Suzuki GSX-R150 vs All New Yamaha R15, pilih mana?

Halo brother biker 😀 .. Tahun 2017 ini ada dua motor sport full fairing kelas 150ccan yang diluncurkan dipasaran. Yang pertama jagoan dari Suzuki Indonesia yaitu Suzuki GSX-R150 dan yang kedua jagoan dari Yamaha Indonesia yaitu All New Yamaha R15 MY 2017. Bagi calon pembeli motor sport full fairing 1500cc tentu butuh referensi atau semacam informasi seputar kedua motor tersebut. mana yang akan dipilih… Suzuki GSX-R150 apa All new Yamaha R15?

Okay.. yudibatang coba untuk “membedah” plus minus kedua motor seobyektif mungkin yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda dalam menentukan pilihan.


1.Desain

Bila melihat desain atau penampakan motor keseluruhan, All New yamaha unggul disini. Dimensi yang besar, tampilan yang “supersport” look, tampang fairing depan yang racy dengan dua lampu, suspensi depan up side down, swing arm banana, rangka delta box , Ukuran ban belakang terbesar dikelasnya dll. Sedangkan Suzuki GSX-R 150 tampilannya masih seperti motor sport biasa, bodinya cenderung kecil.

2.Harga

Untuk masalah harga (ini yang paling realistis) Suzuki GSX-R150 unggul jauh dari All New yamaha R15. Yups, Suzuki GSX-R150 dibandrol 27,9 juta! On the road jakarta. Sedangkan All New Yamaha R15 belum keluar harga resminya, Harga Yamaha R15 yang sekarang (lama) sekitar 31 jutaan. Kemungkinan besar harga All new Yamaha R15 ini akan lebih mahal dibanding R15 yang lama.

3.Performance

Kedua motor mengusung jenis mesin yang berbeda, namun keduanya memiliki out put power yang 11-12 atau mirip-mirip. Suzuki GSX-R150 bermesin 150cc DOHC Over bore, 4 klep, dengan pendingin udara (radiatornya besar) dan bisa menghasilkan tenaga sebesar 14,1 KW atau sekitar 19,17 PS serta torsi 14 Nm. Sedangkan All new yamaha R15 mengusung mesin 155cc SOHC, 4 klep, VVA (Variable Valve Actuation), berpendingin udara (radiatornya lebih kecil) dengan vitur tambahan Slipery clutch, bisa menghasilkan out put power sebesar 14,2 KW atau sekitar 19,3 PS serta torsi 14,7 NM.

Secara tehnologi  , All New yamaha R15 lebih unggul dibandingkan Suzuki GSX-R150. Note! ada satu variable yang perlu diketahui juga, selisih berat kedua motor sekitar 11 kg! Suzuki GSX-R150 memiliki berat 126 kg, sedangkan All new yamaha r15 memiliki berat 137kg!. So.. secara power to weight ratio Suzuki GSX-R150 lebih unggul dibandingkan All new Yamaha r15.

Hhmm… sepertinya sudah cukup gambaran perbandingan tersebut dengan membedah tiga veriable diatas.  Kesimpulannya bagi yang mau realistis harga paling murah barang ready stock ambil Suzuki GSXR150. Namun bagi yang ingin tampil berbeda dengan harga yang jauh lebih mahal plus barangnya belum ada (dikabarkan baru akan dijual pertengahan tahun 2017), tunggulah All new Yamaha R15. He..he…

yudibatang diatas Suzuki GSX-R150

Yeah.. Yudibatang sendiri juga sebenarnya lagi berminat (baru skedar minat)meminang salah satu dari kedua motor tersebut. Namun ada 2 pertimbangan lain yang bikin tambah bingung (nanti ditulis diartikel terpisah)

18 Comments

  1. R15 kayaknya lebih enak stop n go nya walaupun top speed beda dikit2 pastinya
    Sedang gsx enak pas jalan sepi panjang nyalip motor didepannya wussssssss apa lagi yg disalip muka gepeng
    Wkkkkkkkk

  2. Pendapat ane.
    Untuk urusan performance tanpa oprek. GSX lebih unggul, walaupun power dan torsi di atas kertas menang r15. Tapi power to weight menang GSX. Bahkan top speed udah keluar, unggul GSX.
    Untuk stop n go lebih enak pake GSX, ramping plus enteng!
    Untuk jalanan lurus panjang. Kayaknya lebih enak GSX juga, secara mesin DOHC yg panjang di tarikan atas.
    Untuk fitur r15 joz gandoz! Vva, sliper cutch, USD
    Tapi fitur GSX mantep juga “keyless”.. secara penutup magnet konvensional udah terbukti di bobol terus.
    Kalo selera balik lagi ke individu masing2
    Just opini!!
    Salam kenal mas yudi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*