Berkunjung ke pabrik perakitan sepeda motor Honda diKarawang, setiap 20 detik jadi satu motor beat!!

AHM
Astra Honda Motor

Halo brother biker ๐Ÿ˜€ .. Hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017, Yudibatang berkesempatan mengunjungi pabrik perakitan sepeda motor Astra Honda Motor Plant 4 di Karawang. Ternyata moment yang tak disangka-sangka hampir sebagian besar blogger otomotif nusantara juga pada datang diacara tersebut.

yudibatang di pabrik honda karawang

Jumlahnya 55 blogger! Moment yang sangat langka bagi saya pribadi, karena selain acara kunjungan saya juga bisa kopi darat alias kopdar dengan blogger-blogger lain yang selama ini hanya berinteraksi via Medsos. Sebut saja para blogger kondang Iwan Banaran, Indobikermags, Bonsaibiker, Ridertua, warungDOHC, roda2blog dan lainnya.

Sebelum acara dimulai saya menyempatkan untuk ngobrol-ngobrol beserta poto bareng dengan teman-teman blogger lain. Singkat cerita setelah Ibu Istiyani (HC3) memberikan sambutan, kami diajak melihat proses pembuatan dan perakitan motor Honda di Plant 4-5 AHM. Oh..iya selama masuk kewilayah produksi, kita diwanti-wanti tidak boleh membawa kamera ataupun phonsel!! Pabriknya besar sekali bro! tempatnya bersih, lantainya bersih kintjlong, Semua operator menggunakan seragam, topi dan sepatu safety (sepatu kerja yang ujungnya ada besinya). kami dibagi dalam beberapa grup, 1 grup sekitar 10 orang blogger yang dipandu satu orang dari AHM.

โ€ yudibatang bersama Bu Istiyani Susriyati (bu Isti/HC3) ”

Jujur saja, selama karir saya yang sering visit keberbagai perusahaan.. mungkin pabrik AHM ini salah satu pabrik yang terbersih, disiplin dan tertib. Masuk kewilayah produksi, setiap bagian/departemen ada semacam bagan struktur organisasi, prosedur kerja dll. Setiap komponen-komponen yang dipersiapkan untuk dirakit, ditaruh dalam semacam rak yang terbuat dari besi begel dan dilapisi selang plastik. dan dibagian terluar ditutup dengan plastik. Pantes komponennya terjaga kebersihannya. kemudian lanjut kebagian perakitan mesin, perakitan body, dan final. gile bener bro, menurut sang pemandu dengan dibuktikan alat semacam stopwatch, setiap 20 detik terakit 1 sepeda motor dari satu line perakitan.

?????????????

Selesai dirakit langsung masik final inspection, mulai dari fungsional, mesin, leistrikan, kebisingan dll. 100% dicek satu-satu. Lanjut kebagian welding atau las. ada beberapa part yang krusial, dilas dengan menggunakan robot ada beberapa part yang dilas dengan manual. Lanjut lagi kebagian plastik Injeksion…. Uppsss… didua lokasi ini yudibatang “disambut” lelembut penunggu pabrik !! asemm!! Untungnya meraka hanya say hello ๐Ÿ˜€

Muter-muter sampai kakinya lempoh, kembali ketempat semula kami dijemput dengan bis. Wah..mantab. Secara umum, Pabrik perakitan sepeda motor honda ini benar-benar menjaga kualitas dan juga keselamatan para pekerjanya. ๐Ÿ˜€ Selesai acara, kami diajak makan malam direstoran Jimbarang, Ancol. O..iya beberapa blogger seperti Mbahwir, Ferboes, Kobay ikut menyumbang lagu,.. dan yudibatanpun ikutan naik kepanggung menyanyikan lagu I wan to break free dari Queen. ๐Ÿ˜€

Thanks to Bro Ardiyantoyugo yang sudah merekam saat yudibatang on the stage ๐Ÿ˜€

14 Comments

  1. Wah..wah… Manteb bener AHM, 20 detik dapat satu motor dengan kualitas prima. Nggak heran masyarakat begitu suka dengan produk sepeda motor Honda Indonesia. Maju terus AHM, jaga kualitas.

  2. Nggak salah bapak saya selalu menyarankan pake motor Honda. Desainnya bagus, Irit, bandel dan harga jual kembalinya masih tinggi nggak kaya merek Yamaha. Mio nggak ada harganya. Apalagi suzuki… nggak laku.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. » Pengalaman horor! terjebak ditangga darurat hotel gara-gara panggilan mistrius
  2. Honda CBR250RR, Proses perakitannya kusus dan ekslusif – yudibatang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*