Salah satu cara agar anak tidak takut kuburan! ajaklah saat kita berziarah kemakam

Halo brother biker 😀 .. Artikel selingan pengganti artikel horor. Umumnya saat kita masih anak-anak, bila mendengar atau melihat hal-hal berbau kuburan itu adalah sesuatu yang menakutkan. yah..mungkin waktu kecil kita sering “ditakut-takuti” kalau kuburan itu banyak hantunya (tapi memang ada sih :mrgreen: ) atau pernah menonton film horor yang ada kuburannya. jadi kesannya kuburan itu adalah tempat yang menakutkan.

jenazah mau dikubur

*yudibatang saat membatu menguburkan jenazah

Salah satu cara agar anak kita tidak takut pada kuburan adalah dengan mengajaknya saat kita bersiarah kemakam orang tua (bagi yang orang tuanya sudah meninggal), kemakam kerabat dan lain-lain. Saat dikuburan saat bersih-bersih makam, kita bisa sisipkan menjelaskan tentang kuburan. Dan yang terpenting agar kita selalu ingat suatu saat kita akan mati 😀

Apalagi anak-anak jaman sekarang umumnya kritis dan banyak bertanya. nah..itu kesempatan untuk menjelaskan kepada anak-anak tentang kuburan. Menjelaskan siapa seseorang yang didalam kubur itu, mengapa kita perlu bersiarah dan membersihkan makam dan lain-lain. selain itu siarah kubur juga bisa dijadikaan ajang silaturohmi dengan tetangga. Yups.. ada beberapa daerah diIndonesia (khususnya dipulau jawa), setiap hari kamis malam jumat kliwon, pada sore hari banyak orang-orang yang bersiarah kemakam untuk membersihakn makam dan sebagian ada yang berdoa.

nyekar kemakam 2

*Makam Alamarhun bapak dua minggu tidak dibersihkan

nyekar kemakam 3

*Makam Almarhum bapak setelah dibersihkan

Kelihatannya sepele, namun kadang hal seperti ini baru kepikiran ketika ada kerabat yang meninggal dunia dan tinggalnya diluar kota. Sementara kerabat tersebut, ditempat tinggalnya kurang mengenal masyarakat setempat dan mungkin dibeberapa kota besar harus bayar sewa yang tidak murah untuk menguburkan mayat. Nah.. barulah pontang-panting nyari bantuan sodara dikampung agar dicarikan “space” kuburan. Nah..lho..

Ada juga sebuah malam yang ahli warisnya (anak-anaknya, kerabatnya)  tidak pernah datang untuk membersihkan. .. yah..rumput dan alang-lang jadi tumbuh bebas hingga “rungseb.” Ini yudibatang alami sendiri, karena setiap yudibatang ziarah kubur ya..sekalian makam disamping kiri kanannya walau nggak kenal ya sekalian dibersihkan.

nyekar kemakam1

Oh..iya ziarah kubur juga bisa mengenalkan kepada anak-anak kita tentang sejarah Alamarhum/almarhumah ketika masih hidup. Kalau bukan anak cucu kita yang menghargai “perjuangan” leluhur kita atau perjuangan kita saat masih hidup, lalu siapa lagi? Monggo brother biker yang jarang bersiarah, sempatkanlah berziarah atau “nyekar” walau sebulan sekali. kalau lokasi makamnya jauh, ya..minta bantuan kepada seseorang untuk membersihkan dengan memberi imbalan yang layak. Tetap jaga hubungan baik dengan sodara, keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar kita. Karena nantinya kalau mati, kita tidak bisa menguburkan jasad kita sendiri. 😀

Yang namanya kuburan dikampung itu biasanya tanah wakaf, maka bagi makam yang sudah lama dan tidak ada ahli waris yang mengurusnya sampai tumbuh semak belukar, ya.. makamnya bisa dipacul orang.. untuk ditempati yang lain. 😀

 

Semoga berguna 😀

2 Comments

  1. kuburan ingatkan kita di masa datang kita pasti mati. kita ajari anak2 ziarah kubur untuk doakan yg sudah tiada, supaya nantinya kita selalu di doakan sama anak2 kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*