Pengalaman wak Isah, diikutin kuntilanak penunggu pohon kelapa didesa Balapulang, Tegal

Halo brother biker 😀 … Malam Jumat….waktunya artikel horor… Okay artikel horor kali ini mengisahkan cerita pegalaman seram ditahun 80an yang dialami kerabat yudibatang. Kerabat yudibatang ini seorang perempuan yang sudah agak tua , umurnya saat itu sekitar 50 tahunan (sekarang sudah meninggal).

Telkom balapulang

*kebon tipoh sekarang jadi bangunan telkom dan rumah peduduk


orangnya badannya gemuk, rambutnya dikuncir, sukanya pakai kain kebaya dan kain jarik. Saya memanggilnya Uwak isah. Lokasi kejadian pengalaman seramnya masih disekitaran kebon tipoh yang angker didesa Balapulang, artikelnya lain yang ini pengalaman teman dicegat hantu kepala endas klunthung dikebon angker

oh iya sebelum melanjutkan cerita saya lampirkan kamus bahasa Tegal-Indonesia, agar pembaca tidak kebingungan.

-Enak Ecol = Enak sekali (menggambarkan perasaan senang pada anak-anak karena naik kendaraan  dll)

-Gigir = punggung

-growong = berlubang

-blarak = dahan daun kelapa

-sempal = patah

Sundanese_kebaya

*poto ilustrasi wak isah

Ceritanya begini…… Sekitar tahun 80an didesa balapulang kampung halaman saya baru-barunya ada listrik, namun masih jarang orang yang memiliki pesawat televisi. Kadang ada yang nonton rame-rame dibalai desa, kadang pula ada yang noton ditetangga ataupun kerabat. Nah..kebetulan saat itu ibu yudibatang sudah memiliki televisi, jadi ada beberapa kerabat kalau malam hari suka datang kerumah untuk menonton acara televisi. Jaman segitu stasiun televisi cuman ada satu yaitu TURI TVRI.

dunia dalam berita

Namun acara apapun yang nongol, tetep saja ditonton. Singkat kata waktu sudah menunjukan jam 11 malam dan wak isah berpamitan pulang. Wak Isah ini orangnya termasuk pemberani, jarak rumah wak isah ke rumah saya sekitar 300 meter namun harus melewati dan mengelilingi kebon tipoh yang terkenal angker.

kebon tipoh-balapulang

Walau didesa Balapulang sudah ada listrik, namun belum semua orang mampu utuk pasang listrik jadi jaran dipinggiran kebo tipoh ini gelap gulita pada malam hari. dipinggiran kebon tipoh selain dipagar bambu juga banyak tumbuh pohon kelapa. Pokonya kalau malam suasananya bikin ciut nyali. Tapi tidak dengan wak Isah..dia berjalan sorang diri dimalam hari, hanya mengenakan baju kebaya dan kain jarik serta tidak memakai sendal. Jaman segitu jangankan jam 11 malam, jam 7 malam didesa Balapulang suasananya sudah sepi “nyenyet”. Keluar dari rumah yudibatang, wak isah menuju jala raya..lalu berjalan belok kekiri dan mulai berjala menyusuri area pinggiran kebo tipoh. Jalan sekita lima puluh meter belum terdapat tanda-tanda yang aneh. Sebenarnya wak isah juga agak sedikit deg-degan bila melewati pinggiran kebon tipoh, namun tidak ada pilihan lain…untuk menuju rumahnya memang harus lewat situ.

Picture1

Sekitar dua puluh meter menjelang selesai melewati kebon tipoh, wak isah melewati pohon kelapa yang sangat tinggi.  sedikit lagi wak isah “lepas” dari kebon tipoh…eh..terdengar suara… “krosak..krosak..!! gedebuk!!”. Wak isah kaget dan keluar kata-kata latah dari mulutnya ” eh..copot..copot..”. namun wak isah bukannya lari tapi malah mendekati suara benda jatuh tersebut! dan mengucap dalam bahasa Tegal “Dih..ana blarak sempal.. lumayan kena nggo kayu..” translate: “Ih..ada dahan pohon kelapa jatuh..lumayan ah..bisa buat kayu bakar..” 

kuntilanak 3_night vision kuntilanak

Lalu wak isah mengambil dahan pohon kelapa tersebut, memegang bagian dahan yang besar/yang patah dan menariknya. Jadi posisi wak isah berjalan sambil menyeret dahan pohon kelapa dibelakangnya . Baru tiga langkah … terdengar suara perempuan “enak ecol..enak ecol…” Sontak wak isah kaget!! kok tahu-tahu ada suara perempuan lain!! wak Isah menengok kebelakang dan busyet!! ternyata diatas blarak/dahan pohon kelapa ada perempuan mengenakan gaun putih dan merasa senang bila wak isah menarik blaraknya! “sapa koen?!bengi-bengi koh esih dolanan! aja onggrongan!” Translate : “siapa kamu, malam-malam kok masih main-main, jangan gitu!

kuntilanak

Ternyata siperempuan cuman ketawa .. “hi..hi..hi… gigirku growoonggg!! hi..hi… ” dan kuntilanak itu terbang!! …..mak prekitik!! Wak Isah langsung “mencincing” kain jariknya dan lari ngibrit sampai nabrak pintu rumahnya. Keesok harinya heboh! kabar wak isah ketemu kuntilanak atau sundel bolong… hi..hi..hi..

28 Comments

  1. Dadi kelingan pulang nonton sendirian jam 3 pagi karena takut buru buru mau dorong pintu ternyata salah, gedek/dinding bambu rumahku yg roboh, kejadian sekitar tahun 1998

  2. Ternyata siperempuan cuman ketawa .. “hi..hi..hi… gigirku growoonggg!! hi..hi… ” dan kuntilanak itu terbang!! …..

    Dalem hatinya dia berkata, “sial, kenapa aku ngomongin aibku ke manusia? Mau gimana lagi, kalo gak cerita gak heboh…”

    Jangan kan bolong, ada jerawat satu aja udah malu, lha ini???

  3. mas yudi, saya penasaran sampai sekarang. seingat saya pernah 2 kali dengar suara tanpa ada rupanya (bukan kent*t) dan semua kejadian itu yang dengar bukan cuma 1 orang saja (waktu itu ke duanya sama-sama dengar). kalo itu benar2 suara dedemit atau bukan ya? soalnya dari cerita orang tua, kalo melihat/ mendengar hal-hal seperti itu biasanya nggak semuanya bisa melihat/ mendengar langsung.

  4. ternyata jaman anyar-anyare listrik masuk desa gitu ya? masih banyak hantu berani ganggu orang….
    jadi inget dulu jaman tahun 90an pas saya masih TK mau pergi ke rumah emak pengasuh saya waktu kecil jaraknya cuma 50 meter tapi harus lewat jalan yg kanan kirinya ditumbuhin pohon bambu dan gelap gulita, saya harus baca Alfatihah keras2… tiba2 kedengaran suara dahan jatuh langsung lari… hahaha

  5. jadi ingat thn 93 saat kost , jam 2 malem sakit perut mules sekali , dan pergi ke mck di pinggir kali , samping mck pohon bambu yang terkenal angker, sedang asyik2nya…….pohon bambu segitu lebat bergoyang2 padahal pohon2 lain diam, langsung cewok dan kabur….sejak itu kalo malem ke situ gak berani sendirian.

    • Ngoahaahaa….pasti cewoknya asal2an aka blepotan kepesing pesing keburu lari ketakutan.
      Hiii jorok….ngoahaahaa….jorok……

  6. Salam kenal sing Banjaranyar mas yudi. Sampe sekarang juga masih menakutkan kalo lewat gang sebelah telkom (pabrik makanan ringan).
    Esih tetep medeni oom… hehe

  7. wak isah skg udah sama-sama makan bareng,ngopi bareng dan udud bareng dengan gigir growong di alamnya,he..hee….
    Lanjut cerita terbaru seremnya om tentang pengalaman naik kereta api dari cirebon ke batang atau dari batang ke cirebon,ditunggu ya oomm..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*