Perlukah sepeda motor baru diberi “ritual” selamatan?

Halo brother biker 😀 … Malam jumat ini tidak ada artikel horor, sebagai gantinya ada artikel tentang ritual selamatan untuk sepeda motor baru. Dinegara tercinta ini, terdiri dari banyak pulau dan berbagai suku serta adat dan budaya. Secara umum orang Indonesia bila mendapatkan sesuatu yang berharga akan melakukan semacam ritual selamatan.

sajen

Contohnya saja orang punya hajat menikahkan anak, orang yang punya hajat “nyunatin” anak, orang membangun rumah, Orang habis “diberi” momongan dan lain sebagainya. Menurut yudibatang, semua itu tujuannya positif agar selamat serta orang disekitar kita juga ikut mendoakan sekalian bagi-bagi rejeki 😀 (Note : yang ini tidak usah diperdebatkan )

Nah..bicara sepeda motor baru, dibeberapa daerah diIndonesia masih ada yang mengadakan semacam “ritual” untuk keselamatan motor baru yang baru dibeli.

motor mandi kembang

Caranyapun bermacam-macam, ada yang memanggil pemuka agama untuk mendoakan, ada yang motornya dimandiin dengan menggunakan air kembang dan lain-lain. Menurut opini yudibatang, hal itu juga tujuannya baik… intinya ingin Selamat. Hampir semua suku-suku diIndonesia memiliki senjata tradisional atau pusaka yang khas … contoh Keris, tombak, Clurit, Badik, parang dan lain-lain. Senjata-senjata tersebut umumnya bahan pembuatnya ada unsur logamnya.

lampu aladin

Daaan… Logam inilah yang biasanya “ditempati” oleh semacam lelembut, Jin, bangsa alus dan lain-lain. Bangsa alus yang bersarang didalam pusaka ini yang ikut mempengaruhi aura pusaka tersebut. Nah.. kembali pada sepeda motor, Sepeda motor juga banyak terdapat unsur logamnya… mulai dari sasis, mesin, tengki, pelek dan lain-lain.  Maka sering tanpa kita sadari motor kadang “ditumpangi” oleh bangsa alus. Itulah mengapa disarankan membaca doa sebelum berkendara…. tujuannya selain agar selamat juga motor tidak “ditumpangi” bangsa alus. Jadi..opini yudibatang tentang ritual selamatan untuk sepeda motor baru adalah baik dan perlu (kalau mampu atau kalau ada uangnya )

 

Bagaimana menurut pendapat anda? 😀

Artikel terkait:

Pengalaman teman berburu pusaka dikuburan angker

16 Comments

  1. “Ritual”tolong di jelasin mas nanti malah salah tafsiran klo ritual itu pake sajen atau apapun walau tujuan selamet tentu haram hukumnya.kalau ritual maksud mas yudi adalah selametan pengajian dan berdoa dalam arti bersukur dan minta selamat kepada yg maha kuasa saya setuju 100% dan klo ada dana ga jadi masalah hehe

    • @Didi, kata ritual saya beri tanda petik maksudnya tata cara yang bersifat universal bukan berkonotasi negatif 😀

  2. Kalo saya pribadi sih lebih ke rasa ucapan syukur aja pak lek.. udah di kasih kepercayaan punya sepeda motor baru sama Tuhan YME..
    Ya meskipun ga pake acara khusus.. setidaknya ajak makan dan traktir kopi temen2 aja udah cukup.. sesuain kantong pak lek… hehehehehehhe

  3. aku ikut tuntunan nabi saja. hati-hati saja tertipu makar setan. mati dalam keadaan muslim mereka ga terima sampai kita mati berbuat kufur. bagi saya gak apa dibunuh setan. yang penting harus selalu menjaga iman. jadi cukup jalani syariat yang ada saja. gak ikut yang lain.

    • mas yudi. cukup kita doa biasa saja. bahaya kalo meyakini dengan selamatan kita selamat. seolah ritual atau ada syariat yang dibikin tuhan buat dilaksanakan agar selamat. kecuali memang ada keterpaksaan (nyawa diembat oleh ilmu santet) mas yudi. maka ada udzur menturuti segala ritual asal iman tetap mengingkari perbuatan itu.

      kalau tidak ada keterpaksaan cukup ikuti syariat yang ada saja. tidak perlu mempercayai hal ghaib. karena area ghaib milik-Ku ujar tuhan.

      • Maksutnya selamatan diatas adalah bersukur kepada yang Maha kuasa dan memohon Keselamatan kepada yang maha kuasa masbro , cumankan caranya berbeda-beda 😀

        • betul kalau begitu. tapi kenyataannya di lapangan ada penyandaran khusus untuk suatu kasus. kek punya motor baru -harus diselamatin- (kesannya wajib, seolah ada perintah dari syariat tuhan). padahal tidak diselamatin khusus dengan cara apapun tak melanggar syariat. kalau dikaitkan dengan adat ya tinggal mau ikut syariat siapa. adat atau tuhan. masalahnya memang penyandarannya itu mas yudi. padahal dalam syariat tuhan cukup berdoa sebelum menggunakan kendaraan yang kita gunakan. dan setelah sampai di tujuan mengucapkan kalimat syukur.

        • sama ada sunnah nya kalau naik tanjakan tinggi mengicapkan ‘Allahu Akbar, dan kalau menuruni tanjakan mengucapkan ‘Subbhanallah’.

          kalau muslim diidentikkan oleh Qur’an sebagai insan yang tidak menyianyiakan waktunta. maka kalau jalan lurus dan sepi sebaiknya diperbanyak dzikrullah.

          sama-sama mengingatkan kembali tentang syariat agama islam yang kadang kita remehkan dan lupakan. 🙂

        • soal setan di dalam syariat dan risalah islam dikabarkan mereka keluar di malam hari. mereka bisa memberi bahaya dan tidak atas izin tuhan. banyak risalah islam menceritakan tentang setan yang mengganggu para sahabat nabi. maka ada syariat untuk tidak keluar malam, ataupun keluruyuran malam hari dalam perjalana. kalau memang terpaksa ya jadi ujian iman bagi kita mas yudi. saat begitu hanya Alllah penolong kita.

          dan kenyataannya ga sedikit pertolongan Allah buat hamba yang bener-bener bertakwa. taat pada syriatnya saja. ga bermaksiat. ga melakukan hal yang meragukan. dan lain-lain yang mengurangi derajat takwa kita. in syaa Allah setan dekat saja enggan.

  4. “Daaan… Logam inilah yang biasanya “ditempati” oleh semacam lelembut, Jin, bangsa alus dan lain-lain.”

    Berarti kereta api dan kapal super tanker yg besinya banyaak, disukai oleh mereka yaa.

  5. kalo menurut pendapat ane sih bisa di bilang perlu,karena memang ada benar nya juga,Pengalaman pribadi ane soalnya begitu ntah hanya kebetulan atau memang faktor apa,jadi selama di jkt ini ane udah beli sekitar 3 motor dan selalu menjalani itu tapi bkn saya si, keluarga di kampung yang nglakuin slametan ane cuma bagian nyiram kembang sama nginjek telor dan alhamdullilah selama ane pake ga ada namanya pernah mendapat musibah ringan/fatal amit2 si jangan sampe,tapi ketika saya mencoba motor baru punya sodara n teman dan dua2 nya itu ane mengalami musibah di tambrak sama jatuh padahal kecepatan normal.al hasil kaki pincang dan ganti rugi dah,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*