Tentang DOHC dan SOHC, jangankan orang awam..sales motor saja ada yang nggak tahu

Halo brother biker 😀 …. Jenis mesin atau engine yang umum diaplikasikan oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat diIndonesia ada dua macam, yaitu jenis mesin SOHC dan DOHC. Tahukah anda?  sebagian besar orang awam pengguna kendaraan bermotor dibawah 150cc tidak tahu dan “ora urusan” dengan yang namanya mesin SOHC atau DOHC.

sohc-vs-dohc

Hal yang paling diperhatikan dan dinilai ya masalah desain,harga, irit, awet dan fungsi. Malah ada yang punya anggapan “namanya juga motor matik asal pencet tombol sign, lampu sign akan menyala sendiri kemanapun kita belok” xixixi.. :mrgreen:

Ya..wajar saja kalau pengguna motor awam nggak tahu, karena printilan-printilan mesin ini letaknya didalam dan tidak terlihat dari luar. Dan memiliki sepeda motor tidak dituntut kewajiban mengetahui spesifikasi motor. Kadang orang membeli motor baru buku panduan pemiliknya nggak pernah dibaca. Asal mesin hidup, suaranya alus dan tidak rewel, wis beres.

mesin honda new sonic 150r 1

Nah!!… ternyata bukan orang awam saja yang nggak tahu tentang mesin SOHC dan DOHC ini. Yudibatang memiki dua orang kenalan yang bekerja sebagai sales sepeda motor. Yang pertama sales sepeda motor yamaha dan yang kedua sales sepeda motor Honda. Keduanya nggak tahu tentang pengertian mesin SOHC dan DOHC!! Misi mereka yang penting bisa menjual motor sesuai target.

mesin yamaha vixion

Yang sales yamaha namanya Pak roza, pak roza ini sales motor sudah “bangkotan” alias sudah lama sekali bekerja sebagai sales motor didealer yamaha (dealernya ada diseberang rumah). Kadang kala saya iseng lihat-lihat motor kalau ada motor model baru yang datang. saat ngobrol-ngobrol dengaan pak roza ini, muncul pertanyaan kepada saya dengan mimik wajah yang polos “mas Yudi, jane sohc karo dohc iki opo to?” translate: “MasYudi, sebenarnya sohc dan dohc itu apaan sih?” . Sayapun menjelaskan dengan gamblang kepada pakRoza. Cuman bisa mbatin dalam hati “orang ini udah lama sekali jadi sales tapi nggak tahu tentang sohc dan dohc”

Promo dealer motor 0 persen

sales yang kedua adalah sales Honda, sebut saja namanya Andi. Andi ini setiap pagi dan sore mengantar dan menjemput istrinya bekerja yang kebetulan dekat dengan lokasi toko yudibatang. Namanya sales seperti biasa kalo ngobrol-ngobrol ya pertama sambil nunjukin brosur jualan motor. Lalu spik-spik ada diskon, potongan harga dan lain-lain. Nah.. saat saya dikasih brosur dan membaca-baca, saya iseng tanyakn kepada andi “mas sohc iki maksute opo?” translate : “Mas, SOHC ini maksudnya pa ya?” ternyata jawabannya nggak nyambung “110cc mas, mesine irit” . bah!! ternyata bukan hanya orang awam yang nggak tahu mesin SOHC dan DOHC, sales sepeda motorpun ada yang nggak tahu.

 

 

 

18 Comments

  1. orang selalu berpikir klo mesin DOHC lebih bagus dibanding SOHC tapi di dunia balap mesin SOHC sering lebih unggul dari DOHC
    untuk motor
    R15 MESIN sohc bisa ngasepin CBR yang DOHC
    MOBIL
    Honda Jazz sohc selalu menang dari yaris yang DOHC

    • Lha dia sndiri geger njengking mlumah murep botak sariawan joss gandos topo broto sawat sandal swallow padahal cm spyshot printilan tutup pentil motor 150cc
      Ekkkkkk munapikun

      • Nah itu dia ada motor 150cc dari brand S power di atas rata” motor 150cc lainya katanya ngomongin mtr 150cc kok mesti geger?
        Lah dia woww jengan tenan jas jos sma motor 150cc sonic jas jos.. ncb jas jos.. ncbr jas jos.. supra150 jas jos.. Geger.. Printilan jas jos katanya padahan cuma dohc overstroke klotok klotok hahaha

  2. Waktu saya beli satria 2012 juga sales ditanya ama saya.
    Mas dohc itu apa sih bedanya ama motor sohc?
    Jawaban nya
    Ya itu kelebihanya keren uda cakram depan belakang 150cc
    Mau ketawa saat itu saya ama kakak saya.
    Tapi apapun jawabanya karna pada saat itu saya uda cari informasi kmna2 ttp saya beli.walaupun tanya juga iseng sih hehe….

  3. masih inget kejadian beberapa bulan yg lalu nih om yudi….
    nemenin teman kerja ke dealer honda, niat teman mau ambil verza…dan mas sales dealer juga nawarkan ncb juga…sambil berbusa jelaskan ncb dan mesin dohc sohc pun ikut dijelaskan, nah sampailah si sales mengeluarkan kalimat nearly square yg unggul dari dimensi overstroke dan overbore…akhirnya saya tanya aja deh, “mas nearly square itu dimensi mesinnya berapa, bedanya sama dimensi sohc nya verza dimana ya..??”

    diem deh tuh sales sambil buka2 brosur…hahaha…
    rada oot sih om yud…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*