Update : Mengenal sirkuit Le Mans Perancis beserta data dan faktanya hingga 2015

Halo brother biker 😀 … Motogp 2016 seri kelima akan segera digelar diSirkuit Le Mans Perancis. Tepatnya hari minggu tanggal 8 Mei 2016 jam 7 malam. Bagi brother biker yang belum tahu tentang sirkuit ini, berikut ini artikel tentang mengenal Sirkuit Lemans, Perancis beserta data dan faktanya hingga tahun 2015.

Grand Prix de France Moto 2008
Grand Prix de France

Dibangun pada tahun 1965, sirkuit balap Le Mans Bugatti Grand Prix terletak 5 kilometer selatan dari kota Le Mans dan 200 km selatan – barat dari Paris . Tempat ini telah menyelenggarakan Grand Prix sejak tahun enam puluhan , tetapi karena ada kecelakaan serius yang menimpa pembalap Spanyol Alberto Puig yang terjadi pada tahun 1995, sirkuit ini untuk sementara di lepas dari kalender Motogp sampai tahun 2000 untuk perbaikan dan keamanan sirkuit .

sirkuit Lemans Perancis 1

Le Mans adalah trek ketat didominasi oleh tikungan “gear satu” yang menempatkan penekanan pada akhir pengereman dan akselerasi keras , sementara traksi bagian belakang juga menjadi kunci diarea ini . Dengan kapasitas yang bisa menampung hingga 100.000 penonton. Sirkuit Le Mans memiliki panjang lintasan 4.2 km, lima tikungan kekiri dan sembilan tikungan kekanan. Memiliki lebar lintasan 13 meter dan trek lurus 674 meter.

podium Le mans 2015

Hasil balapan Motogp ditahun 2015 menempatkan duo pembalap Yamaha Movistar diposisi 1-2, Lorenzo sebagai juara danValentino Rossi runner up. Pembalap ducati Andrea Dovisiozo ditempat ketiga.

rekor motogp lemans

Pembalap yang pernah menang diSirkuit ini adalah Jorge Lorenzo 4x kemenangan, Dani Pedrosa 1 x kemenangan dan Marc Marquez 1 x kemenangan. Melihat hasil balap diseri sebelumnya (Jerez Spanyol 2016), Persaingan akan kembali seru… Lorenzo adalah pembalap yang paling sering menang disirkuit Le mans, Namun Valentino Rossi walau sudah tak muda lagi performanya lagi On fire dan Marc Marquez sekarang sudah tambah dewasa, nggak ngototan lagi.

Semoga berguna 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*