Parts selain mesin yang perlu dicheck dan diganti setelah membeli motor bekas

Halo brother biker 😀 …Seumur-umur saya baru pernah yang namanya membeli sepeda motor dalam kondisi bekas atau seken.  Sebelumnya saya membeli sepeda motor selalu dalam kondisi baru alias gress. Motor seken yang saya pinang adalah Honda Revo110 tahun 2010. Lumayanlah..motor belum tua-tua amat 😀

honda revo1

Sebelum terjadi kesepakatan harga antara saya dan sipenjual, tentu saya mengecek kondisi motor yang akan saya pinang tersebut. Pengecekannya meliputi kondisi mesin, body, kelistrikan, lampu-lampu, rem dan lain-lain.. setelah dicheck sayapun diberi kesempatan untuk mengetes motor seharian. Setelah ketahuan kekuranganya barulah lanjut keproses tawar menawar harga 😀 ketemu disatu titik, kedua belah pihak sepakat barulah proses transaksi jual beli dilaksanankan.

Nah..ternyata pemilik motor sebelumnya adalah tipe pemotor yang bisanya make doang alias tidak tahu perawatan tentang sepeda motor. berikut ini part-part yang perlu dicheck dan disarankan diganti setelah anda membeli sepeda motor seken versi yudibatang :

kampas rem depan Honda revo

1.Kampas rem depan dan belakang

Bagi pemotor yang tahunya cuman make doang, mereka kurang perduli dengan kondisi kampas rem depan dan belakang. Pokoknya asal masih bisa buat ngerem ya.. dipake terus nggak pernah diganti. Nah..setelah motor saya pinang dan dites jalan.. barulah terasa bahwa kondisi kampas rem depan belakang sudah habis. Malah kampas rem yang depan kampasnya sudah terkikis dan besinya sudah “memakan” piringan cakram. Hadeehh..!! Langsung ganti baru!! karena rem adalah piranti keselamatan yang berperan sangat penting pada sepeda motor.

2.Gear set

Lagi..bagi pemotor yang tahunya make doang, mereka kurang perduli dengan kondisi gear set (rantai, gir depan dan gir belakang). Asal motor masih bisa ngglinding…ya dipake terus sampai seputusnya :mrgreen: Setelah motor saya pinang, motor kalau dipake jalan terasa nggak enak..terasa “jeglug-jeglug”. ternyata mata gear sudah aus dan rantainya sudah moloorrr, jadi motor kalau dipakai jalan kondisinya sudah tidak normal alias kadang kendor kadang kenceng sekali…Yah..harus diganti lagi

filter udara Honda Revo

3.Filter Udara

Lagi-lagi pemotor yang bisanya make doang “ora urusan” dengan kondisi filter udara. Saat filter udara dibuka… Jiah!! kondisinya “badheg ledheg” alias sangat kotor sekali!! bagi yudibatang, bila filter udara sudah nggak layak pakai, itu bisa dirasakan saat motor diajak akselerasi. Kalau berasa ngeden banget, berarti itu filter udaranya sudah “mampet” dan tentu konsumsi BBMnya jadi tidak normal. Ganti lagiii…

4.Oli mesin

Bila membeli motor bekas dan kita tidak tahu riwayat servisnya, mending oli mesin langsung diganti saja.

5.Accu alias Aki

Kondisi motor saat saya pinang, elektrik starter sudah tidak berfungsi atau tidak jalan, lampu sein nyalanya nggak berkedip, bunyi klakson juga pelan dan ndredet. Kalau mau menyalakan mesin mesti diengkol dulu… kasian kalau yang make nyonya, mending ganti baru saja.

Kalau masalah mesin , asal kenalpot tidak mengeluarkan asap dan suara mesinnya nggak “gemblotak” its OK lah. untuk servis mesin , karburator dan lain-lain..biarlah bengkel yang mengatasinya… 😀

 

Semoga berguna 😀

7 Comments

  1. Saya juga cuma sekali beli motor bekas, CB-125 tahun 1974. Saya ganti hampir semua, akhirnya yg asli bawaan motor cuma tinggal rangka, swing arm, tangki, lampu, blok mesin dan blok silinder saja.

  2. mas, cara cek kampas rem depan buat pemula gmn caranya ? kalo rem belakang kan ditekan trus liat arahnya udah sejajar segitiga atau blm. . .dah pernah ada artikelnya blm ?

1 Trackback / Pingback

  1. » Pengalaman hampir celaka gara-gara ulah bengkel motor pinggir jalan yang curang

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*