan dan juga jalan ini menjadi jalan utama bus, mobil pribadi dan truk-truk baik yang biasa maupun yang berat. tentu mengalami beban yang luar biasa. Dan saat masuk musim hujan jalan ini tersiram terus-menerus air hujan..jadi bila ada sedikit lubang muncul, lama-lama lubang itu akan membesar.

Nah..berdasarkan pengalaman yudibatang wara-wiri melewati jalur pantura selama empat tahun Batang – Cirebon P-P, ada tips khusus agar kita terhindar dari jebakan lubang maut dipantura.

1.Pastikan kondisi motor anda “sehat”

Yups.. pastikan kondisi motor anda “sehat”, itu meliputi mesin, kelistrikan, suspensi, pengereman dan ban. Mesin : Bila mesin sehat, tentu kita akan terbebas dari perasaan cemas mogok dijalan. Kelistrikan : Bila aki, perkebelan, busi dan lampu sehat tentu saat malam hari kita tidak cemas kalau-kalau lampu motor mati, atau motor mogok mendadak. Suspensi : Bila suspensi sehat tentu handling motor jadi lebih manteb, bila suspensi bermasalah atau bocor bisa menimbulkan malapetaka. Rem : pastikan kampas rem dalam kondisi normal, jangan sampai tinggal besinya doang.. bisa ngunci kalau ngerem mendadak! Ban : Ban wajib memiliki kembangan yang masih layak, bila ban sudah gundul akan memiliki potensi tergelincir atau terpeleset lebih besar karena traksi ban sudah sangat berkurang.

Ban tidak rata

2.Lebih baik riding disaat Siang hari

Bila kondisinya tidak terpaksa banget, ridding via pantura saat musim hujan lebih baik dilakukan pada siang hari. Karena pada siang hari, kondisi jalan sangat jelas terlihat.

3.Jangan riding ngekor dibelakang roda 4 terlalu dekat.

Nah..ini yang harus diperhatikan, jangan pernah riding ngekor dibelakanfg kendaraan roda empat dengan jarak terlalu dekat. Minimal jaraknya lima meteran lah..itupun kecepatannya harus dibawah 60 km/jam agar saat ada lubang didepan, kita masih bisa menghindari lubang tersebut.

jalan pantura berlubang 2

4.Batasi kecepatan maximal.. 70 km/jam saja

Yups..kadang seorang biker yang baru melewati pantura sangat senang sekali memplintir grip gas motornya hingga mentok. Namun kusus saat musim hujan batasi kecepatan maksimal diangka 70 km/jam saja. karena kondisi jalan pantura saat musim hujan, kadang terrlihat mulus ..eh..tau-tau didepan ada lubang.

new cbr 150r 3 yudibatang4

5.Gunakan safety gear komplit.

Gunakan safety gear komplit seperti helm, jaket, sepatu, gloves dan lain-lain serta jangan lupa bawa jas hujan. Bawa surat kelengkapan sepeda motor sepertiti SIM dan STNK.

 

Semoga berguna 😀

6 Comments

  1. satu lg jangan berjalan dtengah2 tepatnya di sambungan corcoran biasanya bnyak lubang dalam2 yg bisa mbuat pengendara roda 2 njungkel

  2. Jadi inget pengalaman solo touring Grobogan-Jakarta februari lalu, ketika NVL yang ogut pacu menghantam sekitar 3-4 lubang masing2 di wilayah Pemalang, Pekalongan, dan Cirebon. Beh…itu pas ngantem lubang segala bahasa hewan keluar…ya pemerintah as* lah…yang bikin kebijakan guobl*k lah…

  3. Sabaar mz, hewan2 tsb tidak membantu memperbaiki jalan ataupun velg yg rusak. Mending diganti istirja dan istighfar. Hati2 saja, kurangi kecepatan waktu musim hujan kayak yg dinasihatkan yg punya warung.

  4. pernah kejeblos lubang sebelum masuk kota tegal,jam 3 dinihari. alhasil pelek racing KW supra X hancur (belakang)..

    Waktu itu solo riding Jakarta-Jogja rencananya via Semarang soale sy gak berani kalo tengah malam melintas hutan Bumiayu

    setelah tau pelek hancur bingung mau ngapain,jam 3 dinihari,pas kiri kanan jalan adalah persawahan,truk dan bus melaju kencang di di depan saya,apalagi cuaca hujan sejak PatokBeusi sampe Cirebon hingga perbatasan Tegal ini

    trus ada 2 pemotor pake Honda Win,udah pasrah dibegal nih…ternyata mereka nolong,membantu mencarikan angkutan..mereka bikers dari Cikarang mau pulang ke Tegal

    trus ada truk colt diesel bawa muatan kwaci mau ke Slawi, setelah nego,deal 150ribu motor di taruh di tutup bak truk yang dibuka separo,diikat, saya duduk di depan barend sopir dan kernet

    Sementara, 2 orang Honda Win sy suruh ngikutin dari belakang,maksudnya saya ga bawa duit nanti di tujuan baru sy kasih..

    Baru jalan 2 km, lalu lintas macet truk goyang kanan,trus belok ke arah Slawi,pengendara Honda Win tak terlihat di kaca spion truk..

    Jadi nyesel nih…btw siapapun Anda dan berada di mana,saya ngucapin terimakasih banyak sudah menolong saya..

    Jam 6 tiba di Slawi,turun depan bengkel motor,truk melaju,saya ditinggal depan bengkel motor,trus sarapan dulu,ada orang jual nasi,dikerumunin,setelah bayar cuma 2000 (eddiiyyaann murah tenan),trus nunut mandi di SPBU

    Jam 7 bengkel buka,order ganti pelek jari-jari sama teromol,habis 400ribu, barulah jam 10 siang sy lanjut ke Jogja

    Gara-gara lubang nih..

    *true story by Ponirin Hendi KiperPon :: BisMania Community Jkt-062

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*