Hal yang membuat TIM SWAT Honda gagal membendung “gaung” product kompetitor

Halo brother biker 😀 … Yups.. Tim SWAT kepanjangannya adalah Sport Winning Army Team. Tim SWAT bertuga untuk menyusun strategi pemasaran motor sport (didalamnya termasuk Honda Sonic 150). Yudibatang mengamati “sepak terjang” tim SWAT Honda sebenarnya kerjanya sudah “On the track”.

Pasukan-SWAT

*poto iwanbanaran.com

Namun dalam kenyataannya TIM SWAT menemui kendala dan bisa dikatakan membuat gagal misinya. kenapa gagal? yups.. parameter gagal atau tidaknya ya dilihat dari penjualan sepeda motor sportnya. Nah berikut ini beberapa hal yang membuat TIM SWAT Honda gagal membendung “gaung” motor kompetitor versi yudibatang :

1.Kegagalan pada Honda All New CB150R

Pada penjualan bulan Oktober dan November 2015, Tim SWAT ini sempat kipas-kipas selama dua bulan…karena penjualan All new Honda CB150R bisa mengungguli penjualan Yamaha NVA. Namun ya..cuman dua bulan thok menangnya… selebihnya Penjualan All new Honda CB150 R kembali diover take Yamahaa NVA. Menurut AISI data penjualan All New Honda CB150R di bulan Februari hanya terjual setengah dari Yamaha Vixion Advance. Honda CB150R terjual 10.148 unit sedangkan Yamaha NVA terjual 21.139 Unit. Bila dilihat data tersebut, Tugas tim SWAT ini masih belum berhasil menjalankan misinya. Faktor yang membuat Yamaha NVA susah dijungkalkan adalah sebagai berikut :

Honda CB150R vs Yamaha NVA

a.Yamaha Vixion adalah First mover disegment ini

Yups.. Nama Vixion sudah sangat dikenal dan akrab ditelinga konsumen Indonesia, bahkan ada beberapa orang yang menganggap Yamaha vixion itu motor kencang. Nah..disini walaupun muncul “Black campaign” Mesin SOHC lebih inferior dibanding mesin DOHC, Namun usaha ini sudah basi dan nggak mempan. Nyatanya dijalanan masih banyak aja Yamaha Vixion.

b.Reputasi durability mesin

Yamaha Vixion sudah eksis dari tahun 2007 hingga sekarang (2016). Berarti kurang lebih sudah 9 tahun mengaspal dijalanan Indonesia. Yups, mesin Yamaha Vixion sudah teruji kehandalannya. Sedang mesin All new Honda CB 150 R relatif masih baru dan belum teruji.

suara klothok-klotok Honda CB150R 2016 1

c. problem pada mesin generasi baru All New Honda CB 150 R

Nah.. Mesin Generasi baru All new Honda Cb 150 R, ternyata banyak mengalami keluhan dari penggunanya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan adanya video-video keluhan mesin All new Honda CB 150 R yang bertebaran diyoutube. Yup.. problem suara mesin Klotok-klotok!

2.Kegagalan pada All New Honda Sonic 150R

Kalau kasus Honda Sonic ini terlihat gagal saat Suzuki Indonesia Mengeluarkan suksesor Suzuki Satria F karbu…yups.. All New Suzuki Satria F150 Injeksi yang secara power lebih dasyat dibanding Honda Sonic 150R. Dibalapanpun kompetitor pada lempar handuk… mending mendur, ngopi-ngopi dan udad-udud daripada ngelawan Suzuki Satria F150Injeksi.

Honda Sonic 150 vs Suzuki Satria FU150 Inkejsi

Munculnya hasil dinotest yang menyatakan Power Honda Sonic 150R lebih tinggi dari Suzuki satria F150 Injeksi bukan melambungkan nama sonic, justru malah melambungkan nama Satria Injeksi. Yups.. karena muncul juga hasil dinotest tandingan dari sumber “independen”. Dalam penjualanpun Honda Sonic 150R “dikepret” oleh suzuki Satria F150Injeksi! dibulan Februari 2016, Sonic cuman terjual 1.900an unit, sedangkan Satria Injeksi terjual lima kali lipatnya… 10.065 unit!!  .. wis semakin terperosok kedalam lembah hitam he..he..  dan ora iso turu tim SWATnya.

mesin honda new sonic 150r 1

Hal lain yang bikin was-was tim SWAT adalah penyakit mesin klothok-klothok pada Honda CB 150R kemungkinan besar akan menular pada mesin Honda Sonic 150 R dan mesin All New Honda CBR150R. Karena ketiga motor tersebut bermesin sama.

Please believe me…artikel beginian nggak bakalan ada diblog lain :mrgreen: ssstt..jangan lupa…. hoahahaha…

Silahkan share pendapat anda 😀

49 Comments

  1. Adakah keberpihakan pada satu merk ?, ataukah hanya ingin menguak aib dan kejelekkan produk lain? BC?, FB? biarlah Tuhan yang tau.

  2. Mantap artikel sampean mas..
    Antimainstream.. berani membuka fakta apa adanya..
    Ngga seperti blog ternakan ahm.. yg nutupin kelemahan motor2 nya..
    Semoga terus konsisten membuat artikel jujur..
    Salam..

  3. ati2 lek yudi, neng indomotoblog akeh blogger sing ngusung brita mergo amplop,opo maneh sing jare blog kondang wis jan ora ono netral babar blas,,,,soyo rene ora tambah apik mencerdaskan malah mbodhoni pembaca,,,,sing jenenge mbah dukun sat** kok yo ora nduwe isin,,iso mbombong(bangga) dibayar pabrik,,,,moral yen wis nyembah duit,,,,,barang olo iso dadi apik,,,,ndonyane wis tuwo

  4. saya jadi benci sama honda gara2 komen2nya sampah semua

    memutar balikan fakta yg saya liat

    apalagi bloger yg pro honda, LEBAY kalo nulis artikel, kadang JADI DUKUN DADAKAN

    padahal motor n mobil di rumah ada honda

    -____-“

  5. kl ahm terus2an maen kotor kaya gini boro2 bisa menangin kelas sport yg ada tingkat kpercayaan konsumen makin menurun dan kl sampe mainset negatip konsumen pd motor2 honda terbentuk bs mskin gawat krn akan sulit untuk merubahnya kembali. untuk saat ini mainset konsumen pada vixion itu motor keren, bandel n irit. tp untuk cb kbanyakan hal negatip n hal negatip itu menurun pd ncb

  6. “too much love will kill you”, mungkin ini contoh mindset attack dan jargon yg sangat menggelikan untuk produk yg sudah mengakar turun temurun dari zaman sebelum merdeka…BC sana sini tapi dak nyadar produk yg dibelanya tidak lebih superior dari kompetitor…

  7. Ngoahahaha om ga usah di bacain bahwa artikel beginian bkl ada di blog lain seluruh dunia juga tau bloger besar yg udah di amplopin ahm mana punya nyali mau di sunat amplop nya atau bahkan di tarik iklanya, macam iwakbakaran,teemci,anakdukun,ipan dekil,sijontor dan many more,mereka pelacur semua, miris…

  8. Klu artikel begini pasti dikit yang komen…karena tim bc tu ya tim swat and fbh…coba kaya di blog amplop banaram..hit bisa 400an..wew..

  9. masalahnya, lebih ke arah “kepercayaan konsumen segmen motor batangan”. ini erat dengan sejarah di masa lalu. misal:
    – desain yang jadulnya kelamaan, kebapakan, tutup tangki njendol. ada revisi, tapi dah telat, keburu banyak yang sakit mata.
    – kualitas body, cat, mesin, yang justru makin buruk. tangki bensin bocor, cat gampang kusam, plastik body tipis. mesin ahm cuman bisa buat ke pasar. ikut balap? rontok.

  10. Baca semua artikel bloger2 yg lain itu aneh.ada saat diawal kemunculan satria fu injeksi mereka pada kagum atas power nya dan ketika ada kebohongan publik atas kalahnya satria fu injeksi mereka malah kaya bungkam.dan ga ada analisa analisa lagi seperti blog mereka diawal2.sekarang mereka kaya harta tapi miskin nyali.ciut ama amplop hahahhaaha

  11. pertahankan jatidiri ya mas yudi.!!!!!! kupas tuntas apa adanya dan ini pencerdasan otomotif … bloger ternakan n team sexkuat pembodohan otomotif.

  12. Tetap jadi blog BERSIH dari iklan pabrikan… Kalau ada iklannya, dijamin ewuh pakewuh posting yg buka aib pabrikan… Yg bagus diblow up gede2. Yang jelek ditulis samar dg bahasa sehalus mungkin …

  13. Dan….mungkin faktor lain yg bikin konsumen SUSAH MEMPERCAYAI team SWEATy salesbeha dalam jualan motorsprot hnd adalah KETIDAKSINKRONAN koar2 jualan mereka dengan tindak tanduk biker sprot.

    Masakkan jualan motorsprot tapi naeknya Beat? Hahaha….itu sj udah nunjukken ketidakyakinan dgn sprot hnd dan percaya metiknya.
    CMIIW

  14. Klo tim suwatgituloh dibentuk buat mengalihkan fakta mah ane curiga klo tim ini terdiri dari beberapa ibu2 rumpi yg doyan gosip ngowahahahaha.insiyur mesin suruh kerja dong jangan malah nyewa bacot kosong.hahahahhaa

  15. i*an*anaran.com itu parah banget kalo bikin artikel, ampe mual saya bacanya. kalo t*cblog.com sih masih lumayan lah ya karna ada beberapa informasi umum. terimakasih

  16. Nah ini. Quality over quantity. Gara2 saya kenal blog. Saya jadi anti beli motor ahm. Jd tau soalnya kualitas produk sklas mocin

  17. kang yud, saya lihat sih beberapa sektor ahm sudah mulai berbenah kang, cuma yang saya belum lihat membaik cuma dari segi aftersales kang.. beberapa kali saya servis motor ahm, di bengkelnya cuma didaftar terus masukin ke antrian kang. kalo saya servis motor yamaha, dibengkelnya ditanyain keluhan, kalo emang ada langsung sama mekaniknya dibilangin, yang rusak dimana aja, terus solusinya bagaimana kang.. di websitenya pun kalo mau cek harga gampang banget kang, kalo di honda saya mesti download dulu terus cek manual satu persatu kang.. di sektor ini yamaha unggul telak kang. makanya kasus vixion ngebul gaungnya nggak selama mesin helikopter kang..

  18. saya setia sama Honda jujur cuma satu hal. Bensin masih lebih hemat dari merk lain. Walau hanya sedikit lebih hemat saja sih.

    selebihnya hanya ada keluhan bagi motor Honda cap AHM ini(kalau asli Jepang saya yakin bagus).
    1. Body plastik walau motor ndak pernah jatuh pasti merenggang sendri pertemuan body body plastiknya. Sering diparkir ditempat berteduh saja bgitu apalagi sering dijemur.
    2. Dampak poin 1 jadinya body plastik motor jadi bunyi, getar sana sini.
    3. Kualitas cat dan ketebalan cat dasar dan clearnya payah. Kalau boleh dibilang AHM pelit banget di sektor itu. Aku ingat Honda grandku dulu yang baik cat hitam dan clearnya cukup tebal.
    4. Honda keranjingan kasi cat dof hitam. Katanya biar keren tp malah cari untung lebih biar ndak usah kasi cat clear. Mana hitam doffnya jelek banget biar masih baru. Masih baru saja sudah kelihatan kusam.

  19. Josss.
    Numpang komen di artikel NO AMPLOP.
    Blogger kondang kebanyakan udah beralih jadi blogger sales. Isinya sebatas pengganti brosur atau product sheet. Bahasa singkat2 cenderung ambigu dan tidak ada artikel pencerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*