Perpanjangan SIM dimobil SIM keliling polres Batang, malam hari dapat kopi gratis dan dihibur Live music

Yudibatang.com – Halo brother biker 😀 … Seminggu yang lalu saat yudibatang sedang berkendara sepeda motor , ada razia polisi dihalaman polres batang jawa tengah. Merasa semua komplit dan lengkap, sayapun tenang masuk kehalaman polres. Saat diperiksa STNK dan SIMnya, barulah ketahuan “Lho..pak, SIMnya sudah kadaluwarsa ini!?kadaluwarsanya sudah enam bulan lagi!” ..ucap petugas. Saya kaget bro!! maklum nggak pernah ngecek tanggal kadaluwarsa SIm, dan saya bilang kepetugas kalau saya benar-benar lupa. Untungnya pak Petugas polentas Batang ini masih bijaksana, tidak melakukan tilang dan memberikan kesempatan kepada yudibatang untuk segera memperpanjang SIM.

mobil sim keliling batang 1

Keesokan harinya yudibatang mencoba mengurus perpanjangan SIM dipolres Baatang. Ternyata ribet dan ngantri.. harus poto kopi ktp, sim lama dan harus bawa stopmap warna kuning plus berjibaku dengan calo yang akdang datang belakangan tapi dikerjakan duluan. Waktu terus berjalan sampai dihari Jumat pagi 6 Mei 2016, saya belum juga memperpanjang SIM. Ternyata ada selebaran yang dipasang ditempat-tempat keramaian yang berisi pengumuman bila Polres batang mengadakan perpanjangan sim diAlun-alun Batang (samping rumah dinas Bupati batang) dengan mobil sim keliling tanggal 7 mei 2016 jam 7 sampai jam 9 malam!! Dapat kopi gratis plus hiburan live musik… asyik..

mobil sim keliling batang 5

Sabtu jam delapan malam saya datang kelokasi perpanjangan sim. Persaratannya bawa poto kopi KTP dan potokopi SIM lama serta bawa sim yang lama (yang sudah kadaluwarsa atau yang hamper kadaluwarsa). Daftar dulu dan serahkan potokopi, lalu duduk menunggu giliran diperiksa kesehatan serta bayar biaya perpanjangan sambil ngopi dan menikmati sajian live music gratis. Grup musiknya nggak tau namanya,  musisinya cuman tiga orang (pemain bas betot, cuk dan kndang paralon). Disela-sela lagu, petugas memberikan semacam pidato tentang tertib lalu lintas dan keselamatan berkendara. Lalu ada juga pemutaran cuplikan ffil-film tentang kecelakaan lalu lintas yang diawali dengan pelanggaran lalu lintas.

mobil sim keliling batang 3

Oh..iya ..setelah yudibatang dapat giliran lalu dijelaskan biaya perpanjanan sim 150ribu, namun karena yudibatang simnya sudah telat 6 bulan (lebih dari tiga bulan), jadi biayanya sama dengan bikin sim baru tapi nggak melalui tes. Biayanya 300 ribu bro udah termasuk biaya KIR kesehatan. Dipriksa teknan darah, diwawancara nama orang tua kandung dan dipoto. Setelah itu menunggu giliran lagi untuk dipoto didalam mobil sim.

mobil sim keliling batang 4

Didalam mobil sim sudah ada petugas yang siap mempoto, mengkroscek data dan mencetak sim. Jam 9 malam SIM C baru sudah jadi. Mantab nih polres Batang, bikin terobosan baru yang out of the box. Antusiasme masyarakat yang mau memperpanjang sim sampai membludak, jam Setengah Sembilan malam petugas sudah menutup pendaftaran.

mobil sim keliling batang 2

*petugas mempoto , mengkroscek info dan mencetak sim

Over all acara perpanjangan SIM keliling yang dilaksanakan dimalam hari dengan mobil sim keliling ini plus hiburan, berjalan dengan sukses. Mungkin kedepannya perlu dilaksanakan acara seperti ini lagi. Jadi masyarakat yang sibuk disiang hari, bisa melaksanakan perpaanjangan dimalam hari plus bebas calo, dan juga bisa menjadi tempat wisata keluarga.

SIM C yudibatang baru

*SIM C yudibatang yang baru

Yudibatang sendiri membawa tiga anak, yang semuanya dapat minuman hangat gratis, nonton live music, bermain-main ditempat simulasi tes pembuatan SIM dll. Salut untuk para petugas kepolisian Batang yang kompak melayani masyarakat sekalian kampanye safety riding.

12 Comments

  1. Mantap iki pak le… ini baru terobosan yang tepat guna.. lebih mendekatkan intansi ke masyarakat..perlu di tiru sama polres2 lain nih di daerah lain…
    Full support..full service…

  2. Tahun kmrn perpanjang SIM keliling di bandar kok ora pake kir kesehatan Ki Om. Cm 10 menit beres.di polres nguantriiii….ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*