Bahasa iklan Motuba yang perlu “diwaspadai”

Halo brother biker 😀 … Kali ini kita bahas Motuba alias mobil tua bangka. Motuba walaupun umumnya sudah tidak diproduksi pabrikan mobil, namun penggemar, pengguna dan komunitasnya masih banyak. Spare partnya kusus untuk yang produk mobil “jepangan” juga masih ada dipasaran. Umumnya alasan orang meminang motuba karena harganya relatif murah, ora kepanasan dan ora kudanan. Walau sebenarnya menurut opini yudibatang meminang motuba itu “bejo-bejoan” alias untung-untungan. kalau kebeneran dapatnya unit yang bagus ya sedikit “ragatnya” namun kalau dapatnya sudah “eprek-eprek” sekali ya… banyak biaya buat memperbaikinya…sampe bikin pusing.

Nah.. salah satu cara berburu motuba ya melalui situs jual beli mobil bekas. Namun ada beberapa bahasa iklan motuba yang perlu “diwaspadai” sebelum anda menghubungi sipenjual motuba tersebut. Ini dia… :

1.Eks wanita/ bekas Wanita

Bayangan orang umum, mobil kalau bekas wanita itu pemakaiannya kalem, nggak kenceng-kenceng dan nggak neko-neko. Namun sebenarnya mobil kalau benar-benar eks wanita malah kondisinya berantakan! banyak baret-baret pada body karena sering nyerempet tembok. Penggunaan transmisi (manual) yang tidak tepat. Misal kondisi jalan pelan malah pake gigi 5… ya ..lama-lama prothol. Oli sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak diganti.

2. Eks dokter/bekas dokter

Dokter sekarang umumnya mobilnya bagus-bagus. Jadi kalau ada bahasa iklan eks dokter, mungkin motuba itu dulunya pernah dipakai dokter, lalu dijual dan beberapa kali berpindah kepemilikan. Dokter sekarang sepertinya jam terbangnya sangat tinggi dan kayaknya tidak ada waktu buat ngurusin motuba.

3. AC ada (tinggal isi freon)

Kalau dipikir-pikir berapa sih biaya isi freon? Hhhmm… antara 70 ribu hingga 200 ribuan. So, mengapa nggak sekalian disi freonnya??… Ini modus! biasanya motuba dengan embel-embel “AC ada, tinggal isi freon” berarti perangkat AC ada yang bermasalah.

So… Harus bijak dan hati-hati sebelum meminang motuba. kalau pengetahuan tentang mobilnya minim, atau nol sama sekali lebih baik ajak teman yang tahu mobil atau ajak sekalian kenalan mekanik mobil untuk memastikan kondisi mobil masih layak jalan.

 

Semoga berguna 😀

 

13 Comments

  1. ane beli mobil bekas wanita,kilometernya udah banyak..sering ngelayab mungkin mbiyene,dashbord banyak bekas sundutan rokok..mungkin ora ono asbak..kap depan cat e pating ndlemok.. ngakak

  2. poin pertama itu istri saya banget mbah!!
    hahahaha.
    klo dingetin ganti oli. jawabannya lupa terus.
    gas terus yg penting jalan. klo ada masalah baru ngedumel.
    lhaaa…..
    dia dinaikin mulu ga diservis aja ngomel
    #eh #ups

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*