Akankah Honda Sonic 150 bernasib sama dengan Honda CS1?

Halo brother biker 😀 … Menarik mengikuti perjalanan produk  “brand new” sepeda motor Ayam Jago AHM, yups… Honda Sonic150R. Dari sebelum dilaunching, printilan-printilannya plus spy shootnya “disebar” duluan didunia maya. menjelang launchingpun teaser disebar kemana-mana. Para fans boy sudah berexpectasi berlebihan dengan Calon penantang Suzuki Satria F150 (saat itu).

honda-segera-rilis-sonic-150r-siap-goyang-pasar-satria-fu

*Gagal jadi pusat perhaatian

Saat launchinpun Honda Sonic150R menjadi trending topik diblog-blog dan media otomotif. Nggak hanya itu, AHMpun membentuk tim khusus untuk “mengawal” penetrasi dan mendistorsi Honda Sonic150R sedemikian rupa. Namuun..kenyataan dilapangan tidak sesuai harapan. Honda Sonic 150 R banyak menemui masalah baik dari luar maupun masalah dari Honda Sonic 150 itu sendiri.

podium-1-kejurnas-bebek-150-cc-yamaha-jupiter-mx-150-sapu-bersih-podium-pertamax7-com

1.Kalah dalam kejuaraan balap nasional

Saat balapan, Honda Sonic 150R adalah Motor 150cc yang keluar belakangan diantara kompetitor. Honda Sonic 150 yang digadang-gadang menjadi motor “superior” ternyata dibalapan tidak bisa berbicara banyak. Diakhir kejuaraan malah Yamaha MX 150 yang keluar sebagai juara. Hasil balapan inipun mementahkan anggapan bila mesin DOHC lebih superior dibanding mesin SOHC. Juaranya bermesin SOHC!

Suzuki-Satria-F150-Injeksi-03

2.Kehadiran All New Suzuki Satria F150 Injeksi

Walaupun Honda Sonic 150R sudah dikemas sedemikian rupa serta dibumbui dengan gimmick marketing mesin DNA Motogp, tenyata saat Suzuki satria F150 Injeksi brojol..performa Honda Sonic berada dibawah Suzuki satria f150Injeksi. Yups.. Power maksimal Honda Sonic 150R selisih 2 HP lebih sedikit dibandingkan dengan Power maksimal Suzuki satria F150Injeksi.

mesin honda new cb150r 1

3.Gagalnya informasi asimetris

Konsumen dikelas bebek 150cc umumnya kritis dan “tau” tentang motor. Walau ada informaasi tentang mesin DOHC “Nearly square” dan Mesin DNA Motogp, namun tidak banyak berpengaruh diminset konsumen kelas 150cc ini. Konsumen ini akan terus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, sebelum meminang motor tersebut.

F150-Sonic-1-1

4.Informasi review motor dari sumber independen

Nah.. kalau kita mau membeli sebuah produk (sepeda motor, mobil, gadget, Lap top dll), umumnya kita akan mencari “review” atau testimoni dari pihak yang mencobanya. tentu pihak yang independent….If you know what I mean… he..he..

5.Distribusi

Menurut data dari AISI penjualan motor kelas ayam jago 150cc dibulan February 2016, Honda Sonic 150 R terdistribusikan sekitar 1.900an unit sedangkan Suzuki Satria F150Injeksi terdistribusikan sebanyak 10.065 unit!! Uedaan mblo!! berbndingannya sekitar 1 : 5 ! Kalau dipikir-pikir padahal jaringan 3S AHM jauh lebih banyak dibanding SIS. Calon konsumenpun akan berpikiran beli yang pasti-pasti saja 😀

suara klothok-klotok Honda CB150R 2016 7

6.”penyakit” yang muncul

Konon ada yang bilang, tidak ada sebuah produk yang sempurna. “penyakit” bawaan motor baru biasanya terdeteksi setelah dipakai oleh konsumen. nah.. “penyakit” mesin generasi baru Honda adalah suara berisik atau suara klothok-klotok. informasi penyakit tersebutpun dialami oleh pemakai sepeda motor Honda bermesin generasi baru tersebut, “ora jare-jare” alias nggak ngarang-ngarang..sipengguna menggugah sendiri video suara mesin motornya disitus Yoytube.

F150-Sonic-2

Keunggulan Honda Sonic 150 R dibanding Suzuki Satria F150 Injeksi hanya di harga.. yups, selisih 450 ribu (Harga nggak bohong!! ). dan konsumsi BBM yang selisihnya cuman 0.3 km/ liter. Akankah Honda Sonic 150 R bernasib sama dengan Honda CS1? Kurang laku dan akhirnya disuntik mati? Hanya waktu yang bisa menjawabnya 😀

29 Comments

  1. bisa jadi om kalao menurut saya pribadi itu sonic kaya model terbawa arus aja/latah tanpa pemikiran dan kurang mendalami apa yang akan di perbuat lawan dalam hal ini satria injeksi. kalau hanya ngekor dan modif orang lebih suka yang first mover bukan follower. nah kesan follower dari honda ini yang harus di buang dulu.. jangn si a bikin b si ahm bikin b.1 ya susah bersaing.. cuma opini pribadi om

    goozir.com/2016/03/sport-suzuki-150cc-gsx-r150.html

    salam kenal om.. dari purwokerto..

  2. AHM akan melakukan sgala cara agar sonic tetap laku, salah satunya dgn membeli media2 dan blogger2 bayaran .. tp syang cara AHM salah, krna konsumen sudah pintar dan tau mna barang yg benar berkwalitas..

  3. Udah ga aneh dah ahm.. Brojol produk baru bloger” media heboh jas jos jas jos…
    3 bln kemudian heboh artikel edyaann penjualan mendominasi
    3bln kemudian keluhan mulai di rasa konsumen
    Bloger” yg bilang jas jos wow edyann jengat tenan..jdi buta dan tuli

  4. hemm langkah AHM akhir ini keknya emang terkesan buru2 mau njungkelin yamaha dan suzuki,makanya ada aja produknya yg prematur. DOHC masa mau keluarin power maksimal di tengah2,ya hilang filosofi DOHC yg main di RPM tinggi *CMIIW

  5. udah test drive kedua ayam jago brojolan terakhir ini,kalau masalah handling ga beda jauh hanya beda di suspensi aja.tp kalau power kayanya masih.mantep pas make FU injection powernya keluar dr awal betot gas

  6. Bagaimana indonesia mau maju?, wong rakyatnya saling membanggakan produk jepang yang notabene dulu pernh menjajah bangsa kita , 3 tahun yang membuat sengsara kakek buyut kita !!.

  7. kang di bak kopling fu fi ada jalur oil coller nganggur atau mungkin mau dipasang oil cooller di motor sportnya ya , coba cari2 info kang

  8. secara umum pembeli motor honda itu bapak2 atau yg kurang paham detail tehnologi otomotif, dikasih embel2 dohc yggak paham pasti wow..gitu. tapi bagi saya desain tehnologinya kagok2 , beda sama desain mesin mx king atau satria fu , kedua mesin ini memberi keleluasaan mekanik untuk mengesplorasi tenaga sebesar2nya.

  9. Pasti angahem ke ondangan lg ajah dah biar pel*c*r nya jas jos jas jos topo broto sariawan jenggot jenggatnya juga kunyah kunyah nya pada bunyi lg bwt nutupin borok produknya…

  10. Pasti bentar lagi di Suntik mati tuh si sonice…
    Wong kagak laku…
    Memang,Semua motor honda sekarang
    A stra
    H onda
    M ocin
    kualitas bantar gebang….

  11. ingin jadi motor legendaris&tenar smpai skarang macam kakaknya Nova Sonic yaaa mana bisa meski numpang pke nama sonic pula???

  12. Jangan2 setelah dibeli,nyari part nya susah stngah mati..order dibengkel resmi bisa satu taon gak datang2!!mending pkai kawak ninja, atau epyou..biar partnya mahal,tpi mudah nyarinya..!!

  13. Jangan salah… Saya punya sonic 150r… Yg sy rentalkan di Kaltara… Justru sonic inilah yg direbutin para customer saya lantaran suara enginenya yg mantap dan ringan putaran mesinnya… Saya jg punya satria fu… Tp malah peminatnya yg kurang…kaga percaya… Silahkan datang ke kaltara.. Di Kabupaten Tana Tidung..

  14. bisa gila kalo saya punya motor honda…
    soalnya saya punya honda CS1 yg sudah turun mesin…
    giliran saya mau cari suku cadang partnya ternyata tidak ada yg jual…
    kalo saya fikir honda itu tidak akan laku kalo dari pihak AHM tidak menyediakan suku cadang partnya…?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*