Karyawan dealer motor, haruskah menggunakan motor yang semerk dengan delaer tempat kerjanya?

Halo brother biker 😀 … Dulu jaman masih jadi pengangguran saya suka baca-baca koran (Suara Merdeka), yang paling dituju adalah kolom lowongan pekerjaan. namun karena nggak ada kerjaan semua isi koran itu saya baca sampai habis, sampai iklan remeh-temeh hingga redaksi korannya saya baca semua :mrgreen:

sales honda dan yamaha

Iklan lowongan pekerjaan yang paling saya ingat adaalah iklan lowongan sales sepeda motor Honda, kalau nggak salah nama dealernya Nusantara. Ada satu persaratan selain persaratan umum untuk bisa menjadi sales dealer tersebut. yups.. motor yang dipake harus bermerek honda.

Nah.. diartikel yudibatang ada salah satu pengunjung yang berkomentar dan mengingatkan kembali karyawan dealer sepeda motor yamaha diseberang rumah. Karyawan dealer seberang rumah ini menjual motor yamaha tapi motor operasionalnya sendiri malah motor produk Honda. Ada yang menggunakan Honda Scoopy dan ada pula yang menggunakan Honda Vario. berikut ini komentarnya :

komen sales yamaha pake motor vario

Komen diatas sebenarnya bermkna sangat tajam. Saat yudibatang tanyakan kesales Yamaha yang menggunakan motor Honda Vario, “Mas, sampean kerjo nang dealer yamaha kok motore honda? “ Translate : “Mas, anda kerja didealer yamaha kok motornya Honda?”. sikaryawan menjawab : “Yo ra masalah to! wong hak kok” translate : “Ya nggak masalah! ini kan hak”

karyawan dealer motor

Haruskah karyawan dealer sepeda motor menggunaakan motor yang semerk dengan delaer tempat kerjanya??  opini yudibatang setuju dengan persaratan dari menejemen dealer nusantara yang mengharuskan karyawannya menggunakan motor bermerk honda. Kelihatannya sepele, namun sangat-sangat berpengaruh ketika sisales sedang menawarkan dagangan motornya. Salah satu contoh bila seles yamaha sedang “merayu” calon konsumennya, namun motor yang dipake sisales saat itu bukanlah motor yamaha melainkan motor Honda… biasanya akan muncul pertanyaan dari calon konsumen : “Sampean iki piye? wong nawani dagangan motor Yamaha kok motor sing mbok tumpaki malah motor Honda?!” translate ; “Sampean ini bagaimana? menawarkan dagangan motor yamaha kok motor yang dipake sendiri malah motor Honda??”

karyawan suzuki naik yamaha

Pertanyaan dari calon konsumen ini sudah sangat menohok dan membuat sisales kesulitan mencari alasan. Dan ujung-ujungnya calon konsumen menjadi ragu untuk membeli motor yamaha he..he..

kalau bicara hak, orang yang bekerja pada sebuah perusahaan tentu wajib “membela” nama perusahaan. Misal kalau kerja didealer Honda, lebih baik motor yang dipake semerk dengan dealer tersebut. Begitu juga dengan karyawan dealer yamaha, lebih baik menggunakan motor yang semerek dengan delaer tempat kerjanya.

Bagaimana menurut pendapat anda?

 

 

20 Comments

  1. Iya juga sih lebih baik dan santun menurut saya harus seragam wajib saat bkerja.tapi kluar dari itu baru nama nya hak silahkan.

  2. lah ane kerja di alfa scorpi sumut ya pekeknya honda, pernah di marahi sama bos, makan dari yamaha, hidup sama honda, akhirnya ane pakek yamaha deh, tp ane bukan sales yg jualan

  3. “udh tanggung beli duluan sih motornya kalo beli lagi nantinya repot cicilan 2x” ada gk ya yg dalem hati sales bilang’e gitu hehehe

  4. klo kasus mobil susah… apapun merk dagangannya mobil operasionalnya pasti toyota.
    nah klo pabrikan motor (bukan dealer), manajemen pabrikan H lebih ketat. pegawai yang bawa motor merk sebelah bakal di tegur, klo manajamen pabrikan Y sangat longgar, karyawan bebas pake merk motor apa aja ga pernah ada masalah.
    sayang saya ga sempet tanya klo pabrikan S dan K.
    gitu info yang pernah saya denger dari karyawan langsung yang sering saya temui.
    benar atau tidak bukan tanggung jawab saya

    • Klo di honda ada yg make merk lain. Nrp di catet dan gakbakal di angkat.
      Klo di yamaha. parkiran selain yamaha di luar gerbang nya. Sebelum gerbang masuk. Susuki juga pada make produknya sendiri.
      Kawasaki. Karywan e jga begitu. Klo ada yg pnya mtr produk lain. Ya jalankaki ke pabrik

  5. Kalo memang sebelumnya merupakan syarat masuk sebagai karyawan diwajibkan,berarti ya harus pake merk yg sama,kalo nggak mau pake merk yg sama,monggo ngelamar pekerjaan lain,lha wong udah ketentuan perusahaan…
    Sebagai sales juga cukup membantu saat menawarkan barang.Misal dia jual Xeon,promo ke konsumennya,kalo xeon tu bagus,irit,kenceng,bla…bla…bla…kalo mau,monggo bisa test ride xeon si sales,kan bisa menambah point of interest atau ketertarikan si calon konsumen…

  6. Yah, namanya tuntutan kerja sih,,
    Ane kerja di ahass motor nya yamaha jga,,
    Kn dr pda gda,, motor transport,,
    Tp klo hobi mw gmana, scorpio z is the besttt
    Jabatan ane mekanik,
    Salam oneheart medan
    Busi kidal

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*