Perjalanan persaingan Sepeda motor150 cc 4 tak diIndonesia

Halo brother biker 😀 … Persaingan produk-produk sepeda motor diIndonesia semakin kesini semakin panas! dari kelas matik, bebek, hingga motor batangan. Sekarang yang paling panas persaingan mesin berkubikasi 150cc.

Honda CB150R vs Yamaha NVA

Pioner motor batangan bermesin 150cc diIndonesia adalah Suzuki, yang hadir diakhir tahun 90an dan diawal tahun 2000an. Dialah Suzuki FXR 150 dengan menggendong mesin real DOHC 150cc yang sanggup memuntahkan power hingga 20HP!! Namun suzuki FXR150 ini hadir “mendahului” jamannya. Saat itu motor yang digemari adalah 150cc two stroke, serta Suzuki FXR 150 hadir saat kondisi ekonomi Indonesia dalam kondisi yang kurang bagus (pasca krisis moneter)  saat itu dalam masa “transisi”..dari era ORBA pindah ke era Reformasi. Suzuki FXR150 yang didatangkan dari Malaysia ini tidak bisa bertahan lama, harganya melambung tinggi dan dihentikan penjualannya.

Suzuki FXR Fakhrun Alrozi

Dan ditahun 2005 hadirlah sang suksesor masih dengan platform mesin yang mirip dengan suzuki FXR150. Yaitu suzuki Satria F150 karburator. Sayang Suzuki tidak membuat motor batangan yang bermesin sama dengan suzuki satria F150. malah motor batang yang hadir adalah suzuki Thunder 125 yang secara tehnologi, kapasitas dan power kalah jauh dibanding satria.

yamaha-v-ixion-20101

Tahun 2007 yamaha Indonesia, membuat terobosan baru dengan mengeluarkan produk yang benar-benar baru sebagai penerus klan RX King. Dialah yamaha Vixion gen1. Motor batangan bermesin 150cc SOHC empat klep dan berpendingin cairan serta menusung rangka delta box!! Yamah Vixion langsung sukses dan “memberhangus” kompetitor dan saudaranya sendiri yang bermesin diatas 150cc (Moga pro primus, Tiger dan Scorpio). Ingat sekali waktu itu, calon konsumen rela indent panjang mengular demi mendapatkan Yamaha vixion.

mesin yamaha vixion

Honda AHM mencoba mengeluarkan jagoan barunya yang digadang-gadang menjadi Vixion Killer, dialah Honda New Mega pro bermesin 150cc, 2 klep , berpendingin udara, Namun sang jagoan ambruk tak berdaya melawan Yamaha Vixion. Konsumen sudah tidak bisa “didikte”.

New cbr 150 2 yudibatang

Ditahun 2011, Honda AHM mendatangkan All New Honda CBR150R secara utuh dari Thaailnad. Konsekwensinya, harga motor jadi sangat mahal. Motor ini kurang sukses, apalagi setelah yamaha Indonesia mengeluarkan Yamaha R15 yang diproduksi diIndonesia, Honda CBR150 built up ini langsung kebanting,..karena harga Yamaha R15 Jauh lebih rasional.

Honda-CBR150R_vs_Yamaha_R15-12-460x293

Namun saat Honda AHM mengeluarkan All new Honda CBR150R yang produksi diIndonesia dan bermesin sama dengan Honda CB150R street fire generasi pertama, gantian Yamaha R15 yang kalah penjualannya.

Honda AHM membuat produk yang benar-benar baru yang ditujukan sebagai “vixion killer”..dialah Honda CB150R street fire yang menggendong mesin turunan dari Honda CBR150 Thailand.

2013-Honda-CB150R

Yups.. bermesin 150cc, DOHC overbore, empat klep dan berpendingin cairan. Sebenarnya secara performa, Honda CB150R Street fire ini relatih lebih unggul dibanding mesin yamaha Vixion, namun value sebuah motor sport bukan hanya dari mesin. Rangka Honda CB150R sangat berbeda dengan “induknya” yang dari thailand serta secara over all body Honda CB150R ini cenderung copy paste dengan Yamaha Vixion.

Buntut CB150R vs Buntut Old Vixion

Baru keluar sebentar, yamaha sudah “merefresh” tampilan vixion dengan tapak lebar, rem cakram belakang serta “bungkus” dan head lamp yang baru. Honda CB150Rpun tetap tidak bisa meruntuhkan kedigjayaan Yamaha vixion. Oh..iya, Yamaha indonesia juga mengeluarkan motor bebek bermesin 150cc yang identik dengan mesin Yamaha Vixion..dialah Yamah Jupiter MX150.

honda all new cb150r dan sonic 150

Usaha terbaru Honda AHM adalah mengeluarkan Tiga motor bermesin sama (rencananya 4 motor yang satu belum brojol), dialah Honda Sonic 150R, Honda All new CB150R dan All New CBR150R. mereka bertiga bermesin 150cc DOHC Over stroke (ada yang menyebutnya nearly square). Konon mesin ketiga jagoan Honda ini berDNA Motogp!! Namun… Saat balapan Honda Sonic tidak bisa “sejalan” dengan slogannya yang generasi sang juara! karena dibalapan resmi, Jupiter MX150 lah yang jadi juaranya.

Suzuki-Satria-F150-Injeksi-03

Saat Suzuki mengeluarkan jagoan Lama bermesin baru, Mesin DOHC 150CC Over stroke milik AHM yang berDNA motogp itu jadi terlihat inferior. Yah..soalnya Jenis mesin dan power Suzuki satria F150Injeksi berada diatas mesin AHM. Mesin Suzuki Satria F150 Injeksi itu Over bore dan Real DOHC!! powernyapun lebih tinggi dibanding mesin 150cc Honda AHM.

mesin honda new sonic 150r 1

Dalam hal penjualanpun, Suzuki Satria F150Injeksi langsung “menggebuk” Honda Sonic 150! Dibulan february 2016, Suzuki Satria F150 Injeksi terjual sebanyak 10.065 unit! Sementara Honda Sonic 150R hanya terjual 1.900an unit. Hebatnya, suzuki tetap merendah..slogan iklannya nggak muluk-muluk… cukup dua kata “BERANI DIADU!”.. oh ..iya.. Mesin generasi baru Honda AHM yang dipakai oleh Honda Sonic 150, Honda Cb150R dan Honda CBR150R banyak dikeluhkan oleh penggunanya karena penyakit yang dulu juga menular!! penyakit Suara klothok-klothok!!

Ditahun 2016 Yamaha juga mengeluarkan motor naked bike yaang bermesin sama dengan R15, Yups..Yamaha Xabre 150 dengaan tampilan street fighter, delta box, dan suspensi up side down.  Belakangan berhembus rumor kalau Yamaha Akan mengeluarkan produk motor batangannya bermesin Real DOHC!!Hadeh..tambah panas… 😀

 

19 Comments

  1. Nyimak aja pak le sambil ngopi karo ngudut… hehehehehehhehe
    Soal e wes kadung tresno karo si mesin jadul sing knalpot e berasep… hehehehehehehe

  2. Ini nih bloger yg mengulas se adanya dan terbuka dengan fakta” di lapangan..
    Terimakasih mas yud…
    Ini bagus untuk pembaca dan calon consumen.. Supaya pilihanya tepat dan gak mengecewakan

      • Setuja bgt eh setuju bgt mas…
        Sekarang susah di temui bloger yg review se terbuka” nya.. Ulasanya hanya menonjolkan kelebihanya sja.. Sisi jelek oto bahkan sangat tidak berkualitas luput dari review…
        Pembaca dan colon consumen rasa di bohongi
        Pas produk udah di beli baru ngeh keluhan mulai dah klotok klotok
        Hahahah

  3. Artikel joss omyud terus bikin artikel komparasi ya tapi sesuai fakta dilapangan jgn kaya blog iwakbakaran yg selalu mengatakan semua merk jepang bagus tapi giliran ada yg jelek ga dipublikasikan.
    Kangen liat topspeed kibaliyut omyud 😂

  4. kata yamaha, loe tu ye, kada ade ape ape, mangkenye senjata gue simpen buat taon taon depan, gue gak kuatir dikudeta sama elo,
    gue cuma kuatir….. kalo temennya dohc besok 18hp keluar terus nyuduk gue… ngohahaha

  5. parahnya

    yamaha cuma takut sama DOHC nya suzuki

    ternyata benar suzuki keluar dengan dg DOHC 18 hp

    jadi mau ga mau 2017 yamaha benar2 ganti mesin 150cc DOHC pertama (dari dulu klo ga salah 150cc yamaha itu SOHC)

    jaga2 kalau suzuki ngeluarin DOHC sport batangan

  6. Kata2 Real DOHC dalam kalimat, “Mesin Suzuki Satria F150 Injeksi itu Over bore dan Real DOHC!! powernyapun lebih tinggi dibanding mesin 150cc Honda AHM.”
    Wadezigggg banget !!!

  7. pertama keluar vixion langsung jatuh hati, dibela-belain beli sampe rela jual thunder 250. Masih awet dipakai sampe sekarang walau udh banyak part yg diganti (komstir, conrod, bosarm, kampas kopling, shock belakang, velg penyok ganti model ruji, knalpot dichrome/drpd ganti ditilang, dll) tapi aku tetap cinta krn tetap nyaman dan kelihatan klasik

  8. Rx king dan tiger sam2 produk legend, tapi yamaha berhasil menggsnti rx king dg vixion, vixion berhasil mnjd new legend, nah kalo tiger belum ada yg bisa menggantikan diliat dari kesuksesannya

  9. Rx king dan tiger sam2 produk legend, tapi yamaha berhasil menggsnti rx king dg vixion, vixion berhasil mnjd new legend, nah kalo tiger belum ada yg bisa menggantikan diliat dari kesuksesannya, ITU!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*