Beberapa point yang membuat yamaha Xabre kurang diminati konsumen

Halo brother biker 😀 … sudah seminggu artikelnya bahas Honda terus, sekarang waktunya bahas yamaha. Yups.. Yamaha Xabre 150. Motor ini memang desainnya out off the box alias berbeda dari motor batangan kubikasi under 250cc saat ini. diferensasi terlihat pada penggunaan part USD atau Up Side Down dan body.

yamaha xabre 1

Nah..hari ini yudibatang iseng lihat-lihat motor Yamaha Xabre didealer yamaha seberang rumah. Ternyata motor ini aslinya tidak segahar penampakan dipoto, malah cenderung maksa. Menurut sales dealer tersebut, belum ada satupun Yamaha Xabre yang terjual. Setelah yudibatang amati dengan sekasama dan “njajal numpak” (mencoba duduk). Yudibatang beropini motor ini peluangnya sangat kecil untuk disukai konsumen. Ini dia poin penyebabnya :

1.Masalah Harga

Yamaha Xabre 150, diJawa tengah dibanderol diatas 30 juta. Untuk sebuah produk motor naked dengan harga segitu sudah “melewati” batas psikologis secara umum pengguna sepeda motor ditanah air. So.. bila calon konsumen melihat harga yamaha xabre ini, kemungkinan besar akan mundur teratur dan lebih memilih meminang motor yang harganya dibawah Yamaha Xabre… ujung-ujungnya minangnya Yamaha Vixion atau Yamaha Byson atau malah ke yamaha NMax.

yamaha xabre 2

2.Seat hight/Tinggi jok

yang kedua adalah masalah seat hight atau ketinggian jok. Just info saja, yudibatang memiliki tinggi badan 174 cm..relatif tinggilah untuk ukuran orang asia 😀 nah..dengan tinggi badan segitu ketika duduk diatas jok yamaha Xabre, kaki yudibatang tidak bisa menapak lantai dengan sempurna alias masih jinjit. kebayang dong bila orang yang duduk diatas jok yamaha Xabre tinggi badannya dibawah 170cm?… yups.. kakinya napak sebelah, yang sebelah lagi ngangkang :mrgreen:

yamaha xabre 4

3.Tidak ada rear grip

Motor batangan kalau nggak ada reargripnya, bisa dipastikan akan susah digeser-geser ketika mau keluar atau masuk tempat parkir ataupun garasi.

 

Silahkan share pendapat anda 😀

 

27 Comments

  1. Saya lebih setuju kalo modelnya itu agak dipaksakan, mesin generasi vixion yg terlihat mungil dg rangka deltabox standar seharusnya bentuk bodynya janganlah terlalu besar atau moge look, malah menurut ane dimensi NVL/NVA kalo dicangkoki Up side down justru lebih proporsional, kecuali faktor engine SOHCnya yg emang terlihat kurang gede dibanding engine DOHC yg bikin kurang menarik, selain itu ukuran Radiator engine Vixion Series juga tergolong unyil bin mungil untuk ukuran motorsport sekelasnya, kurang padet + mungkin ini yg bikin engine Vixion kurang tahan panas jika di geber terus.

  2. di jogja 29,6 om. model udah bagus, gak perlu modif lagi udah keren. 100 persen motor fashion. memang ada yang dikorbankan kalo mengutamakan tampilan.
    kalo pengen agak napak kakinya, bisa pake lowering kit punya R15, bisa juga naikin USD biar mepet setang. dah lebih enak tuh.

  3. Kayanya perlu penyesuaian dan adaptasi lagi pak le.. meskipun orang yang biasa bawa motor sport naked, kalo melihat si xabre..
    Dan belum sempet nyobain sensasinya kaya apa pak le.. soalnya belom ada yang punya tetangga saya, jadi belom bisa pinjam.. hehehehehehehehe

  4. Keknya msk akal,pendapatnya,cm gw blm merasakan sensasi kala dibawak jalan beneran..keknya asik kl buat turing,ngdriff. Mungkin Handling lebih enak kl mepet bgtu.

  5. Yahmama Indonesia memang begitu, sukanya mengambil resiko..suka membuat model yg out of the box..kadang kalah di perjudian..
    Mana tuh Force ? mana tuh Aerox ? gagal khan ?
    Posisinya enakan ngoahaem, dia nggak trial and error, tapi lihat mana yang laku terus ditiru dengan embel-embel “lebih baik”.padahal secara metalurgi belum tentu.
    Ngoahaem juga diuntungkan dengan kultur yang telah membudaya sejak jaman dulu bahwa merk “Ngonda” pasti lebih baik..padahal belum tentu di jaman sekarang.

  6. kalau saya lebih mengkritik panjang jok yg pendek.kayanya lebih pendek dari byson.jangankan boncengan sama orang,ride sendiri dengan tas sedikit besar aja jok belakang dah ketutup.buat yg masih single ga masalah tp di indo kan kebanyakan beli motor bukan buat gaya doang tp multifungsi semua kegiatan.contoh di pake mudik,mau ngiket barang dibelakang udah sempit gitu.mau tambah kayu atau breket di pasang dmna?kalau vixion di pake mudik bawa barang muat banyak ga sempit.R15 jg masih mendingan kl bawa barang di iket belakang yg rider masih nyaman duduk.lha xabre kepiye.kayanya cocok buat jones aja nih huehehehhe

  7. xabre menurut gue jadi ke arah segmented… ga tau ide awalnya gimana. Nyataannya di IIMS yang paling laku malah nmax dan xabre, bukan vixion atau malah mio. lawan alamiahnya jadi bukan vixion/cbr tapi malah KSR. parnah naik xabre di dealer kok kayanya pendek banget jarak tempat duduk ke stang. selain itu jok belakang juga pendek banget. jadi ga worted klo buat kuda beban. enaknya buat hobbi aja

  8. motor ini entah kegemukan atau bagaman tapi kalau kita lihat seeprti motor bogel. ibaratnya bgn xabre ini seperti gambar motor proposional terus dikecilin dengan menarik ke kanan atau kekiri…jd kelihatan montok tapi bogel gitu….kalau bentuk motor ini ditarik dipanjangin dikit aja akan kelihatan tuh gantengnya…

  9. Padahal saya pengen bgt beli xabre, tapi coba naek jinjit abiss, dan liat harganya aduuuh enggak dah.. Saya setuju mundur aja dah.

  10. namanya juga motor modigikasi masa kini
    daripada beli motor standar ujungnya dimodifikasi juga kan. kadi xabre memgikuti trend biker masa kini kali yaaaa
    intinya setiap manusia beda beda broooo

  11. Habis nyoba xabre temen, gak minjem lho ya malah disuruh bawa sm yg punya, lha kok hora penak blazz, gmn ya rasanya tu aneh bgt ndegek lah istilahnya, sempit!!! Tangan gak menjulur sempurna, malah cenderung nekuk, klo mau naik/turun kaki nabrak/nyangkut body belakang tau sndiri kan ini motor sdh tinggi nungging lagi, shock depan belakang keras!!! Ini Naik motor apa gledekan??? Pdhl bobot ane 90kg Tapi klo ada polisi tidur ayunan shock belakang okelah…, tp intinya ga enjoy blaz lah ini motor (menurut saya) paling penak malah sing sebelah sampean kae mas sing movistar, huehehehe

  12. Klo dibilang harganya sih emang ketinggian.!! sama ama tinggi joknya..😄😄😄😄
    Tpi itu bisa diakali dengan merubah besi yang modelnya kyk bulan sabit dengan jarak detelan yang bisa diatur apakah mw turun 3cm,5cm maks sih setahu saya cm bisa sampe 5cm turunnya..!!! Klo soal rear gripnya tinggal dimodifikasi aja bro..😄😄😄

  13. 1.buritan belakang kurang agresip dan sporty
    2.klan naked mt yg kurang berlimpah
    3.harusnya mt15/xabre/slash ada 2 varian segmentasi fitur,harga seperti shock depan biasa dgn uk diameter besar dan usd.non abs dan abs harga antara 27 sd 30 juta
    4.lampu depan kurang sangar
    5.versi single seater dan dual seater
    6.klan nva,xabre,r15 buat 2 varian dan fitur
    Sohc plus vva,dohc,abs dan non abs,segmen power top speed dan torsi yg melimpah..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*